Puskom News

Puskom News

ToT E-Learning


UPT. Komputer - (25/08/2017) Teknologi memiliki peran penting dalam perkembangan peradaban manusia, terutama ketika manusia mengembangkan sebuah organisasi, pemanfaatan teknologi menjadi sangat penting yang tidak dapat dipisahkan dari setiap kegiatan administasi dan manajemen. Teknologi menjadi semakin penting ketika inovasi tersebut berhasil menggabungkan teknologi komunikasi dan telekomunikasi (misalnya internet) dalam sebuah institusi. Penggabungan teknologi komunikasi dan telekomunikasi ini berdampak pada setiap bidang termasuk bidang pendidikan berupa e-library, e-book, e-learning. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ternyata membuat kinerja organisasi menjadi lebih efektif, efisien dan kompetitif  (Akadun: 2009:1- 2).


Elearning kini banyak dikembangkan dengan menggunakan LMS (Learning Management System). Saat ini salah satu LMS open source yang sangat populer adalah Moodle. Moodle dapat dengan mudah dipakai untuk mengembangkan portal sistem e-learning. Moodle menyediakan fitur portal elearning yang memungkinkan pemakai dapat memodifikasi halaman elearning sesuai kebutuhan. Moodle sangat efektif  digunakan sebagai sarana pembelajaran di lembaga-lembaga pendidikan, misalnya Perguruan Tinggi. Dengan moodle, seorang pendidik dapat memberikan materi berupa teks, web, animasi, multimedia, ebook, presentasi, diskusi, ujian secara online dan lain-lain. E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.


Berkat perkembangan teknologi informasi, proses pembelajaran konvensional yang selama ini dibatasi oleh ruang dan waktu telah mengalami proses inovasi. Proses pembelajaran tidak lagi terpaku seperti pada model pembelajaran konvensional yang hanya bisa diselenggarakan sesuai ruang dan waktu yang sama namun bisa dilaksanakan dalam ruang dan waktu yang berbeda pula (anywhere and anytime learning and teaching). Pembelajaran dengan memanfaatkan TIK dalam bentuk e-learning memberikan pembaharuan pembelajaran yang berbeda dengan model konvensional. Perkuliahan atau pembelajaran tidak berhenti saat pertemuan di kelas berakhir. It is instead a never ending meeting dalam hal selesainya pertemuan dikelas tidak menghentikan komunikasi dari dosen ke mahasiswa, mahasiswa ke dosen dan mahasiswa ke sesama mahasiswa.


Sehubungan dengan hal tersebut diatas, Universitas Nusa Cendana telah memanfaatkan e-learning dalam kegiatan proses belajar dan mengajar. Situs e-learning tersebut dapat diakses melalui lama www.elearning.undana.ac.id. E-Learning Undana  berbasis Moodle dimana manajemen perkuliahan dapat diatur oleh pengguna (user) dengan peran (role) sebagai teacher, atau admin yang dapat melakukan apapun. Walaupun user dengan role course creator dapat menciptakan suatu perkuliaan (course), namun dia tidak dapat memodifikasi perkuliahan yang telah ia ciptakan bila ia tidak mengajar di course tersebut (bukan sebagai teacher).


Karena itu dalam rangka menyiapkan civitas akademika dalam era pembelajaran online, UPT. Komputer menyediakan beberapa pelatihan ICT bagi segenap civitas akademika, salah satunya adalah pelatihan penggunaan e-learning bagi mahasiswa baru yang baru memasuki dunia pendidikan tinggi.


Pembelajaran berbasis e-learning bertujuan memperkenalkan kepada mahasiswa baru model pembelajaran berbasis e-learning yang mungkin dalam pelaksanaan pendidikan kelas menengah belum menerapkan model pembelajaran tersebut. Dalam pelatihan penggunaan model pembelajaran berbasis e-learning, materi-materi yang akan diajarkan diantaranya adalah :
    Cara mengakses e-learning (user name dan password)
    Cara mengganti biodata
    Mengakses content pembelajaran dalam berbagai tipe
    Mengerjakan tugas (upload dan download)
    Mengerjakan kuis
    Ujian secara online
    Forum diskusi dan lain-lain


Penggunaan e-learning dalam proses pembelajaran diharapak sebagai proses alternatif untuk mengatasi masalah kemandirian belajar  mahasiswa karena penggunaan media ini memungkinkan mahasiswa mencari dan mempelajari ilmu pengetahuan yang lebih luas di internet sehingga memunculkan kreativitas mahasiswa dalam mempelajari ilmu pengetahuan.


Mengawali kegiatan pelatihan/pengenalan e-learning bagi mahaiswa baru tahun ajaran 2017/2018, UPT. Komputer memberikan pelatihan Training of Trainer (ToT) bagi tenaga pendidik yang berasal dari prodi-prodi di Undana yang akan bertugas memberikan pelatihan atau pengenalan e-learning bagi mahasiswa baru dari setiap prodi. Kegiatan ToT tersebut dilaksanakan pada hari jumat tanggal 25 Agustus 2017 pukul 09.00 hingga pukul 12.00 bertempat di ruang Lab Komputer. Kegiatan ini di buka oleh Kepala Pusat Pendidikan Pelatihan dan Evaluasi Pembelajaran Dr. Gunadi Tjahyono, M.Si  dengan di damping kepala UPT. Komputer Dr. Kalvein Ratelobo, ST.,MT.  Yang menjadi naras umber dalam kegiatan di maksud adalah Dr, Kalvein Rantelobo, ST., MT dan Ferdinan Anaboeny S.Kom sebagai admin e-learning. Dalam sambutannya Dr. Gunadi mengatakan bahwa penggunaan e-learning di Undana sudah lama dgunakan sebagai salah salam model pembelajaran bagi mahasiswa di Undana dimana versi moodle pertama yang digunakan adalah moodle versi 1.9 yang mana versi moodle 1.9 tidak dapa di update ke versi 3.3.1 sebagai versi terbaru. Karena itu melalui UPT. Komputer telah dikembangkan lagi dengan menggunakan versi moodle 3.3.1.




TEST TOEP DAN TKDA

UPT.Komputer Undana di percaya sebagai salah satu Pusat Layanan Test (PLT)  yang kemudian disebut sebagai PLT11 dari 71 PLT di seluruh Indonesia. UPT.Komputer menjadi PLT11 sejak tahun 2013 hingga saat ini.Tugas pokok dari PLT berdasarkan MoU dengan Pusat Layanan Test  Indonesia (PLTI) untuk menyelenggarakan Test Of English Proficiency (TOEP) dan Test Kemapuan Dasar Akademik (TKDA) bagi kebutuhan Sertifikasi Dosen, beasiswa maupun untuk kebutuhan melanjutkan studi S2 dan S3. Oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri TOEP dan TKDA dapat digunakan sebagai salah satu prasyarat dalam melanjutkan studi di PTN tersebut. Sesuai jadwal, pada bulan Agustus 2017 UPT.Komputer menyelenggarakan sesi test TOEP dan TKDA yang mana pelaksaannya tanggal 7 dan 10 Agustus 2017. Sesi test tersebut diikuti oleh Dosen Yang Disertifikasi (DYS) dari beberapa PTN dan PTS di NTT.


No Nama PT Jumlah Peserta
1 Universitas Nusa Cendana 12 orang
2 Universitas Terbuka 2 orang
3 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti 5 orang
4 STMIK Uyelindo Kupang 5 orang
5 Universitas Flores 2 orang
6 Universitas Nusa Nipa 1 orang
7 Universitas Timor 9 orang
8 Universitas Kristen Artha Wacana 4 orang
9 Universitas Muhammadiyah Kupang 5 orang
10 Universitas Katholik Widya Mandiri Kupang 1 orang



share this article on

FacebookLinkedinTwitter