PROGRAM PASCASARJANA UNDANA 2016

 

KATALOG

 


PROGRAM PASCASARJANA

UNIVERSITAS NUSA CENDANA

KUPANG

 

JULI 2016

 


1. VISI DAN MISI PROGRAM PASCASARJANA  UNDANA

Visi

Terwujudnya penyelenggaraan pendidikan Prodi Pascasarjana Undana yang berorientasi Global

Misi

1. Meningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan PPs Undana, bermutu berdaya saing nasional dan internasional.

2. Meningkatkan kualitas penelitian PPs Undana dengan hasil yang berdaya saing nasional dan internasional.

3. Mengembangkan penyelenggaraan kegiatan pengabdian pada masyarakat PPs Undana yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

4. Meningkatkan dan mewujudkan kapasitas organisasi PPs Undana yang sehat dan akuntabel.

5. Membina dan meningkatkan kerjasama PPs Undana dengan lembaga lain di tingkat nasional dan internasional.

Tujuan PPs Undana

1. Mewujudkan pendidikan PPs Undana bermutu dan berdaya saing nasional dan internasional

2. Mewujudkan penyelenggaraan penelitian PPs Undana untuk menghasilkan inovasi berbasis yang berdaya saing nasional dan internasional

3. Mewujudkan penyelenggaraan kegiatan pengabdian pada masyarakat PPs Undana yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat

4. Mewujudkan organisiasi PPs Undana yang sehat dan akuntabel

5. Menghasilkan kerjasama PPs Undana dengan lembaga lain di tingkat nasional dan internasional.

2.   SEJARAH SINGKAT UNDANA DAN PPS UNDANA

2.1  UNDANA

Pada tahun 1962 disadari bahwa Provinsi NTT sangat memerlukan lembaga pendidikan tinggi sehingga dibentuklah Panitia Pendiri Universitas Negeri di Kupang. Panitia tersebut diketuai oleh W. J. Lalamentik (sebagai Gubernur  NTT) dan Sekretaris I yaitu Kapten El Tari serta Sekretaris II adalah Drs. R. Karsono. Panitia ini dilengkapi lima seksi yang anggotanya terdiri dari  pejabat dan tokoh masyarakat NTT. Pada tanggal 1 September 1962 lahirlah Undana yang berkedudukan di Kupang yang dikukuhkan melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 76Tahun 1963 tanggal 23 April 1963. Berdasarkan SK Men.PTIP No.162/MP/1962 tersebut maka ditetapkan empat fakultas, yakni: Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan.

Universitas yang baru berdiri ini diberi nama “Universitas Negeri Nusa Cendana” ditetapkan berdasarkan SK Presiden RI Nomor 67 Tahun 1963 tanggal 23 April 1963. Nama tersebut ditetapkan berdasarkan pilihan dari tiga nama yang diusulkan oleh sebuah panitia yakni: Nusa Cendana, Praja dan Liurai.

Demi kelancaran pelaksanaan tugas di Universitas Negeri Nusa Cendana saat itu, maka berdasarkan SK Menteri PTIP No.162/MP/1962, tanggal  14 Februari 1962 diangkat Catur Tunggal Propinsi Dati I NTT  sebagai Presiden (Prisidium) Universitas yang diketuai oleh Muh. Salim, SH (Kepala Cabang Kejaksaan Tinggi di Kupang) dan sekretaris Drs. S. Daud. Selain itu dibentuk pula Yayasan Universitas yang dipimpin oleh W. C. H. Oematan.

Pada saat itu, karena alasan teknis terutama keterbatasan tenaga pengajar dan laboratorium maka hanya di buka dua fakultas, yaitu:

1. Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan (FKK)

2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP): dengan dua Jurusan

a. Jurusan yang  di Kupang: Jurusan Ilmu Hukum, Ekonomi dan Ilmu Hayat.

b. Jurusan yang di Ende: Ilmu Pasti Alam, Pendidikan dan Bahasa Inggris.

Dalam perkembangan selanjutnya Fakultas Peternakan (FAPET) didirikan pada tanggal 1 Oktober 1964, Fakultas Hukum (FH) dibuka pada tanggal 20 Mei 1965, namun berstatus swasta di bawah sebuah yayasan. Berdasarkan SK Menteri P dan K Nomor 0621/0/1977, Fakultas Hukum diintegrasikan ke Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan dan Hukum (FKKH) yang  berstatus  sebagai departemen dan mempunyai dua jurusan yakni: Jurusan Perdata dan Jurusan Pidana. Pada tahun 1980, Departemen Hukum dipisahkan menjadi Fakultas Hukum. Seiring dengan perkembangan pada tahun 1982 dibuka Fakultas Pertanian yang dilengkapi Jurusan Agronomi dan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian serta Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT) yang memiliki  JurusanTeknik  Sipil dan Jurusan Penyuluhan serta Jurusan Pertanian Terpadu dan bernaung di Fakultas Peternakan Tahun 1979, lalu dihapus tahun 1991 kemudian didirikan UPT Teknik yang memiliki Jurusan Teknik Sipil sedangkan Jurusan Penyuluhan Pertanian Terpadu di alihkan ke Faperta. Selanjutnya, pada tahun 1994 didirikan UPT Perikanan dan Ilmu Kelautan. UPT Teknik dibuka lagi dua jurusan baru yakni Jurusan Teknik Elektro dan Jurusan Teknik Mesin. Sedangkan di Faperta juga dibuka Jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman, dan Jurusan Ilmu Tanah.

2.2 PROGRAM PASCASARJANA

Pada tahun 1999, berdasarkan SK Rektor Nomor 82 Tahun 1999 dibentuklah tim persiapan dalam rangka pembukaan Prodi Pascasarjana. Berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 2571/D/T/2001 tanggal 2 Agustus 2001 dengan Prodi S2 Pembangunan Peternakan berlaku pada tahun akademik 2001/2002. Selanjutnya dibuka pula Prodi S2 Ilmu Administrasi Publik berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor 2706/D/T/2005 tanggal 22 Juli 2005 dan berubah nama menjadi  Prodi S2  Ilmu Administrasi (Tahun 2012), Prodi S2 Ilmu Pembangunan Sumber Daya Alam berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor: 4655/D/T/2004 tanggal 29 November 2004 (IPSAL), Prodi S2 Ilmu Hukum berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor: 2706/D/T/2005 tanggal 22 Juli 2005, Prodi S2 Linguistik  berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor: 549/D/T/2008 tanggal 5 maret  2008 Prodi  S2 PIPS berdasarkan Keputusan Mendikbud RI  Nomor: 274/E/O/2012 tanggal 24 Agustus 2012 dan terakhir Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris berdasarkan Surat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi  Nomor: 974/E/T/2012, Tanggal 19 Januari 2012.

3. PENGELOLAAN PROGRAM PASCASARJANA UNDANA

Penerimaan Mahasiswa Pascasarjana Undana

Penerimaan mahasiswa baru pada Program Pascasarjana Undana dilakukan melalui beberapa tahapan seleksi.

Cara Melamar

Calon mahasiswa Program  Magister  harus mengajukan lamaran dengan mengisi formulir isian lengkap beserta lampiran lainnya. Formulir disediakan oleh Program Pascasarjana Undana yang dapat diperoleh di Biro Akademik atau Rektoratdan Website PPs Undana. Setiap awal semester formulir disebarkan bagi mahasiswa secara luas bersama selebaran (leaflet) Prodi Pascasarjana Undana. Lamaran calon mahasiswa tugas belajar dari instansi tertentu disampaikan oleh instansi tersebut. Lamaran dari calon mahasiswa tugas belajar harus dilengkapi dengan surat izin tertulis dari atasannya untuk mengikuti Program Pendidikan Magister (S2). Lamaran disampaikan pada Rektor Undana.

Syarat  Administrasi

1. Salinan ijasah yang disahkan oleh Perguruan Tinggi asal atau Kopertis bagi mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di luar Undana.

2. Calon mahasiswa lulusan dari Perguruan Tinggi Swasta.

3. Salinan ijasah yang disahkan oleh Perguruan Tinggi asal atau Kopertis  bagi calon mahasiswa lulusan dari Perguruan Tinggi Swasta.

4. Salinan daftar angka hasil belajar (transkrip) nilai selama di Perguruan Tinggi.

5. Mengisi formulir yang tersedia tentang identitas diri, dll.

6. Mengisi rekomendasi tentang kelayakan akademis dari 2 (dua) orang serta alamatnya yang dapat dihubungi PPs.

7. Surat izin atasan pelamar, bagi yang sudah bekerja.

8. Telah membayar biaya pendaftaran  dan biaya kuliah penyegaran (Pra S2) di Rektorat Undana.

9. Surat jaminan bahwa ada yang menjamin biaya pendidikan, bagi yang tugas belajar.

10. Pas foto ukuran: 2x3; 3x4; 4x6, masing masing 6 lembar.

Syarat Pra Seleksi  dan Seleksi

Penerimaan mahasiswa Program Doktor (S3) dan Magister (S2) pada Prodi Pascasarjana Undana dilakukan melalui pelaksanaan praseleksi administrasi dan seleksi kemampuan akademik. Praseleksi dilakukan melalui seleksi ijazah dan transkrip nilai yang diperoleh dari Prodi sebelumnya (S2) dan (S1) tidak termasuk pendidikan diploma dan memenuhi persyaratan lain yang terkait.

Syarat Akademik

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus praseleksi dan seleksi akademik akan diterima sebagai mahasiswa regular atau kelas khusus. Untuk dapat diterima sebagai kelas regular/kelas khusus, calon mahasiswa harus berprestasi baik dan beretika akademik selama dalam menginguktipendidikan (S3) dan (S2) pada PPs Undana. Calon mahasiswa (S3) dan (S2) harus memperoleh indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 (S3) dan 2,75(S2) serta  lulus seleksi masuk Prodi (S3) dan (S2) sesuai Prodi yang dipilih  pada PPs Undana.

Semua mahasiswa baru Prodi (S3) dan(S2) pada PPs Undana wajib mengikuti kuliah umum perdana yang diselenggarakan PPs Undanadan kuliah matrikulasi untuk mahasiswa (S3) dan (S2) yang dilaksanakan pada awal semester I.

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan PPs Program Studi S3 sebesar 10.000.000, sedangkan Program Studi S2 pada PPS Undana sebesar Rp 7.000.000 persemester. Bagi mahasiswa yang memilih komisi pembimbing di luar Undana atau di luar Kupang, biaya operasionalnya ditanggung oleh mahasiswa yang bersangkutan. Sehubungan dengan pembimbingan tesis, maka biaya perjalanan Anggota Komisi Pembimbing dari luar Undana untuk keperluan rapat komisi dan biaya perjalanan komisi pembibing untuk supervisi penelitian bagi penelitian yang dilakukan diluar Undana, menjadi tanggungan mahasiswa PPs. Biaya kuliah lapangan (excurtion), yang akan dilaksanakan secara insidentil menjadi tanggungan PPs serta partisipasi dari mahasiswaPPs. Mahasiswa PPs Undana membiayai pendidikannya secara sendiri.


4. PERATURAN AKADEMIK

Sistem Penyelenggaraan Pendidikan

Pendidikan diselenggarakan atas dasar sistem kredit semester. Beban Program Pendidikan atau Prodi, baik beban total maupun beban semesteran dan beban setiap mata pelajaran dinyatakan dalam satuan kredit semester (SKS). Berdasarkan Sk Menteri P dan K No: 0211/U/1982 menyatakan bahwa satu kredit semester adalah satu jam (50 menit) atau 3 jam praktikum dalam satu minggu selama 1 periode (16 minggu).

Beban Studi dan Lama Pendidikan

Beban total Program Pendidikan Magister (S2) ialah72 SKS dengan rincian perkuliahan ±32 SKS, Proposal Tesis ±5 SKS, Penelitian Penulisan Tesis ±20 SKS, Seminar ±5 SKS, dan Karya Ilmiah ±10 SKS. Beban studi tersebut harus diselesaikan dalam waktu 2-6 semester atau 1-4 tahun. Disamping kegiatan perkuliahan melakukan praktek perkuliahan dan juga melaksanakan penelitian untuk dituangkan dalam suatu tesis atau magister.

Pendaftaran

Setiap mahasiswa baru yang diterima di Prodi Pascasarjana Magister (S2) Undana diwajibkan  setiap awal semester mendaftarkan diri ulang dan mengisi kartu rencana studi yang disahkan oleh ketua Program  guna mengikuti perkuliahan. Untuk mengikuti kegiatan akademik, semua mahasiswa setelah registrasi akan mendapatkan kartu peserta kuliah dan diisi sesuai dengan kartu rencana studi per-semester. Beban studi perangkat mata pelajaran setiap semester minimal 12 SKS.Setelah mendapat kartu mahasiswa PPs Undana. Maka mahasiswa disarankan mendaftar sebagai anggota perpustakaan Undana.

Perubahan Prodi Pendidikan

Setiap mahasiswa Program Pendidikan Magister wajib memilih salah satu Prodi yang disediakan. Perubahan atau peralihan Program Studi baru dilakukan melalui seleksi pemerimaan mahasiswa baru. Bagi mahasiswa Program Magister yang gagal mengikuti perkuliahan pada PPs Undana dapat mengulang sekali perkuliahannya atas seizin ketua Program studi yang bersangkutan.

Masa Studi dan Cuti Kuliah

Lama studi mahasiswa S2 maksimal 3 tahun (6 semester). Mahasiswa berhak mengambil cuti kuliah satu kali dan tidak dilakukan pada  semester akhir (semester 6 untuk S2). Cuti kuliah dapat diberikan dengan alasan tertentu yang dapat diterima Direktur. Mahasiswa dapat mengajukan permohonan cuti akademik kepada Direktur selambat-lambatnya satu minggu sebelum kegiatan akademik semester yang berkenan dimulai. Mahasiswa yang mengambil cuti kuliah wajib membayar biaya pendidikan. Mahasiswa diwajibkan mengikuti kuliah 80% dari total tatap muka. Perubahan matakuliah  dalam semester tertentu diizinkan dalam masa penggantian/pembatalan mata pelajaran (jangka waktu tertentu sebelum kegiatan akademik semester itu berlangsung) dan atas persetujuan komisi pembimbing.

Komisi  Pembimbing

Selama mengikuti Program Pendidikan Doktor dan Magister, setiap mahasiswa diarahkan dan dibimbing oleh masing-masing Komisi Pembimbing yang di tetapkan. Komisi Pembimbing akan terbentuk pada akhir semester pertama atau paling lambat pada awal semester kedua. Susunan Komisi Pembimbing diusul oleh ketua Program Studi yang terdiri dari 2 orang untuk S2 yang mempunyai kemampuan untuk membimbing dan ditetapkan oleh Direktur Program Pascasarjana Undana. Ketua Komisi Pembimbing dipilih dari staf inti masing-masing Program Studi yang mempunyai wewenang ilmiah dalam ilmu yang bersangkutan. Perubahan Susunan Komisi Pembimbing harus didasarkan persetujuan terlebih dahulu dari Komisi Pembimbing Lama, Ketua Program Studi dan Direktur Program Pascasarjana. Komisi Pembimbing yang ditetapkan juga bertindak sebagai Komisi Pembimbing Tesis, sedangkan Ketua Komisi Pembimbing bertindak juga sebagai Dosen Wali. Ketua Komisi Pembimbing diusulkan oleh Ketua Prodi dengan persetujuan Direktur  Pascasarjana.

Kepenasehatan Akademik

Mahasiswa (S3) dan (S2) yang berada di setiap Prodi di bimbing oleh Dosen Penasehat Akademik yang  diajukan oleh Ketua Prodi dan ditetapkan oleh Direktur PPs Undana.

Evaluasi Penyelenggaraan Akademik

Evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik dilakukan pada setiap semester oleh PPs Undanadan Ketua Program Studi serta Dosen Pengampu Matakuliah. Evaluasi terhadap perkuliahan dilakukan berdasarkan  kurikulum yang berlaku yang terdiri atas perangkat matakuliah Disertasi Program Doktor (S3) dan Tesis Program Magister (S2). Untuk perangkat mata pelajaran, prestasi akademik dievaluasi persemester, sedangkan untuk tesis atau disertasi dievaluasi pada akhir Prodi Pendidikan Evaluasi perangkat mata pelajaran dan dilaksanakan melalui ujian-ujian intra semester, pelaporan lisan atau tertulis (seminar, makalah) dan satu ujian akhir semester untuk setiap mata pelajaran.

