(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Satgas PPKS-DWP Undana, Cegah Kekerasan Seksual Melalui Lomba Konten Kreatif

KUPANG – Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) melibatkan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Nusa Cendana (Undana) untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual di perguruan tinggi (PT).

Salah satu bentuk keterlibatan DWP Undanaa dalam pencegahan kekerasan seksual direalisasikan melalui lomba konten kreatif bagi mahasiswa dengan mengusung tema “Pencegahan Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus”.

Pengumuman juara lomba berlangsung di Sekretariat DWP Undana dan disiarkan melalui live Instagram pada akun DWP Undana, Sabtu 16 Maret 2024.

Ketua panitia lomba, Maria Reny menyampaikan, kegiatan lomba konten kreatif itu merupakan salah satu program DWP Undana di bidang pendidikan yang bekerja sama dengan Satgas PPKS Undana.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan kampus bebas kekerasan seksual, dimana pencegahan kekerasan seksual di kampus sangat penting dalam menciptakan lingkungan kampus yang aman, menyenangkan dan bebas dari kekerasan,” jelasnya.

Reny menyebut, perlombaan konten kreatif itu terbagi dua yaitu perlombaan poster yang telah diumumkan dan perlombaan video yang pengumumannya akan dilakukan pada tanggal 2 Mei tepat pada hari Pendidikan Nasional.

Untuk pendaftaran poster oleh peserta, kata Reny telah dilakukan pada tanggal 6-25 Februari 2024 lalu. Yang mana, lomba poster itu diikuti oleh 115 peserta.

“Jumlah ini melebihi dari target yang telah ditentukan. Kami melihat antusias yang besar dari mahasiswa undana yang ingin mengikuti lomba,” ungkapnya.

Dikatakan Reny, pada tanggal 24 Februari 2024 telah dilakukan Technical Meeting bersama dengan para peserta untuk menjelaskan secara teknis tentang aturan dan ketentuan dalam perlombaan tersebut.

Untuk juri, lanjutnya, terdiri dari Ketua DWP Undana Ketua Satgas PPKS Undana,  dan Dosen Komunikasi Undana.

“Untuk perlombaan ini telah dipersiapkan hadiah, total sebeasr 9 Juta rupiah,” sebutnya.

Menurut dia, pemanfaatan teknologi dalam pembuatan poster yang menarik dan kreatif menjadi media tepat untuk melakukan diseminasi informasi terkait pencegahan kekerasan seksual.

“Kami berharap mahasiswa bisa menjadi duta-duta untuk mengkampanyekan pencegahan kekerasan seksual. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu untuk terselenggaranya perlombaan konten kreatif ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DWP Undana, drh. Hembang Murni Pancasilawati Sanam menyampaikan terima kasih kepada semua peserta yang berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Dia menyebut, sesuai pesan dan visi rektor bahwa mahasiswa yang lulus dari Undana tidak hanya lulus dengan IPK yng tinggi, lulua tepat waktu atau pun cepat dapat kerja, namun lulusan Undana harus sehat dan bahagia.

“Sehat tidak hanya jasmani dan rohani, tetapi juga di lingkungan dan kehidupan sosial,” sebutnya.


Dikatakan, kekerasan seksual menjadi salah satu dosa besar penyelenggaraan di perguruan tinggi, di samping perundungan dan intoleransi.

“Salah satu pastisipasi kami dari DWP Undana adalah penyelenggaraan lomba konten kreatif baik poster maupun video dengan tema “Pencegahan Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus”,” ungkapnya.

Dalam momen itu, Drh. Hembang membaca hasil lomba yang telah dinilak oleh tiga dewan juri.

Juara pertama, Heny Nurjanah, juara kedua, Deni Karsono dan juara ketiga, Martina Laore.

“Selamat bagi para pemenang. Semoga kemenangan ini tidak menjadi puas, tetapi menjadi batu loncatan untuk berkreasi lebih baik ke depannya. Anda menjadi pioner atau agen off change bagi penanganan kekerasan seksual di kampus,” ucapnya.

“Bagi yang belum beruntung, jangan berkecil hati, masih ada kesempatan lainnya,” tambahnya. (Pos Kupang/Humas Undana)

Comments are closed.
Arsip