Unmus-Undana Jalin Kerjasama
07/04/2017
article thumbnail

DALAM rangka memajukan Universitas Musamus (Unmus) maupun Universitas Nusa Cendana (Undana) dalam bidang tri dharma perguruan tinggi, maka Unmus dan Undana menjalin kerjasama. Kerjasama tersebut ditan [ ... ]


Undana Seleksi Lima Bank Umum
07/04/2017
article thumbnail


Kamis, (6/4), Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof.Ir.Fredrik L.Benu,M.Si.,Ph.D mengadakan seleksi terhadap lima Bank umum di wilayah NTT yang nantinya akan menjadi Bank mitra dalam  [ ... ]


Artikel Lainnya

Asesor Visitasi Prodi Agroteknologi Faperta

DALAM rangka melakukan reakreditasi sejumlah program studi (prodi), maka salah satu prodi yang dikunjungi Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk melakukan visitasi adalah Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian (Faperta), Universitas Nusa Cendana (Undana). Dua Asesor BAN-PT tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Asep Sapei, MS dan Dr. Ir Sri Rahayu Utami, M.Sc.
Prof. Dr. Ir. Asep Sapei, MS dalam sambutannya pada acara pembukaan Visitas Akreditasi Prodi Agroteknologi Faperta Undana, di Aula Lantai dua Prodi Agroteknologi, Faperta, Kamis (3/3) mengatakan visitasi dilakukan untuk mendapatkan informasi di lapangan sesuai dengan data akreditasi borang yang telah dajukan panitia borang akreditasi prodi.
“Jika dalam instrument borang akreditasi dijelaskan dengan menggunakan kata-kata-tetapi dengan visitasi, maka bisa diperoleh informasi lapangan, apakah sesuai atau tidak sesuai dengan data akreditasi borang,” katanya. Ia mengatakan, status BAN-PT sebagai pembina dalam menentukan status prodi.
BAN-PT pun tidak mencari kesalahan tetapi mencari tahu sejauh mana hasil borang akreditasi di lapangan. “Jadi bukan berarti kita menghakimi prodi karena tidak mendapat akreditasi yang baik, tetapi dalam rangka proses pembinaan dan pengembangan prodi, sudah sejauh mana hasil borang akreditasi di lapangan,”

ujar Dosen di Institut Pertanian Bogor ini.
Dekan Faperta Undana, Dr. Ir. Damianus Adar, dalam sambutannya menyambut baik dua asesor BAN-PT untuk melakukan visitasi di Prodi Agroteknologi Faperta Undana. Ia mengatakan, visitasi perlu dilakukan dalam rangka peningkatan akreditasi prodi. Apalagi, kata  Adar, kini terdapat persaingan dan tunutan globalisasi yang sangat tinggi. Karena itu, untuk bisa bersaing dalam globalisasi, maka peningkatan mutu dalam Perguruan Tinggi perlu dilakukan.
Ia mengatakan, Prodi Agroteknologi termasuk salah satu dari sekitar 30 prodi yang akan divisitasi tim asesor BAN-PT untuk peningkatan akreditasi. Hal tersebut, lanjut Dr. Adar, menjadi alasan penetapan tahun 2017 sebagai tahun mutu Undana oleh Rektor Undana. Pada kesempatan tersebut, ia pun menjelaskan Undana memiliki center of excellence (pusat keunggulan-red) lahan kering kepulauan terpadu.
Keunggulan komparatif tersebut dapat menjadi keunggulan kompetitif untuk bersaing. Dengan begitu, mimpi Undana, suatu saat orang dari luar Undana bisa belajar tentang pertanian, perikanan, peternakan lahan kering di Undana, maupun masalah lain seperti kesehatan, pendidikan, politik, sosial, budaya dan lainnya.
Sementara Ketua Prodi Agroteknologi, Ir. Antonius S. S. Ndiwa, MP dalam sambutanya mengapresiasi kehadiran para asesor ke Prodi Agroteknologi Faperta untuk melakukan visitasi. Ia mengaku, selama ini akreditasi yang selama ini diperjuangkan akhirnya mulai terwujud, ditandai dengan adanya visitasi.  Prodi Agroteknologi, kata Ndiwa, sebagai salah satu sub unit penyelenggaraan Tri Dharma Pendidikan Tinggi. Karena itu, peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan, salah satunya melalui peningkatan status akreditasi.
Dan, visitasi yang dilakukan tersebut merupakan langkah baik untuk mewujudkan peningkatan mutu dan status akreditasi. Pantauan media ini, turut hadir dalam acara pembukaan tersebut, Kepala UPT. Laboratorium Lapangan Terpadu Lahan Kering Kepulauan (LLTLKK), Dr. Muhammad S. M. Nur, para dosen Faperta Undana dan mahasiswa.
Sebelum Tim Asesor berkunjung ke Prodi Agroteknogi, Faperta, kedua  asesor BAN-PT tersebut diterima oleh Pembatu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Simon S. Ola, M.Hum di ruang kerjanya lantai dua Undana Penfui untuk membahas rencana visitasi yang dilakukan selama dua hari, yakni Kamis-Jumat, (3-4/3) di Prodi Agroteknologi, Faperta [refl/ovan/ds]

 

Add comment

Komentar anda sangat penting, oleh karena itu periksa komentar dengan seksama sebelum mengirimkan. Pertahankan toleransi antar suku, ras dan agama.


Security code
Refresh