Setelah mengumpulkan paling sedikit 12 kredit dengan IPK minimal 3,00 mahasiswa diperkenankan untuk mengajukan permohonan melakukan penelitian dengan terlebih dahulu mengajukan usulan rencana penelitian sesuai format yang berlaku. Dengan memperhatikan syarat dalam kurikulum pada prodi yang bersangkutan. Usulan penelitian harus disetujui dan ditandatangani oleh komisi pembimbing, Ketua Prodi dan Direktur PPs.

Tesis dievaluasi melalui arahan, bimbingan dan nasehat Komisi Pembimbing. Tesis dipertahankan dalam sidang ujian lisan terbuka yang dievaluasi oleh Tim Penguji dan seluruh anggota tim wajib memberi nilai dengan rentang 0-100 kemudian ditotal dan dibagi dengan jumlah penilai untuk mendapatkan nilai total jumlah penguji sebanyak 4 orang. Persetujuan lengkap dari Komisi Penguji diperlukan untuk dapat menentukan kelulusan dari ujian akhir. Jika seorang mahasiswa gagal, masih diberi kesempatan satu kali lagi dalam waktu tidak kurang dari tiga bulan.

Pengesahan Komisi Pembimbing

Tata cara pengesahan Komisi Pembimbing S2 sebagai berikut :

Sejak awal semester pertama, mahasiswa meminta permohonan pengesahan Susunan Anggota Komisi Pembimbing kepada Ketua Program Studi dan didaftarkan pada bagian Akademik PPs Undana. Komisi Pembimbing ditentukan selambat-lambatnya awal semester II, untuk selanjutnya secara bersama-sama mahasiswa menyusun rencana penelitian disesuaikan dengan panduan tersendiri.

Formulir yang disediakan, perlu dikonsultasikan dengan Ketua Program Studi. Jika salah satu anggota komisi diinstansi dari luar Undana baik dari Kupang maupun diluar Kupang, sebelum formulir ditanda tangani oleh calon ketua, calon Ketua Komisi dan Ketua Program Studi maka mahasiswa harus konsultasi terlebih dahulu dengan Asisten Direktur Bidang Akademik. Setelah disetujui akan di tanda tangani oleh calon ketua dan calon anggota komisi sebagai tanda ketersediaan membimbingserta oleh Ketua Prodi sebagai tanda persetujuan. Komisi pembimbing disahkan oleh Direktur PPs Undana dengan menerbitkan surat keputusan pengangkatan Komisi Pembimbing untuk setiap peserta. Dalam hal pembimbing berhalangan tetap>2 bulan,yang bersangkutan dapat diganti sesuai tatacara pada penunjukan komisi pembimbing.

Pengesahan Usulan Penelitian Tesis

Pengesahan Usulan Penelitian oleh Direktur PPs dilakukan dengan menyerahkan usulan penelitian yang telah ditanda tangani oleh Komisi Pembimbing dan Ketua Program Studi ke bagian Administrasi Akademik  PPs Undana.

Bagi penelitian yang direncanakan dilaksanakan diluar undana sebelum usulan penelitian di tanda tangani oleh Komisi Pembimbing dan Ketua Program Studi mahasiswa harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan Pembantu Direktur Bidang Akademik.

Usulan penelitian disahkan oleh Direktur PPs Undana sebanyak 3 exemplar dengan tanda tangan asli satu diantaranya diserahkan pada bagian administrasi akademik PPs Undana

Sebelum melaksanakan penelitian, rencana penelitian (proposal) wajib diseminarkan untuk mendapatkan masukan saran-saran perbaikan dari forum seminar maupun komisi pembimbing. Pengesahan proposal dan pelaksanaan penelitian dapat dilaksanakan apabila:

1. Pengesahan usulan penelitian oleh Direktur PPs dilakukan dengan menyerahkan usulan penelitian yang telah ditandatangani oleh Tim Penilai dan Ketua Prodi melalui Bidang Akademik PPs Undana.

2. Bagi penelitian yang hendak dilakukan di luar daerah, maka  peneliti wajib berkonsultasi dengan Direktur dan Asdir I Bidang Akademik.

3. Usulan penelitian diberikan 3 (tiga) rangkap atau sesuai kebutuhan kepada bagian akademik dan ditandatangani asli oleh  peneliti, dosen pembimbing dan Direktur sebelum  pelaksanaan penelitian.

Pelaksanaan Kuliah dan Ujian Semester

Pelaksanaan perkuliahan berdasarkan kalender Universitas dan kalender akademik PPs Undana. Sehubungan dengan hal tersebut, maka ditetapkan beberapa hal sebagai berikut:

1. Perkuliahan berdasarkan jadwal yang telah diusulkan oleh Kepro dan disahkan oleh Asdir I Bidang Akademik.

2. Setiap matakuliah diasuh oleh minimal 2 orang dosen bidang ilmu dengan pengecualian jika jumlah tenaga dosen terbatas.

3. Pegawasan terhadap pelaksanaan perkuliahan dilakukan oleh PPs dan Prodi kepada dosen dan mahasiswa berdasarkan daftar hadir dan daftar kontrol dosen.

4. Perkuliahan dilaksanakan 16 kali tatap muka dan mahasiswa dan dosen wajib melakukannya. Apabila hasil pantau PPs Undana ternyata perkuliahan dilaksanakan dosen kurang dari 16 kali tatap muka, maka dosen wajib melengkapinya.

5. Bagi mahasiswa yang tidak memenuhi 80 % perkuliahan tatap muka tidak diperkenankan mengikuti ujian semester.

6. Semua mahasiswa PPs Undana wajib memiliki nilai TOEFL prediction minimal 450 bagi S2.

Pendaftaran dan Pelaksanaan Seminar Proposal,  Seminar  Hasil  serta Ujian Tesis

Pendaftaran dan pelaksanaan seminar proposal tesis, seminar hasil dan ujian tesis dapat dilaksanakan dengan persyaratan sebagai berikut:

1. Pembimbing proposal tesis ditetapkan oleh Ketua Program Studi berdasarkan bidang keahlian dan rasio jumlah pembimbingan.

2. Penggantian pembimbing dapat dilakukan berdasarkan pertimbangan akademik dan etika akademik.

3. Proposal hasil penelitian dan tesis yang akan diseminar atau diuji telah dibimbing oleh minimal 2 pembimbing/promotor dan ko-promotor dan disetujui  untuk diseminarkan serta didaftarkan pada Ketua Prodi dan PPs Undana.

4. Didaftarkan kepada bagian akademik setelah memperoleh persetujuan pembimbing

5. Pelaksanaan seminar proposal tesis, seminar hasil dan ujian tesis baru dapat dilaksanakan minimal 15 hari sebelum pelaksanaan ujian tesis dan hasil penelitian diatur tersendiri.

6. Pelaksanan ujian tesis khusus bagi mahasiswa S2 semester VI paling lambat dilaksanakan pada 2 minggu pertama bulan terakhir semester berjalan setelah memenuhi persyaratan akademik.

7. Tim penilai wajib memberi nilai pada saat ujian berakhir.

8. Tim penilai berhak memberikan arahan, bimbingan dan atau nasehat terkait peningkatan kualitas proposal, hasil penelitian dan perbaikan tesis.

9. Tim penilai tesis wajib memenuhi quorum sebelum pelaksanaan seminar proposal tesis, hasil penelitian seminar hasil, dan ujian tesis. Jika tidak memenuhi persyaratan, maka dapat di batalkan oleh Direktur atau Asdir Bidang Akademik pada PPs Undana.

10. Honorarium penilai hanya diberikan kepada anggota tim penilai yang bukan pembimbing.

Sistem Penilaian Ujian Akhir Semester

Penilaian diatur sebagai berikut:

1. Sistem penilaian digunakan berdasarkan nilai huruf A,B,C,D,E

2. Nilai huruf ditetapkan dari hasil penskoran  semua kegiatan berdasarkan  “Sistem Penilaian Acuan Patokan“ (PAP) dan Penilaian Acuan.

3. Padanan nilai angka untuk masing-masing nilai huruf pada poin 1 berturut-turut

NO

NILAI MENTAH

NILAI AKHIR

KETERANGAN

HURUF

ANGKA

1

≥80,0 – 100

A

4,00

LULUS

2

77,5 - < 8,00

A-

3,75

LULUS

3

75,5 - < 77,5

AB

3,50

LULUS

4

72,5 - < 75,0

B+

3,25

LULUS

5

70,0 - < 72,5

B

3,00

LULUS

6

67,5 - < 70,0

B-

2,75

LULUS

7

65,5 - < 67,5

BC

2,50

LULUS

8

62,5 - < 65,0

C+

2,25

LULUS

9

60,0 - < 62,5

C

2,00

LULUS

10

57,5 - < 60,0

C-

1,75

TIDAK LULUS

11

55,0 - < 57,5

CD

1,50

TIDAK LULUS

12

52,5 - < 55,0

D+

1,25

TIDAK LULUS

13

50,5 - < 52,5

D

1,00

TIDAK LULUS

14

< 50,00

E

0,00

TIDAK LULUS

4. Nilai setiap matakuliah serendah-rendahnya  C.

5. Nilai lulus untuk tesis, yaitu  A,B

6. Total angka penilaian hasil seminar proposal, seminar hasil penelitian, dan ujian tesis menggunakan nilai rata-rata dan grade penilaian:

GRADE

NILAI MUTU

A

80 – 100

B

70 – 79

C

60 – 69

F

< 60

7. Perbedaan nilai antar tim penilai maksimum 10 poin pada saat pemberian nilai proposal tesis, seminar hasil tesis dan ujian tesis.

8. Hasil penilaian (lulus atau tidak lulus) terhadap proposal tesis, seminar hasil tesis dan ujian tesis diumumkan pada saat itujuga.

9. Pelaksanaan ujian tesis bagi mahasiswa dilakukan setelah memenuhi persyaratan akademik.

10. Pelaksanaan ujian tesis bagi mahasiswa yang berada pada semester VI (enam) penjadwalan ujian tesis dilaksanakan batas terakhir tanggal 1 Februari – 30 Juni pada setiap semester berjalan.


Prestasi Akademik

Setiap semester prestasi akademik mahasiswa ditentukan melalui penghitungan Indeks Prestasi (IP) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Hal IP dan IPK  merupakan jumlah nilai mutu (NM) total dibagi jumlah beban  (SKS) total. Nilai mutu adalah nilai angka (padanan nilai huruf) kali beban SKS.

1. Mahasiswapada akhir semester pertama memperoleh IPK kurang dari 2,75diberi peringatan atau dianjurkan mengundurkan diri.

2. Apabila IPK matakuliah kurang dari 3,00 selama dua semester pertama dengan jumlah kredit yang diperoleh kurang dari 18 SKS atau ada matakuliah yang memperoleh nilai C, maka mahasiswa tersebut tidak diizinkan melanjutkan studinya.

3. Mahasiswa yang memperoleh nilai C dinyatakan lulus namun dianjurkan untuk memperbaiki nilainya (ujian perbaikan nilai)  menjadi nilai B untuk memenuhi syarat kelulusan IPK minimal 3,00.

Predikat Kelulusan Prodi Pendidikan

Mahasiswa dinyatakan lulus Prodi Pascasarjana di PPs Undana apabila IPK untuk  mata kuliah dan tesis pada akhir Program Pendidikan minimal 3,00. Kepada lulusan Prodi diberikan yudisium lulus dengan kriteria: MEMUASKAN, SANGAT MEMUASKAN, dan PUJIAN,   berdasarkan  ketentuan sebagai berikut.

3,00 – 3,50

MEMUASKAN

3,51 – 3,75

SANGAT MEMUASKAN

3,76 – 4,00

PUJIAN*

Catatan : *Predikat KELULUSAN PUJIAN tidak mengulangi mata kuliah dan tidak memiliki nilai C

Sumbangan dari Wisuda

Wisudawan wajib menyumbangkan minimal 2 buku teks untuk melengkapi perpustakaan Pascasarajana sesuai dengan bidang ilmu. Pelaksanaaan kegiatan wisuda disesuaikan dengan kalender akademik wisuda Undana


5.    KURIKULUM  PRODI PPS UNDANA

A. Doktor Ilmu Peternakan

Visi

Menjadi program studi penghasil doktor spesialis peternakan berbasis lahan kering, yang berdaya saing global.

Misi

· Menyelenggarakan pendidikan tingkat doktoral yang berkualitas untuk menghasilkan semberdaya manusia yang berkompeten di bidang peternakan lahan kering.

· Melaksanakan riset-riset unggulan peternakan lahan kering secara mendalam untuk pengembangan, pengujian, dan evaluasi konsep baru demi pengembangan IPTEKS maupun teknologi terapan bagi pembangunan peternakan.

· Membangun dan membina kerjasama dengan berbagai pihak pada tingkat lokal, nasional dan internasional dalam rangka pengembangan IPTEKS maupun penerapan IPTEKS.

Tujuan

Program studi diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang :

· Mempunyai kemampuan mengembangkan konsep ilmu, teknologi baru secara mandiri, kreatif dan berdedikasi tinggi untuk mengembangkan penelitian dalam bidang peternakan lahan kering.

· Mempunyai kemauan mengelola, memimpin dan mengembangkan program penelitian dalam bidang peternakan lahan kering.

· Mempunyai kemauan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner dalam berkarya dan mengembangkan dan menerapkan IPTEKS bidang peternakan lahan kering bagi kesejahteraan masyarakat.


MataKuliah

Prodi Doktor Ilmu Peternakan

KODE

MK

MATA KULIAH

SMSTR

JUMLAH SKS TIAP SEMESTER MENURUT PEMINATAN

NUTRISI TERNAK

PRODUKSI TERNAK

EKONOMI PETERNAKAN

PENGELOLAHAN HASIL TERNAK

ITU701

STATISTIK TERAPAN DALAM BIDANG PETERNAKAN

I

3

3

3

3

1TU702

FILSAFAT SAINS DAN TEKNIK PENELITIAN PETERNAKAN

I

3

3

3

3

ITU703

LINGKUNGAN DAN SISTEM PETERNAKAN LAHAN KERING

I

3

3

3

3

ITU704

BIOTEKNOLOGI DANMANAJEMEN PAKAN LAHAN KERING

I

3

3

3

3

SUB TOTAL

12

12

12

12

ITN711

NUTRISI UNGGAS DAN MONOGRASTRIK KUANTITATIF

II

3

_

_

_


KODE

MK

MATA KULIAH

SMSTR

JUMLAH SKS TIAP SEMESTER MENURUT PEMINATAN

NUTRISI TERNAK

PRODUKSI TERNAK

EKONOMI PETERNAKAN

PENGELOLAHAN HASIL TERNAK

ITN712

NUTRISI RUMINAN KUANTITATIF

II

3

_

_

_

ITP711

BIOKIMIA-FISIOLOGI PROSES PRODUKSI TERNAK DI LK

II

_

3

_

_

ITP712

REPRODUKSI TERNAK MUTAKHIR

II

_

3

_

_

ITE711

POLITIK EKONOMI PETERNAKAN

II

_

_

3

_

ITE712

BIOTEKNOLOGI

II

_

_

3

_

ITH711

BIOTEKNOLOGI HASIL TERNAK

II

_

_

_

3

ITH712

KAPITA SELEKTA PENGOLAHAN HASIL TERNAK

II

_

_

_

3

ITK721

TOPIK KHUSUS 1

II

3

3

3

3

MATA KULIAH PILIHAN

II

3

3

3

3

SUB TOTAL

12

12

12

12

 

KODE

MK

MATA KULIAH

SMSTR

JUMLAH SKS TIAP SEMESTER MENURUT PEMINATAN

NUTRISI TERNAK

PRODUKSI TERNAK

EKONOMI PETERNAKAN

PENGELOLAHAN HASIL TERNAK

ITK722

TOPIK KHUSUS 2

III

3

3

3

3

ITK

723

TOPIK KHUSUS 3

III

3

3

3

3

ITK724

SEMINAR PROPOSAL

III

3

3

3

3

SUB TOTAL

9

9

9

9

ITU705

SEMINAR DAN PUBLIKASI ILMIAH

IV

3

3

3

3

ITK724

DISERTASI

IV

12

12

12

12

SUB TOTAL

15

15

15

15

* Disesuaikan

B. Doktor Ilmu Administrasi

Visi

Menjadikan Program Doktor Ilmu Administrasi terkemuka berwawasan global, dan menghasilkan lulusan yang professional dan berkualitas unggul untuk diabdikan bagi peningkatan harkat dan martabat manusia, khususnya membangun manusia Indonesia  seutuhnya yang beriman dan bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Misi

· Mengembangkan sumberdaya manusia dalam IPTEKS bidang ilmu-ilmu administrasi pada strata doktor dengan sikap mental unggul yang bertumpu pada kemampuan, kepercayaan pada diri sendiri dan kemampuan berkomunikasi berkualitas Global.

· Mengembangkan penelitian, pengkajian, publikasi dan pengembangan bidang ilmu administrasi yang berbasis daerah kepulauan dan pariwisata.

· Mengembangkan jejaring bagi pelayanan IPTEKS bidang ilmu administrasi yang memperhatikan kearifan lokal masyarakat.

Tujuan

· Menghasilkan doktor yang mampu menguasai ilmu secara mendalam di bidang keahliannya.

· Menghasilkan doktor yang mampu menstransfer IPTEKS bidang ilmu administrasi, serta menerapkannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan manusia.

· Menghasilkan doktor yang memiliki kemampuan akademik dan profesional, serta mampu menerap-kembangkan dan/atau menciptakan IPTEKS dalam bidang ilmu administrasi.

MATA KULIAH

PRODI DOKTOR ILMU ADMINISTRASI

KODE MK

SEMESTER

MATAKULIAH

SKS

DIA-11

I

Metodologi Penelitian Administrasi Publik

3

DIA-12

I

Teori Administrasi Dan Organisasi Kontemporer

3

DIA-13

I

Analisis Kebijakan Publik Kontemporer

3

DIA-14

I

Manajemen Dan Inovasi Pelayanan Publik

3

SUB TOTAL

12

DIA-21

II

Seminar Isu-Isu Administrasi Publik

5

DIA-22

II

Proposal Disertasi

5

DIA-23

II

Penelitian Dan Penuliasan Disertasi

30

DIA-24

II

Karya Ilmiah Internasional

20

* Disesuaikan

C. Prodi Magister Peternakan

Visi

Menjadikan Prodi Magister Peternakan sebagai pusat unggulan dalam bidang pembangunan pertanian/peternakan yang  berkelanjutan yang berwawasan lingkungan serta bercirikan ekosistem kepulauan dan lahan kering.

Misi

1. Penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi secara professional dalam bidang Pembangunan Peternakan yang berkelanjutan berwawasan lingkungan, serta bercirikan ekosistem kepulauan dan lahan kering.

2. Peningkatan sumber daya manusia yang berkemampuan menganalisis dan mengembangkan IPTEKS dalam bidang Pembangunan Pertanian/Peteranakan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan serta bercirikan ekosistem kepulauan dan lahan kering.

3. Pendayagunaan IPTEKS untuk menghasilkan produk berdaya saing global dalam bidang Pertanian/Peternakan yang berwawasan lingkungan serta bercirikan ekosistem kepulauan dan lahan kering.

Program Studi Pembangunan Peternakan menyediakan dua (2) sub Program Studi yaitu :

1. Sains Peternakan

2. Manajemen Pembangunan Peternakan

Tujuan

1. Memberikan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah bidang Peternakan secara teknis maupun secara ilmiah.

2. Memberikan pengertian tentang pendekatan terpadu dalam menghadapi masalah Manajemen Pembangunan Peternakan dan Lingkungan.

3. Memberikan kemampuan untuk merencanakan melaksanakan Pembangunan Peternakan yang bercirikan ekosistem kepulauan dan lahan kering.

4. Melaksanakan penelitian yang mandiri dalam bidang Peternakan.

MATA KULIAH PRODI MAGISTER PETERNAKAN

NO

MATA KULIAH

KODE MK

SKS

A

DASAR UMUM    6  SKS

1

Analisis Statistik

SPT 3501

3

2

Metodologi Penelitian

SPT 4501

3

B

DASAR KEMAGISTERAN 24 SKS

1

Dinamika Lingkungan Ternak

SPT 3301

3

2

Bionomika Ternak

SPT 3401

3

3

Manajemen Sumberdaya Peternakan

SPT 3101

3

4

Interaksi Nutrisi dan Lingkungan

SPT 4105

3

5

Sistem Peternakan Lahan Kering

SPT 4302

3

6

Produksi Ternak Unggas Lanjutan

SPT 4201

3

7

Bioenergetika Ternak

SPT 4209

3

8

Sistem Produksi Ternak Gembal

SPT 4204

3

C

MATA KULIAH PILIHAN 6 SKS

1

Perencanaan Pembangunan Peternakan Ilmu

SPT 4105

3

2

Produksi Ternak Babi Lanjutan

SPT 4206

3

D

Tugas Akhir

1

Kolokium

PPs 601

1

2

Ujian Tesis

PPs 699

6

* Disesuaikan


D. Prodi Magister Ilmu Hukum

Visi

Menjadikan Prodi Magister Ilmu Hukum sebagai pusat keunggulan pengembangan studi Ilmu Hukum untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi keahlian dan kemahiran hukum yang berwawasan global.

Misi

1. Mewujudkan Prodi Magister Ilmu Hukum yang berkarakter, bermutu, professional, berakhlak, bermoral, dan relevan dengan kebutuhan pembangunan manusia serta berdaya saing baik secara nasional maupun  global.

2. Mewujudkan Prodi Magister Ilmu Hukum sebagai pusat keunggulan dalam pengembangan studi dan riset hukum yang berdaya saing baik secara nasional maupun global.

3. Mewujudkan pengabdian pada masyarakat dalam bidang hukum yang berorientasi pada kesejahteraan dan kemakmuran  masyarakat, peningkatan kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat serta sumber daya manusia.

4. Mewujudkan terciptanya sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan kemahiran hukum sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa dan perkembangan zaman.

Tujuan

Tujuan pendidikan Prodi Magister Ilmu Hukum  (S2) PPS UNDANAadalah menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi atau kemampuan sebagai berikut:

1) Kemampuan profesional dan menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam bidang hukum baik secara nasional maupun global;

2) Kemampuan inovatif dalam bidang Ilmu Hukum baik secara nasional maupun global;

3) Kemampuan memecahkan masalah secara arif dan bijaksana (menjadi problem solver yang dapat dipercaya) dalam bidang hukum sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing baik secara nasional dan  global;

4) Kemampuan menganalisis dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran hukum dalam bidang Hukum Ketatanegaraan dan Pemerintahan, Hukum Pidana dan Sistem Peradilan Pidana, Hukum ukumhuhEkonomi dan Bisnis, serta  Hukum dan Pembangunan pada umumnya;

5) Kemampuan mengadaptasikan pemikiran hukum dengan persoalan-persoalan di dalam masyarakat baik secara nasional maupun global

MATA KULIAH PRODI MAGISTER ILMU HUKUM

A. WAJIB UMUM

NO

MATA KULIAH

KODE MK

SKS

1

Politik Hukum

IH04-102

3

2

Teori Hukum

IH04-101

3

3

Penelitian Hukum

IH04-104

2

4

Metode Hukum

IH04-105

2

5

Perbandingan Hukum

IH04-107

2

JUMLAH

12

B. MATA KULIAH WAJIB PEMINATAN

Ø HUKUM TATA NEGARA DAN PEMERINTAHAN

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1.

IHO4-205

Negara Hukum dan Demokrasi

3

2.

IH04-206

Perbuatan Hukum dan Kewenangan Daerah

3

3.

IH04-207

Hukum dan HAM (Kontemporer/Gender)

2

4.

IH04-203

Hukum Otonomi daerah dan Keuangan Daerah

2

5.

IH04-201

Teori Hukum Tata Negara

3

6.

IH04-204

Kapita Selekta Hukum dan Kebijakan Publik

2

7.

IH04-202

Teori dan Metode Perundang - Undangan

3

JUMLAH

18

Ø HUKUM PIDANA DAN SISTEM PERADILAN PIDANA

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1.

IHO4-212

Kejahatan di Bidang HaKi

2

2.

IH04-209

Sistem Peradilan Pidana dan Perbandingan SPP

3

3.

IH04-207

Hukum dan HAM (Kontemporer/Gender)

2

4.

IH04-208

Hukum Pidana internasional

2

5.

IH04-213

Kejahatan korporasi

3

6.

IH04-210

Politik Hukum Pidana

3

7.

IH04-211

Perbandingan Hukum Pidana Lanjutan

3

JUMLAH

18

Ø HUKUM DAN PEMBANGUNAN

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1.

IHO4-237

Hukum  dan Perubahan Sosial

2

2.

IH04-339

Hukum Sumber Daya Alam dan Investasi

2

3.

IH04-207

Hukum dan HAM (Kontemporer/Gender)

2

4.

