Selasa, 28 Maret 2017

LATAR BELAKANG

Pendekatan One Health  membahas suatu hubungan kerja sama yang sinergis antara ilmu kedokteran umum, kedokteran hewan dan kesehatan lingkungan untuk mengamati, memantau dan mengendalikan ancaman kesehatan masyarakat dunia. Konsep One Health memberikan konsep bahwa kesehatan manusia terhubung kesehatan hewan dan lingkungan. Ada banyak contoh yang menunjukkan bagaimana kesehatan masyarakat terkait dengan kesehatan hewan dan lingkungan. Misalnya, penyakit pada hewan yang dapat ditularkan kepada manusia melalui lingkungan. Penyakit ini dikenal sebagai penyakit zoonosis.

Karakterisasi penyakit zoonosis yang tidak mengenal batas wilayah berpotensi menimbulkan perubahan interaksi antara manusia, hewan, dan lingkungan. Perubahan ini telah menyebabkan adanya dan munculnya kembali berbagai penyakit bersifat infeksius. Dampak Emerging dan Re-Emerging diseases menyebabkan kerugian jiwa, ekonomi dan sosial bagi manusia dan hewan sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah. Melihat kondisi pentingnya penerapan konsep One Health di bidang kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan, menjadi landasan utama Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “One Health” dan sub tema “ Perkembangan dan Penanganan Emerging and Re-emerging Diseases “ di Indonesia.

 

KEYNOTE SPEAKER


Menteri kesehatan Repuplik Indonesia “ Emerging Infectious Diseases di Indonesia”

Ketua Pengurus Besar Perhimpunana Dokter Hewan Indonesia “ Penyakit zoonosis di Indonesia”

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Nusa Tenggara Timur “ Kebijakan Penanggulangan Penyakit Infeksius pada Hewan di NTT”

Kepala Dinas kesehatan provinsi Nusa Tenggara Timur “Kebijakan Penanggulangan Penyakit Strategis Pada Manusia”

Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana “ Penyakit Hewan yang Mengancam Kerugian Ekonomi”

Prof. Dr. Drh. Wayan Artama (Guru besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada) “ Strategi Penerapan One Helath dalan Penanganan Emerging and Re-Emerging Diseases pada Hewan


Waktu & Tempat


Waktu : 30 -31 Oktober 2014
Tempat : Hotel T-More Kupang. Jl. Adisucipto Penfui- Kupang