(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

SPI Undana dan PT. Hutama Hanriz Indonesia Teken MoU

Grand Mercure Malang, 18 Desember 2023

Kegiatan Penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Nusa Cendana dan PT. Hutama Hanriz Indonesia bertempat di Grand Mercure Malang, 18 Desember 2023.

Penandatanganan PKS oleh Bapak Ir. Yohanis U. L. Sobang, M,Si., CRA., CRP., CRMP selaku Ketua SPI Undana dan Bapak Dr. Agus R. Alamsyah, MM., MT., MS., MPM., MMC., MQM., MFP., MIFA., CSRS., CSRA., CIMA., CRP., CHRA., CRMP., CFRM., CDMP., CIISA., CBAP., CSBA., CILA., CFA., CIFRS., CRMA., CIPM., CWM., CFP selaku Direktur Utama PT. Hutama Hanriz Indonesia. Turut hadir menyaksikan Koordinator Divisi PBJ dan BMN SPI Undana (Ibu Dr. Chaterina A. Paulus, S.Pi., M.Si., CRA., CRP., CRMP) dan Direktur Akademik PT. Hutama Hanriz Indonesia (Ibu Khusnul Chotimah, M.Ak., BKP., CMA., CRA., CRP., CHRA., CRMP., CFRM., CDMP., CSBA., CRMA).

Penandatanganan PKS oleh Bapak Ir. Yohanis U. L. Sobang, M,Si., CRA., CRP., CRMP selaku Ketua SPI Undana dan Bapak Dr. Agus R. Alamsyah, MM., MT., MS., MPM., MMC., MQM., MFP., MIFA., CSRS., CSRA., CIMA., CRP., CHRA., CRMP., CFRM., CDMP., CIISA., CBAP., CSBA., CILA., CFA., CIFRS., CRMA., CIPM., CWM., CFP selaku Direktur Utama PT. Hutama Hanriz Indonesia.

Ketua SPI Undana menjabarkan bahwa dasar pelaksanaan kerja sama sesuai dengan tuntutan Permendikbud 66 Tahun 2015 yang merupakan implementasi dari ISO 31000: 2018 dan PP 60 Tahun 2018 yang mengadopsi dari COSO, dimana manajemen risiko merupakan kewajiban untuk diterapkan dalam setiap tata kelola organisasi dalam mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran organisasi.

Pentingnya implementasi manajemen risiko di lingkungan Undana adalah (1) mendukung peningkatan level maturitas penyelenggaraan SPIP sesuai dengan Peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah; (2) dalam rangka mempersiapkan Undana ke PTN Berbadan Hukum; serta (3) menjawab capaian IKU 4 yakni persentase dosen yang memiliki sertifikat kompetensi/profesi.

Penetapan mitra PT. Hutama Hanriz Indonesia didasarkan pada pengalaman telah dipercaya oleh banyak Instansi terdiri dari PTN, PTS, BUMN, Perusahaan, Pemerintahan dan Swasta sebagai Lembaga yang bergerak di bidang Training, Sertifikasi Internasional dan Nasional serta Konsultan.

Dengan adanya penandatanganan PKS ini, Undana dapat memanfaatkan kerja sama ini untuk meningkatkan pemahaman bagi seluruh unit terhadap penerapan manajemen risiko pada setiap aktivitas tata kelola serta memberikan kesempatan bagi SDM unit (dosen/tendik/mahasiswa) untuk mengikuti program pelatihan dan sertifikasi nasional/internasional sesuai kompetensi dan keahlian mitra.

Ketua SPI menghimbau agar di tahun 2024 setiap unit dalam menyusun anggaran agar mempertimbangkan program sertifikasi manajemen risiko dan mengalokasi SDM unit untuk mengikuti pelatihan manajemen risiko madya (Certified Risk Associate) dan/atau manajemen risiko utama (Certified Risk Professional) untuk mendukung percepatan capaian IKU 4.

Pada kesempatan yang sama, Direktur utama PT. Hutama Hanriz Indonesia menyambut baik kerja sama ini dan berharap Undana menjadi pioneer implementasi manajemen risiko di wilayah Nusa Tenggara Timur untuk menjawab tantangan pengembangan Undana menuju PTN BH. (Cp)

Comments are closed.
Arsip