IH04-242

Hukum dan Pembangunan Kawasan Perbatasan Antar Negara

3

5.

IH04-241

Pranata Hukum dan Etika Provesi Hukum

3

6.

IH04-236

Teori socio-Legal

3

7.

IH04-219

Hukum Sumber daya Alam dan Investasi

3

JUMLAH

18

C. MATA KULIAH PILIHAN WAJIB PEMINATAN

Ø HUKUM TATA NEGARA DAN PEMERINTAHAN

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1.

IH04-301

Hukum Kekuasaan dan Jabatan Negara

2

2.

IH04-302

Hukum Pembangunan Daerah Kepulauan

2

Ø HUKUM PIDANA DAN SISTEM PERADILAN PIDANA

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1.

IH04-305

Hukum dan Terorisme

2

2.

IH04-306

Hukum dan Korupsi

2

Ø HUKUM DAN PEMBANGUNAN

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

1.

IH04-355

Hukum dan Kesehatan

2

2.

IH04-357

Hukum dan Pembangunan Ekonomi

2

NO

MATA KULIAH

SKS

1.

2.

3.

4.

Proposal Thesis

Penelitian dan Penulisan Thesis

Seminar

Karya Ilmiah

5

20

5

 

10

JUMLAH

40

* Disesuaikan

E. Prodi Magister Linguistik

Visi

Menjadikan “ Prodi Penyelenggara Tridharma Pendidikan Tinggi di Bidang Linguistik yang bermutu, adaptif, berwawasan global dan berkarakter”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan bermutu, professional, berkarakter, serta memiliki keluasan dan kedalaman cakrawala pengetahuan dan pengalaman belajar dalam bidang linguistik sehingga dapat bersaing secara nasional maupun internasional.
  2. Mengembangkan penelitian bermutu dalam bidang Linguistik untuk menunjang khasanah produk IPTEKS yang mengacu pada Pola Ilmiah Pokok (PIP) Undana.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan IPTEKS untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menerapkan dan mengembangkan sistem manajemen terpadu untuk menghasilkan kinerja kelembagaan yang dinamis, professional, efektif (berhasilguna) dan efisien (berdayaguna).
  5. Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama kemitraan dengan lembaga-lembaga terkait di tingkal lokal, nasional dan internasional.

Tujuan

(1) Menghasilkan lulusan bermutu, professional, berkarakter, serta memiliki keluasan dan kedalaman cakrawala pengetahuan dan pengalaman belajar dalam bidang Linguistik sehingga dapat bersaing secara nasional maupun internasional.

(2) Menghasilkan penelitian bermutu dalam bidang Linguistik untuk menunjang khasanah produk IPTEKS yang mengacu pada Pola Ilmiah Pokok (PIP) Undana.

(3) Menghasilkan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan IPTEKS untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

(4) Menghasilkan dan mengembangkan sistem manajemen terpadu untuk menghasilkan kinerja kelembagaan yang dinamis, professional efektif dan efisien.

(5) Membangun kerjasama kemitraan dengan lembaga-lembaga terkait di tingkat lokal, nasional dan internasional.

MATA KULIAH PRODI MAGISTER LINGUISTIK

NO

MATA KULIAH

KODE MK

SKS

A. DASAR UMUM 7 SKS

1

Filsafat Ilmu Pengetahuan

MKDU 01

2

2

Metodologi penelitian

MKDU 02

3

3

Bahasa Inggris

MKDU 03

2

B. DASAR KEAHLIAN 27 SKS

1

Fonologi 1

MKDK 01

2

2

Fonologi 2

MKDK 06

3

3

Morfologi 1

MKDK 02

2

4

Morfologi 2

MKDK 07

3

5

Sintaksis 1

MKDK 03

2

6

Sintaksis 2

MKDK 08

2

7

Sosiolinguistik

MKDK 09

3

8

Semantik

MKDK 04

3

9

Linguistik Historis Komparatif

MKDK 10

3

10

Dialektologi

MKPW 01

2

11

Tipologi Bahasa

MKPW 02

2

C. PILIHAN 6 SKS

1

Wacana

MKDK 05

3

2

Linguistik Kebudayaan

MKDK 11

3

D. TUGAS AKHIR 7 SKS

1

Kolokium

MKDK 601

1

2

Ujian Tesis

MKDK699

6

* Disesuaikan

F. Prodi Ilmu Magister Administrasi

Visi

Menjadikan Prodi Magister Ilmu Administrasi sebagai pusat unggulan dalam pengembangan Ilmu Administrasi dan sumber daya yang berdaya saing Global

Misi

Untuk mewujudkan Visi tersebut misi yang diemban Prodi Ilmu administrasi adalah :

1. Menyelenggarakan pendidikan Pascasarjana yang mampu menghasilkan SDM yang mengusai Ilmu Administrasi Berbudi Pekerti, Inovatif, dan Kompetitif.

2. Menyelengarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu administrasi sesuai tuntutan dan perubahan dan kebutuhan.

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui aplikasi ilmu administrasi untuk kemajuan kesejateraan masyarakat.

4. Mengembangkan kualitas pembinaan mahasiswa.

5. Mengembangkan system manajemen yang professional, efektif, effisien.

6. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga lain di jenjang lokal regional, nasional dan international.

MATA KULIAH PRODI MAGISTER ILMU ADMINISTRASI

Ø PENJABARAN KELOMPOK BAHAN KAJIAN KE DALAM MK KONSENTRASI ADMINISTRASI PUBLIK

No

Kelompok bahan kajian

Mata kuliah (MK)

SKS

1

Ilmu dasar umum

1. Filsafat Ilmu

2. Statistika Sosial

3. Metodologi Penelitian Adm. kuantitatif

4. Metodologi Penelitian Adm. Kualitatif

3

3

2

2

2

Ilmu dasar administrasi

1. Teori Administrasi dan Governance

2. Teori Perilaku Organisasi

3. Teori Pembangunan Berkelanjutan

3

3

3

3

Ilmu administrasi keahlian

1. Administrasi Keuangan Publik

2. Etika Administrasi Publik

3. Manajemen Sumber Daya Manusia

4. ManajemenStrategikOrganisasiPublik

3

3

3

3

4a

Spesialisasi kebijakan publik*

1. Analisis Kebijakan Publik

2. Kebijakan Pengembangan Wilayah Kepulauan

3. Seminar Kebijakan Publik

3

3

3

4b

Spesialisasi Manajemen publik*

1. Manajemen Pembangunan Daerah

2. ManajemenPelayananPublik

3. Seminar ManajemenPublik

3

3

3

5

Tugas akhir

1. Proposal Thesis

2. Thesis

3. Karya ilmiah

3

20

9

Jumlah

72

Catatan : *Kelompok mata kuliah (MK) spesialisasi

Ø PENJABARAN KELOMPOK BAHAN KAJIAN KE DALAM MKKONSENTRASI ADMINISTRASI BISNIS

No

Kelompok bahan kajian

Mata kuliah (MK)

SKS

1

Ilmu dasar umum

1. Filsafat Ilmu

2. Statistika Sosial

3. Metodologi Penelitian Adm. kuantitatif

4. Metodologi Penelitian Adm. Kualitatif

3

3

2

2

2

Ilmu dasar administrasi

1. Teori Administrasi dan Governance

2. Teori Perilaku Organisasi

3

3

3

Ilmu administrasi keahlian

1. Manajemen Sumber Daya Manusia

2. Kewirausahaan dan Manajemen Inovasi

3. Sistem informasi manajemen

4. Etika Bisnis

5. ManajemenStrategikBisnis

3

3

3

3

3

4a

SpesialisasiBisnis Industri dan Keuangan*

1. Bisnis Industri

2. Bisnis Keuangan

3. Seminar Bisnis Industri dan Keuangan

3

3

3

4b

Spesialisasi Bisnis perdagangan dan Pariwisata*

1. BisnisPerdagangan

2. Bisnis Pariwisata

3. Seminar Bisnis Perdagangan dan Pariwisata

3

3

3

5

Tugas akhir

1. Proposal Thesis

2. Thesis

3. Karya Ilmiah

3

20

9

Jumlah

72

Catatan : * kelompok mata kuliah (MK) spesialisasi

G. Prodi Ilmu Lingkungan

Visi

Menjadikan penyelenggara Tri Dharma Perguruan tinggi berwawasan Global dan kompettif dalam bidang Pengelolaan SDA dan Lingkungan Berbasis Kepulauan Semiringkai

