Menuju Jalur Universitas Kelas Dunia

UNIVERSITAS Nusa Cendana (Undana)saat ini sedang berada dalam jalur menuju universitas kelas dunia.Hal ini ditandai dengan perkembangan lembaga pendidikan tinggi tersebut belakangan ini,kata Drs.Pitan Daslani.MA dalam sambutannya mewakili alumni saat wisuda Magister dan Sarjana Undana, Sabtu,26 Februari lalu di Aula Utama Undana Penfui. Daslani sendiri adalah lulusan FKIP Undana yang saat ini memimpin Majalah Kampus Asia.Ia juga seorang jurnalis yang berpengalaman diberbagai media nasional dan internasional yang telah melakukan liputan jurnalistik di berbagai negara.Ia sengaja dihadirkan undana untuk memberikan motivasi kepada 1.905 orang lulusan angkatan ke-73 Undana sekaligus berbicara mengenai universitas kelas dunia.

Menurut Daslani,untuk mencapai universitas kelas dunia,Undana harus berpikir global dan bertindak global pula."Jangan berpikir global dan bertindak lokal. Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi yang mencetak sumber daya manusia,Undana harus berpikir global dan bertindak global pula.Harus berpikir Undana merupakan universitas di NTT,di Indonesia dan di dunia,"kata Daslani. Daslani mengatakan,saat ini Undana sedang dalam jalur yang benar menuju universitas kelas dunia.Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya kualitas lulusan Undana setiap tahunnya dan semakin meningkat pula kualitas dosen."Ada lulusan Undana yang mencapai IPK 3,94,itu prestasi yang luar biasa dan itu bisa bersaing dengan universitas kelas dunia,"kata mantan editor koran The Jakarta Post itu.

Menurutnya,status sebagai universitas kelas dunia adalah menyangkut urusan persepsi itu harus dibangun dengan menunjukkan keunggulan yang tidak dimiliki perguruan tingi lain. Menurutnya,Undana sebenarnya memiliki potensi yang tidak di miliki perguruan tinggi lainnya. Keunggulan tersebut adalah dibidang pertanian dan peternakan,terutama mengenai lahan kering,Undana seharusnya unggul,sehingga perguruan tinggi lain bisa belajar dari Undana terutama mengenai lahan kering,kata Daslani.(ds)

 

Add comment


Security code
Refresh


bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter