Ekonomi Pertanian- Agribisnis

 

LATAR BELAKANG

Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian (Sosektan) merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Pertanian Undana. Prodi Sosektan ini ada sejak Fakultas tersebut didirikan Tahun 1982 dengan SK Presiden RI No.72 Tahun 1982.

Sampai dengan saat ini telah terakreditasi dengan nilai B. Ini berarti Prodi Sosektan Faperta Undana dapat disejajarkan dengan Prodi Sosektan yang ada di Perguruan Tinggi Negeri lainnya.

 

TUJUAN

1. Mengembangkan program pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional dan berakhlak terpuji dalam bidang sosial ekonomi pertanian.

2. Mengembangkan dan membina kehidupan masyarakat akademik melalui sistem manajemen pendidikan tinggi yang profesional.

3. Mengembangkan penelitian dan inovasi teknologi guna memanfaatkan sumberdaya pertanian dan kelautan secara optimal dan berkelanjutan sehingga dapat mempercepat proses pembaharuan, pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

4. Mengembangkan kegiatan ekstra- kurikuler yang dinamis.

5. Mengembangkan kerjasama kemitraan.

 

SPESIFIKASI LULUSAN

Lulusan Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian/ Agribisnis bergelar Sarjana Pertanian (SP).

 

PROSPEK KERJA LULUSAN

Lulusan memiliki peluang kerja yang sangat luas di berbagai lembaga, baik lembaga negeri maupun swasta yakni bekerja di Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan, Dinas Kehutanan, Balai-balai Penelitian. Departemen dalam Negeri, Departemen Perhubungan (Klimatologi), Badan Perencana Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Koperasi, Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, Bulog/Dolog, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, menjadi anggota TNI dan POLRI yang direkrut melalui WAMIL.

Di Perusahaan/BUMN, dapat bekerja di Bank Pemerintah/Swasta, Lembaga Keuangan lainnya, Asuransi, Travel Biro, PT. Semen Kupang, Industri Marmer, Perusahaan Pengadaan Sarana Produksi Pertanian, LSM. Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD), Koperasi Unit Desa (KUD), Perusahaan Konsultan Agribisnis. Di sektor swasta, lulusan Prodi Sosektan/Agribisnis dapat membuka Usaha Pembibitan dan Pembuatan Pupuk atau Pestisida, Konsultan di Bidang pertanian.

 

BEBAN SKS DAN LAMA STUDI

Program S1 dapat ditempuh dalam waktu 8-14 semester. Beban studi keseluruhan adalah 148 sks (satuan kredit semester) termasuk skripsi.

 

PERSYARATAN

1. Lulusan SMA/MA jurusan IPA atau sekolah-sekolah sederajat.

2. Lulus ujian saringan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

3. Sehat jasmani dan rohani.

 

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter