(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Nusa Cendana

Alumni Curtin University Australia Terima Penghargaan Award

Pekan lalu, Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Ir. Fredrik L.Benu,M.Si.,Ph.D berkunjung ke Perth Australia ditemani Wakil Rektor IV, Ir. I Wayan Mudita,M.Sc.,Ph.D. Prof. Fred Benu diundang untuk menerima penghargaan sebagai alumni terbaik dalam bidang Science and Engineering 2019. Prof. Fred Benu merupakan alumni  dari almamater Curtin University dan the University of Western Australia.

Seperti yang dilansir news.curtin.edu.au, dari 13 orang alumni Curtin University terkemuka di Australia, salah satunya adalah Profesor Fred Benu, Guru Besar di Bidang Ekonomi Pertanian  Fakultas Pertanian Undana yang telah mendedikasikan kariernya untuk mengembangkan teknologi di bidang Science and Engineering tahun 2019 yang dibutuhkan oleh masyarakat NTT.

Penghargaan tersebut dibserikan sebagai bentuk pengakuan lulusan  yang telah menunjukkan prestasi luar biasa dan juga standar keunggulan yang luar biasa dibidangnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor Curtin University, Profesor Deborah Terry memberikan apresiasi khusus kepada semua penerima penghargaan award atas prestasi luar biasa dan kontribusi signifikan mereka kepada masyarakat dimana alumni Curtin mengabdi.  “Saya mengakui bahwa penghargaan prestasi alumni yang terbaik dari lulusan Curtin, telah memperkaya kehidupan orang lain melalui dedikasi mereka untuk membuat masa depan yang lebih baik bagi masyarakat lokal, nasional dan global,” katanya.

Ia menuturkan, setiap pemenang tahun ini memiliki dampak positif, secara langsung, dan keberhasilan mereka benar-benar membawa inpirasional. Kepada Prof. Fred Benu, kami menyampaikan terima kasih atas kontribusinya pada Pendidikan orang Indonesia yang ada di Provinsi  Nusa Tenggara Timur (NTT). “Prof. Fred Benu tidak hanya berperan penting dalam mendorong lebih banyak orang Indonesia di Provinsi NTT, tetapi lebih dari itu telah banyak berperan kepada masyarakat NTT untuk terus mendorong perbaikan kualitas Pendidikan tinggi, baik lokal, regional, nasional dan internasional. Anda telah banyak berkontribusi dalam proyek-proyek pertanian untuk memperbaiki hasil petani di NTT dan juga di Indonesia.  Jadi Prof. Fred Benu telah berkontribusi pada perekonomian di Provinsi NTT sebagai konsultan untuk Badan Perencanaan Pembangunan Daerah di NTT sejak tahun 2002,” ungkap Prof. Terry.

Dalam akun Youtube Curtin University yang diunggah tanggal 13 November lalu, Prof. Fred menjelaskan secara singkat perjalanan karirnya. “Saya lulus dari Curtin University pada tahun 2013. Pada tahun 2005 saya ditunjuk sebagai ketua lembaga penelitian di Universitas Nusa Cendana. Karier saya tidak hanya di lembaga pendidikan. Saya ditunjuk sebagai komisaris bank pembangunan daerah. Jadi saya menggunakan pengetahuan saya untuk membantu usaha kecil dan menengah di sektor pertanian untuk membantu mereka, memberi mereka skema kredit khusus juga dan membantu mereka menggunakan kredit untuk meningkatkan kesejahteraan mereka juga. Dan itu cukup berhasil,” paparnya. Sejak 2013, ia terpilih sebagai Rektor Undana. Tetapi tantangan utamanya adalah bagaimana menggunakan pengetahuan untuk membantu masyarakat dan juga memecahkan masalah mereka. “Jadi itulah peran saya. Peran utama bagi saya adalah bagaimana membantu orang-orang,” tutupnya. [ds]

Comments are closed.