Inovasi Manajemen Aset

E-mail Print PDF

INOVASI – MANAJEMEN ASET  UNIVERSITAS NUSA CENDANA
Beny J Pandie / KaBAUK

 

Program ini merupakan upaya merubah pola pikir dan sikap civitas akademica Universitas Nusa Cendana (UNDANA) untuk berbagi (sharing of resources) penggunaan sarana-prasarana sebagai milik bersama  (common resources) dalam proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang berorientasi pada pemanfaatan sumberdaya belajar yang efektif dan efisien.
Program ini digagas berawal dari kondisi riil, dimana selama ini pemahaman tentang penggunaan ruang kuliah  serta  prasarana lainnya masih bersifat desentralistik parsial dengan ego fakultas dan prodi. Kondisi ini mengakibatkan belum optimalnya pelayanan pendidikan tinggi yang dilakukan UNDANA.  Padahal UNDANA merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di kawasan NTT yang mempunyai tanggung jawab besar dalam pelayanan pendidikan tinggi di NTT. Beberapa indikator yang bisa dilihat antara lain : jumlah daya tampung yang masih rendah, penggunaan ruang kuliah yang belum maksimal, terdapat waktu senggang dalam aktivitas kampus, dan efek domino lainnya. 
Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, kecenderungan jumlah peminat masuk UNDANA terus bertambah (18.000 orang - 2014) sementara daya tampung hanya berkisar 3.500 – 4.000 orang sedangkan lulusan SMU sederajat di NTT berkisar 80.000 orang per tahun.  Dengan demikian, peranan UNDANA dalam Pelayanan Pendidikan Tinggi di NTT masih rendah.
Lingkup program ini adalah penataan manajemen aset dalam menciptakan sistem pemanfaatan / penggunaan semua sumber daya secara optimal guna meningkatkan  pelayanan pendidikan tinggi.

Selengkapnya silahkan download dari tabel dibawah ini :

 

Filter file list: 
File name Size Last changed  
inovasi manjemen aset.docx 4.77 MB09/05/2016
inovasi manajemen aset.pdf 875 KB09/05/2016
inovasi manajemen aset.jpg 92.7 KB09/05/2016