(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Undana Kembali Dipercaya sebagai Pelaksana PMM IV

KUPANG – Setelah sebelumnya tidak menerima pertukaran mahasiswa di dalam kampus (Inbound), tahun 2023. Tahun ini, Universitas Nusa Cendana (Undana) kembali dipercaya sebagai pelaksana kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4 – Inbound maupun Outbound.

Acara penerimaan mahasiswa – Inbound dan pelepasan mahasiswa – Outbound dilakukan di Ruang Teater dan Aula Rektorat Undana, Selasa 16 Januari 2024.

Penerimaan dan pelepasan mahasiswa dilakukan oleh Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik, Prof. Dr. drh. Annytha Ina Rohi Detha, M.Si, WR II Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Paul G. Tamelan, M.Si, WR IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M. Eng, Kepala Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Dr. Jacobus M. Ratu, M.Kes, Sekretaris LPPPM, Christien C. Foenay, ST. SE., M.Si dan PIC PMM Undana, Dr. Rolland E. Fanggidae, S.Si., MM.

Sebanyak 284 mahasiswa inbound dari berbagai kampus di Indonesia akan menjalankan perkuliahan selama 1 semester di Undana mulai 17 Januari hingga 31 Mei 2024. Mereka Tersebar di 45 Prodi S1. Sedangkan 202 mahasiswa Undana akan melakukan pertukaran di berbagai kampus di luar (outbound) yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Dalam pertukaran ini mahasiswa akan melakukan perkuliahan secara reguler dan ada Mata kuliah Modul Nusantara yang menjadi mata kuliah penciri, dimana mahasiswa akan belajar tentang keanekaragaman budaya NTT, toleransi dan  eksplorasi kekayaan alam NTT.

“Jika di lihat dari Jumlah inbound PMM 2 pada tahun 2022 maka ada peningkatan jumlah dari 234 pada PMM 2 menjadi 284 di PMM 4, ini menunjukkan ada minat yang besar mahasiswa PMM untuk mengikuti perkuliahan di Undana,” jelas PIC PMM, Dr. Rolland Fanggidae.

Lebih lanjut, katanya, minat besar mahasiswa tersebut ditunjukkan dengan banyaknya mahasiswa yang mendaftar dan menjadikan Undana sebagai kampus pilihan mereka, karena mahasiswa diberi kesempatan memilih, sehingga mereka memilih Undana.

Sementara itu, WR I Prof. Annytha Detha dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para mahasiswa dan dosen. Ia juga menyampaikan selamat datang bagi mahasiswa Inbound dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang ingin belajar bersama di NTT, khususnya di Undana.

Ia menjelaskan, Undana dengan Pola ilmiah Pokok (PIP) lahan kering kepulauan memberikan warna berbeda dalam proses pembelajaran. Selain itu, keanekaragaman budaya, toleransi dan kekayaan alam menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa, sehingga patut untuk dipelajari.

Ia berharap, mahasiswa yang masuk ke Undana dapat mengikuti berbagai perkuliahan dengan baik, terutama dalam kegiatan-kegiatan modul. Mereka pun dapat menikmati Kota Kasih dengan bahagia. Sementara bagi mahasiswa Undana yang keluar, diharapkan dapat menimba ilmu lebih di kampus tujuan, mengingat kampus-kampus tujuan merupakan kampus-kampus terbaik di Indonesia. (fgde/rfl)

Comments are closed.
Arsip