(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Nusa Cendana

Bekerja Secara Daring dari Rumah, Undana Lakukan Percobaan Teleconference

Untuk mengantisipasi dampak penyebaran corona virus disease (covid) -19 yang kian meluas, Universitas Nusa Cendana (Undana) berupaya mengikuti edaran yang dikeluarkan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan, KemenPAN-RB, maupun Kementeraian Pendidikan dan Kebudayaan soal work from home (bekerja dari rumah). Untuk itu, Undana berupaya mengembangkan sistem kerja secara daring yang ditandai dengan percobaan teleconference.

Demikian sari pendapat Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si., Ph. D yang disampaikan dalam rapat terbatas pimpinan Undana di Aula Rektorat Undana, Senin (23/3/2020).

Ia mengaku, jika teleconference yang disiapkan dengan baik oleh tim IT Undana, maka dalam pekan ke empat bulan Maret ini, pimpinan Undana bisa melakukan rapat secara daring dan bekerja dari rumah. Untuk itu, ia meminta tim IT Undana agar segera melakukan percobaan sistim kerja di setiap unit secara online dalam waktu dekat. Jika hal itu sudah dilakukan, maka seluruh pegawai maupun dosen yang masih bekerja di kampus sudah bisa bekerja dari rumah. Ia katakan, tujuan berkerja dari rumah sendiri dilakukan guna menjamin kerumunan massa atau kontak dengan orang lain (social distancing).

Rektor juga mengimbau, semua aktivitas di rektorat dalam waktu dekat akan bekerja secara daring. Untuk Bagian Keuangan, ia meminta agar proses pencairan uang sedapat mungkin bisa dilakukan dengan baik.

Kasubag Umum dan Perlengkapan FKIP Undana, Yosua A. Sir, S. T., M.Cs dalam penjelasannya mengaku, pihaknya menggunakan aplikasi yang bisa didownload di plays store. Aplikasi tersebut adalah zoom (meeting conference). Pada kesempatan itu, ia meminta seluruh jajaran pimpinan  Undana yang hadir guna mendownload aplikasi tersebut. Usai aplikasi terdownload, ia meminta para pimpinan masuk dengan klik join dalam aplikasi tersebut dengan email pribadi. Setelah itu, aplikasi itu secara otomatis terhubung dengan orang yang mengadakan meeting. Bagi orang yang mengadakan meeting, sebelumnya akan mengundang orang yang hendak diajak meeting dengan mengirim nomor ID. Setiap kali meeting dilakukan maka nomor ID akan berubah-ubah.

Kasubag Sistem Informasi dan Perencanaan BAAKPSI Undana, Agus H. H. Soepranoto, S. Kom., M.Si dalam penjelasannya mengaku, ada dua fasilitas untuk meeting online melalui teleconference, yakni ada layanan untuk lakukan meeting online, yakni infokom Undana untuk bisa melihat aktifitas di setiap unit di Undana. “Di sini pimpinan bisa masuk ke semua grup untuk melihat aktivitas di setiap unit. Misalnya pegawai aktif mulai dari jam berapa. Jadi bisa lihat riwayat di dalam aplikasi,” ujarnya. Kedua adalah aplikasi web form. Kontennya sederhana. “Kebetulan Pak Presiden gunakan aplikasi ini, maka kita coba di luar website agar tidak mengganggu keadaan teknis di website Undana,” ungkapnya.

Misalnya, jika pimpinan hendak melakukan rapat internal, maka membuthkan alamat email terlebih dahulu. Setelah mendaftar dengan email, maka para pimpinan bisa lakukan meeting internal, sesuai dengan Undangan yang dipilih.

Selain itu, ada aplikasi “Slack” yang bisa didownload dari play store. Setelah didownload, maka para pimpinan pendaftaran dengan alamat email aktif. Setelah berhasil masuk, maka warna hijau menunjukkan sesorang sedang aktif. Jika warnanya hitam berarti sedang tidak aktif atau keluar.

Soal finger print, kata dia, jika semua unit sudah memiliki salah satu menu di dalam aplikasi website Undana, maka akan memudahkan absen para pegawai atau dosen. Misalnya, jika pegawai masuk dalam sebsite Undana, artinya ia sudah hadir dan sedang bekerja. [rfl/ds].

Comments are closed.