logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

08:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

logo

(0380) 881082

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

08:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Riset Dalam Bidang Lahan Kering Kepulauan

Bangun Kerjasama Layani Masyarakat

  • 10 Mahasiswa Soochow University Taiwan Kunjungi Undana

Dalam rangka membangun kerjasama dalam melayani masyarakat, sepuluh mahasiswa yang tergabung dalam “The International West Timor Volunteering Team” atau Tim Relawan Internasional Timor Barat dari Universitas Soochow Taiwan melakukan kunjungan ke Universitas Nusa Cendana (Undana). Mereka didampingi Ketua Tim yang juga Dosen Bahasa Inggris, Tina Shen. Hal ini disampaikan Staff Kantor Hubungan Internasional Undana, Stephanie Dando Lawalu, S.Sos., MPP di ruang kerja lantai tiga Undana Penfui,  Selasa (6/2).

Dikatakan, ke-10 mahasiswa tersebut melakukan proyek kerjasama dengan mahasiswa Undana di Kelurahan Oesapa dan Lasiana selam dua minggu, yakni seminggu di Bulan Januari dan Agustus nanti. Tiga kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan, yaitu: Pertama, melakukan pemeriksaan kesehatan untuk anak-anak panti asuhan di Oesapa setiap setengah tahun, bekerja sama dengan departemen medis, melakukan pemeriksaan kesehatan bersama mahasiswa dan profesor, memberikan pengobatan gratis dan suplemen perawatan kulit untuk anak-anak panti asuhan. Kedua, mengajar masyarakat desa untuk membuat produk perikanan agar dapat dijual di Pasar, belajar dan mendapat pelatihan dari mahasiswa Undana agar bisa bekerjasama.

Ketiga, melakukan proyek mengajar Bahasa Inggris di sekolah dasar yang ada di Oesapa dan Lasiana dengan Mahasiswa Indonesia Timur Relasi Asing (MITRA), mengikuti proyek saat berada di Kupang. “Mereka akan melakukan diskusi dengan MITRA tentang materi pengajaran untuk jangka waktu yang panjang dan berharap memulai kelas Bahasa Inggris dari kelas tiga untuk mendorong peningkatan kompetisi siswa dalam penguasaan Bahasa Inggris,” katanya.

Adapun pelayanan yang telah dilakukan di bulan Januari adalah melakukan sosialisasi kepada anak-anak yatim piatu tentang pentingnya kesehatan dan pendampingan lainnya. “Mememenuhi kebutuhan pemerintah mereka juga telah membuat beberapa tempat sampah dan mengecatnya dan berharap aga masyarakat dapat membuang sampah di tempat sampah,” tuturnya. Selain itu, melakukan pertukaran ide dengan para guru. Dengan begitu, para mahasiswa dapat mengetahui kebutuhan siswa.

Tak hanya itu, Stephanie juga mengatakan, para mahasiswa juga telah mempercantik lingkungan dan menyampaikan beberapa konsep lingkungan, mengajarkan cara membuat sapu tangan kepada masyarakat. “Pertama-tama mereka telah pergi ke Gereja Lasiana untuk memberitahu apa yang akan dilakukan dan melakukan komunikasi dengan masyarakat,” tuturnnya. Ia mengaku, para mahasiswa Soochow University berharap agar mahasiswa Undana yang lain pun dapat berpartisipasi  dalam program pelayanan tahun 2018 sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kelurahan Lasiana, Oesapa dan sekitarnya. [rfl/ds]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *