[google-translator]

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Rektor Undana dan HIPMI Kota Kupang Bahas Peluang Kerja Sama

 

Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc menerima kunjungan jajaran Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Kupang di ruang kerjanya, Senin (25/1/2022) siang. Pertemuan tersebut membahas sejumlah peluang kerja sama yang akan dilakukan kedua belah pihak.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Umum BPD HIPMI Kota Kupang, Yusak Victor Benu, Sekretaris Umum BPD HIPMI Kota Kupang, Hansel A. Liyanto, Wakil Sekretaris 1 BPD HIPMI Kota Kupang, Fadly Afand Djafar, Ketua Bidang Koperasi, UMKM dan Pengembangan Start Up, Fransisco Lopez, Ketua Bidang Agribisnis, Agroindustri dan Kemaritiman, Harry Husin, dan Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan, Samuel Messakh. Hadir pula, Plt. Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Siprianus Suban Garak, M. Sc.

Ketua HIPMI Kota Kupang, Yusak Victor Benu pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas kesediaan Rektor Undana, menerima kunjungan HIPMI Kota Kupang. Ia menyatakan bahwa HIPMI Kota Kupang siap melakukan kerja sama dengan Undana. Saat ini, jelas Yusak, HIPMI Kota Kupang tengah melirik usaha ternak ayam di wilah Sumba Timur hingga Sumba Barat. Pasalnya, menurut dia, usaha ternak ayam pada skala besar belum ada di dua wilayah tersebut.

 

Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc didampingi Plt. Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Sipri S. Garak, M. Sc, berdiskusi dengan Ketua HIPMI Kota Kupang, Yusak Victor Benu dan jajarannya di ruang kerja Rektor Undana, Senin (24/1/2022).

 

Baca Juga: Intensifkan Kerja Sama, PLN UIW NTT Siap Terima Mahasiswa Magang Undana

Karena itu, ia mengajak Undana untuk bisa mengkaji dari berbagai aspek, termasuk aspek visibility study dan lainnya, agar usaha tersebut segera dibuka. Selain itu, ungkap Yusak, HIPMI Kota Kupang juga ingin menyalurkan beasiswa bagi mahasiswa. “Kami juga nanti akan memberi sedikit beasiswa bagi satu atau dua mahasiswa Undana, yang berhak mendapatkan beasiswa melalui kerja sama nantinya,” ujar pengusaha Kapal Garda Maritim itu.

Dalam waktu dekat, ia juga meminta Rektor Undana, agar memberikan kesempatan kepada HIMPI Kota Kupang untuk memberi kuliah umum bagi mahasiswa, terkait dengan marketing, bisnis dan lainnya, sebagai tahap awal kerja sama. Yusak juga menambahkan bahwa jika dimungkinkan HIMPI Kota Kupang juga siap menerima mahasiswa magang melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Undana di beberapa pusat usaha yang dimiliki, terutama di bidang perkapalan dan nautika.

Merespons hal tersebut, Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc menyambut baik peluang kerja sama yang ditawarkan HIMPI Kota Kupang. Ia menjelaskan bahwa Undana sebagai lembaga pendidikan tinggi milik semua orang. Karena itu, pihaknya sangat terbuka dan siap melakukan kerja sama dengan HIMPI Kota Kupang.

Ia menyatakan, dengan kapasitas yang dimiliki, Undana akan menyiapkan sumber daya dosen untuk melakukan penelitian dari aspek visibility study untuk mendukung dibukanya usaha ternak di Sumba Timur maupun Sumba Barat. Melalui program MBKM, pihaknya juga siap mengirim para mahasiswa ke lokasi usaha agar mahasiswa bisa melakukan magang selama 6 (enam bulan).

Melalui magang tersebut, jelas Rektor Undana, mahasiswa akan disetujui untuk mengambil 20 (dua puluh) SKS. Dan, usai magang, tempat usaha, industri atau UMKM  yang menjadi lokasi magang tersebut bisa memberikan sertifikat kepada mahasiswa. Sementara, pihak kampus melalui fakultas bisa memberikan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) kepada mahasiswa saat diwisuda. Rektor Undana pada kesempatan itu juga mengizinkan HIPMI Kota Kupang melakukan kuliah umum di Auditorium Undana, serta mendorong agar kerja sama tersebut segera dilaksanakan. (rfl).

Comments are closed.
Archives