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan berkompetensi tinggi dan wawasan global dalam bidang  penggeloaan SDA dan lingkungan

2. Melakukan penelitian bermutu tinggi dalam bidang SDA dan Lingkungan

3. Mengabdikan hasil penelitian bidang SDA dan lingkungan

MATA KULIAH PRODI MAGISTER ILMU LINGKUNGAN

NO

MATA KULIAH

KODE MK

SKS

A

MATA KULIAH DASAR

1

Analisis statistik

IPSAL 501

3

2

Metodologi penelitian

IPSAL 502

3

TOTAL

6

B

MATA KULIAH WAJIB

1

Pengelolaan Wilayah Pesisir Laut dan Pulau Kecil

IPSAL 533

3

2

Ilmu Lingkungan

IPSAL 511

3

3

Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan

IPSAL 531

3

4

Ekologi Manusia

IPSAL 521

3

5

Kependudukan, Lingkungan dan Pembangunan

IPSAL 512

3

6

Perencanaan dan Administrasi Lingkungan

IPSAL 532

3

7

Analisis Mengenai Dampak

IPSAL 626

3

TOTAL

21

C

MATA KULIAH PILIHAN I

1

Prinsip-prinsip Degradasi dan Pencemaran Lingkungan

IPSAL 613

3

2

Ekonomi Lingkungan

IPSAL 616

3

3

Hukum Lingkungan

IPSAL 625

3

4

Perencanaan Wilayah Penataan Ruang

IPSAL 534

3

TOTAL

12

MATA KULIAH PILIHAN II

1

Prinsip-prinsip Degradasi dan Pencemaran Lingkungan

IPSAL 613

3

2

Keanekaragaman Hayati

IPSAL 614

3

3

Prinsip dan Teknik Inventarisasi SDA dan Lingkungan

IPSAL 523

3

4

Pengelolaan Kawasan Konservasi

IPSAL 539

3

TOTAL

12

MATA KULIAH PILIHAN III

1

Prinsip-prinsip Degradasi dan Pencemaran Lingkungan

IPSAL 613

3

2

Perencanaan dan Penatagunaan Lahan

IPSAL 535

3

3

Penginderaan Jauh

IPSAL 639

3

4

Pengelolaan SDA Dalam Pengairan

IPSAL 636

3

TOTAL

12

D

Tugas Akhir

1

Kolokium

PPs 102

1

2

Ujian Tesis

PPs 101

6

TOTAL

7

* Disesuaikan

H. Prodi Magister Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris

Visi

Menjadikan Prodi Magister Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris unggul di Tingkat Nasional dan Internasional.

Misi

Menghasilkan sumberdaya manusia (lulusan) yang unggul dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris dan relevan dengan kebutuhan pembangunan masyarakat NTT sekarang dan ke depan, berwawasan global, mensponsori pengembangan IPTEKS sesuai dengan tuntutan masyarakat, melakukan  perubahan-perubahan kelembagaan sesuai perkembangan perubahan kebutuhan masyarakat global (lokal, nasional, pun internasional). Rincian misi adalah sebagai berikut.

(1) Menyelenggarakan pendidikan untuk membangun masyarakat berbudi luhur dan bermoral terpuji

(2) Menyelenggarakan pendidikan tinggi Pendidikan Bahasa Inggris yang berorientasi global, mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, mandiri, kreatif, inovatif, kompetitif, sehat, berdisiplin, dan menguasai IPTEKS.

(3) Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan dan mengembangkan IPTEKS Pendidikan Bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan pendidikan berwawasan global berbasis keunggulan lokal.

(4) Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfataan IPTEKS Pendidikan Bahasa Inggris berorientasi global, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

(5) Mengembangkan dan meningkatkan mutu pembinaan kemahasiswaan melalui pemanfaatan IPTEKS Pendidikan Bahasa Inggris.

(6) Mengembangkan sistem Pendidikan Bahasa Inggris yang dinamis dan profesional, efektif, dan efisien berbasis IPTEKS Pendidikan Bahasa Inggris.

(7) Meningkatkan, mengembangkan, dan memberi dukungan dan/atau kerjasama dengan lembaga lain secara kewilayahan, baik secara regional, nasional dan internasional dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris.

(8) Menyelenggarakan pendidikan yang berkelanjutan dengan membuka jenjang pendidikan S3.

(9) Menyelenggarakan pendidikan sebagai cikal bakal untuk membuka Program Studi Pascasarjana bahasa lain sesuai perkembangan dan kebutuhan masyarakat

(10) Menyelenggarakan pendidikan dengan ciri-khas berdewi-bahasa

MATA KULIAH

PRODI MAGISTER BAHASA INGGRIS

NO

MATA KULIAH

KODE MK

SKS

A

DASAR UMUM   7  SKS

1

Phylosophy of Language

ENG1301

2

2

FoundatioNs of Education

ENG2101

2

3

Current Issues on Language Instruction

ENG2102

2

4

Instructional Design

ENG2034

2

5

TEFLIN Methods

ENG3102

3

6

The Teaching of  English Skills

ENG3103

3

7

Discourse & Language Teaching

ENG3104

2

8

The Teaching of Literature

ENG4101

2

9

English Teaching Evaluation

ENG4102

2

10

Teaching Practice

ENG4103

2

11

Advanced Linguistics

ENG4104

3

B

DASAR KEMAGISTERAN 15 SKS

1

Qualitative Research Methodology

ENG5101

2

2

Quantitative Research Methodology

ENG5102

2

3

Seminar on English Education (prop)

ENG5103

2

4

Thesis Writing

ENG5104

2

5

Bilingualism*

ENG6101

2

6

Second language Acquisition

ENG6109

2

7

Advanced Academic Writing*

ENG6102

3

C

Language and Culture*

1

Translation and Interpretation*

ENG7101

2

2

Language and Culture*

ENG6106

3

Sociolinguistics**

ENG7102

2

4

Psycholinguistics **

ENG7103

2

5

English Semantics**

ENG7104

2

D

Tugas Akhir

1

Kolokium

PPs 102

1

2

Ujian Tesis

PPs 101

6

* Disesuaikan

I. Prodi Magister PIPS

Visi

Menjadikan “Prodi Penyelenggara Tridharma Pendidikan Tinggi di Bidang Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial yang bermutu, adaptif, berwawasan global dan berkarakter”

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan berkompetensi tinggi dan berwawasan global dalam bidang  Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial.

2. Melakukan penelitian bermutu tinggi dalam bidang Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial

3. Mengabdikan hasil penilitian bidang Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial.

MATA KULIAHPRODI

MAGISTER PIPS

NO

MATA KULIAH

WAJIB

MATA KULIAH KONSENTRASI PKN

MATA KULIAH KONSENTRASI PEND.GEOGRAFI

MATA KULIAH KONSEMNTRASI PEND.EKONOMI

BOBOT SKS

KET

01.

Filsafat Ilmu

1. Pendidikan Moral/Karakter

1. Keruangan & Mitigasi bencana

1. Ekonomi & Sumber Daya Pembangunan

2

02.

Dasar,Teori dan Prinsip IPS

2. Demokrasi: Teori dan Aplikasi

2. Pengelolaan Sumber Daya Lahan

2. Teori dan Kebijakan Ekonomi Makro

2

03.

Isu-isu Global Kontemporer

3. Kajian Ketatanegaraan RI

3. Teknik Analisis Geografi

3. Kajian Perilaku Ekonomi Mikro

2

04.

Penelitian Ilmu Sosial

2

05.

Statistik Ilmu Sosial

4. Kajian Perilaku Politik

4. Geografi Lingkungan

4. Kewirausahaan

2

06.

Anatomi Masalah Sosial

5. Perbandingn Sistem Politik

5. Perkembangan Pemikiran Geografi

5. Ekonomi dan Perbankan

2

07.

Strategi dan Model Pembelajan IPS

2

08.

Pengemb. Kurikulum IPS

2

09.

Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan

2

10.

Manajemen Pendidian

2

11.

Sains, Teknologi, dan Masyarakat

2

12.

Proposal Tesis

2

13.

Penelitian dan Penulisan

20

14.

Seminar Hasil Penelitian

5

15.

Karya Tulis/ Jurnal

10

TOTAL SKS

72

WAJIBUNTUK SEMUA

62

KONSENTRSIMASING-MASING

10

J. Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat

Visi :

Menjadi institusi terkemuka  berwawasan global dalam mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengelolaan sumberdaya kesehatan secara efektif dan efisien, pencegahan penyakit dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat

Misi :

1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkompeten dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat.

2. Mengembangkan konsep-konsep (teori-teori) baru melalui penelitian untuk meningkatkan kesehatan masyarakat

3. Mengembangkan dan menerapkan IPTEKS dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat bagi perumusan kebijakan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. 

4. Membangun dan membina kerjasama dengan berbagai pihak pada tingkat lokal, nasional dan internasional

Tujuan :

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dalam menganalisis dan mengembangkan IPTEKS dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat

2. Mengembangkan konsep baru secara mandiri, kreatif dan berdedikasi tinggi untuk mengembangkan penelitian dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat

3. Mengembangkan dan menerapkan IPTEKS dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat bagi perumusan kebijakan pembangunan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat

4. Mengembangkan dan membina kerjasama dengan berbagai pihak pada tingkat lokal, nasional dan internasional

Sasaran :

1. Mahasiswa menyelesaikan studi dengan indeks prestasi akademik minimal 3,5 dengan lama studi mkasimal 2,5 tahun.

2. Setiap tahun masing-masing dosen tetap melakukan minimal satu judul penelitian dalam bidang ilmu kesehatan masyarakat berbasis kepulauan semiringkai dan disesuaikan dengan Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Nusa Cendana dan melibatkan minimal satu mahasiswa serta hasilnya dipublikasi di jurnal terakreditasi nasional atau internasional.

3. Setiap tahun dosen tetap melakukan minimal satu judul kegiatan pengabdian bidang ilmu kesehatan masyarakat berbasis kepulauan semiringkai dan yang melibatkan mahasiswa serta hasilnya dipublikasi di jurnal terakreditasi nasional atau internasional.

Strategi Pencapaian Sasaran Program Studi

Sasaran 1: Mahasiswa menyelesaikan studi dengan indeks prestasi akademik minimal 3,5 dengan lama studi mkasimal 2,5 tahun.

Strategi :

1. Menyempurnakan dan menerapkan secara baik kurikulum berbasis kompetensi di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan.

2. Perbaikan proses belajar mengajar

3. Perbaikan administrasi dan pelayanan akademik kepada mahasiswa dan dosen

4. Penyediaan pustaka (hard copy maupun e journal).

5. Peningkatan soft skill mahasiswa untuk dapat mengakses informasi berbahasa asing (Inggris).

6. Peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat di dalam penelitian dosen

7. Perbaikan proses pembimbingan mahasiswa

Sasaran 2: Setiap dosen tetap (secara mandiri atau berkelompok) dalam setahun melakukan minimal satu judul penelitian bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat berbasis kepulauan semiringkai dan disesuaikan dengan Rencana Induk Penelitian (RIP) Undana dan yang melibatkan minimal satu mahasiswa serta hasilnya dipublikasi di jurnal terakreditasi nasional atau internasional.

Strategi :

1. Sosialisasi RIP Undana kepada dosen, mahasiswa, dan stakeholder lain.

2. Memotivasi dosen untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan melibatkan minimal satu mahasiswa.

3. Memfasilitasi penyediaan informasi penelitian dan sumber pembiayaan penelitian kepada dosen dan mahasiwa.

4. Memfasilitasi penyediaan informasi jurnal ilmiah terakreditasi nasional maupun internasional kepada dosen dan mahasiswa.

5. Menjalin kemitraan penelitian dengan pemerintah dan pemda serta berbagai badan riset nasional maupun internasional

6. Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa

Sasaran 3: Setiap dosen tetap (secara mandiri atau berkelompok) dalam setahun melakukan minimal satu judul kegiatan pengabdian bidang ilmu kesehatan masyarakat kepulauan semiringkai dan yang melibatkan mahasiswa serta hasilnya dipublikasi di jurnal terakreditasi nasional atau internasional.

Strategi :

1. Membangun kemitraan dengan lembaga pemerintah dan LSM dalam dan luar negeri

2. Memotivasi dosen untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan ilmu kesehatan masyarakat yang melibatkan mahasiswa.

3. Memfasilitasi penyediaan informasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan sumber pembiayaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kepada dosen dan mahasiwa.

4. Memfasilitasi penyediaan informasi jurnal pengabdian kepada masyarakat terakreditasi nasional maupun internasional kepada dosen dan mahasiswa.

5. Menjalin kemitraan pengabdian kepada masyarakat dengan pemerintah dan pemda serta berbagai kelompok masyarakat.

6. Melaksanakan lokakarya penyusunan proposal pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan ilmu kesehatan masyarakat dan memfasilitasi pelaksanannya di lapangan.

Mata Kuliah Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat

Kelompok MK

Kode MK

Matakuliah

SKS

Isi Kurikulum

Inti

Institusional

A. Matakuliah Dasar

PPS 5105

Biostatistika

3

PPS 5209

Metodologi Penelitian Kesehatan

3

Total

6

B. Matakuliah  Wajib

PPS 5104

Ilmu sosial dan perilaku

2

PPS 5106

Epidemiologi Analitik

3

PPS 5107

Kesehatan Lingkungan

2

PPS 5108

Gizi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

2

PPS 5210

Kesehatan Ibu dan Anak

3

PPS 5211

Kebijakan dan manajemen kesehatan

3

PPS 5212

Pengorganisasian dan Pemberdayaan Masyarakat

2

PPS 5213

Kepemimpinan Strategis dan Berpikir Sistem

2

Total

19

C. Matakuliah Wajib Peminatan

C.1. Peminatan Gizi Masyarakat (GM)

IKM 51101

Biokimia Gizi

3

IKM 51102

Ekonomi Pangan dan Gizi

3

C.2. Peminatan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP)

IKM 51201

Manajemen Pelatihan dan Membangun Kapasitas

3

IKM 51202

Perencanaan dan Evaluasi Promosi Kesehatan

3

C.3. Peminatan Epidemiologi Dan Biostatistik

IKM 51301

Aplikasi Epidemiologi dalam Kebijakan Kesehatan

3

IKM 51302

Epidemiologi dan Pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular

3

C.4. Peminatan Administrasi Kebijakan dan Kesehatan (AKK)

IKM 51401

Analisis Kebijakan Kesehatan

3

IKM 51402

Manajemen Mutu Terpadu Kesehatan

3

C.5.  Peminatan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

IKM 51501

Policy and Program Maternal Child Health

3

IKM 51502

Program Planning and Evaluation Maternal Child Health

3

C.6. Peminatan Kesehatan Lingkungan (Kesling)

IKM 51601

Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah

3

IKM 51602

Manajemen dan Audit Lingkungan

3

Total/peminatan

9

D. Matakuliah Pilihan

D.1. Peminatan Gizi Masyarakat (GM)

IKM 51103

Intervensi Gizi

2

IKM 51104

Kewaspadaan, Pengendalian & Keamanan Pangan dan  Gizi

2

IKM 51105

Manajemen Penyelenggaraan Gizi Institusi

2

D.2. Peminatan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP)

IKM 51203

Promosi Kesehatan Pekerja dan Rumah Sakit

2

IKM 51204

Promosi Kesehatan Komunitas

2

IKM 51205

Sistem Pelayanan Manajemen Informasi Kesehatan

2

D.3. Peminatan Epidemiologi Dan Biostatistik

IKM 51303

Aplikasi Analisis Epidemiologi Lanjutan

2

IKM 51304

Investigasi Wabah Lapangan

2

IKM 51305

Aplikasi Epidemiologi dalam Manajemen Bencana

2

D.4. Peminatan Administrasi Kebijakan dan Kesehatan (AKK)

IKM 51403

Social Security and International Health

2

IKM 51404

Evidence Based Manajemen Pelayanan Kesehatan

2

IKM 51405

Etika dan Hukum Kesehatan

2

D.5.  Peminatan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

IKM 51503

Pengelolaan KIA

2

IKM 51504

Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak

2

IKM 51505

Teknologi Kontrasepsi

2

D.6. Peminatan Kesehatan Lingkungan (Kesling)

IKM 51603

Kesehatan Lingkungan Pemukiman dan Perkotaan

2

IKM 51604

Manajemen Strategi Kesehatan Lingkungan

2

IKM 51605

Kesehatan Lingkungan Bencana dan Tanggap Darurat

2

Total

4

E. Tugas Akhir

PPS 5101

Kolokium

1

PPS 5103

Seminar

1

PPS 5102

Penelitian dan Tesisi

6

Total

8

 

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter