(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

BI NTT Sosialisasi CBP Rupiah-Pelantikan Pengurus GenBI Undana


Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan kegiatan dengan tema “BI Goes to Undana”, Rabu (4/10/2022) di Gedung Graha Cendana, Universitas Nusa Cendana (Undana).


Kehadiran perwakilan BI NTT di Undana untuk melaksanakan sejumlah kegiatan yang dimulai dari sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, Edukasi Quick Response code Indonesian Standard (QRIS), Kickoff Beasiswa Bank Indonesia tahap II hingga Pelantikan Pengurus Generasi
Baru Indonesia (GenBI).


Dihadapan sekitar 4000-an mahasiswa Undana, Rektor Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc didaulat melantik pengurus GenBI NTT Komisariat Undana periode 2022-2023. Dalam sambutannya, Rektor Undana, Dr. Maxs mengatakan kehadiran salah satu mitra Undana, yakni BI semakin menguatkan komitmen kerja sama Undana-BI. Ia menjelaskan, sejumlah kegiatan yang dilaksanakan BI sangat memberi manfaat besar bagi mahasiswa Undana.


“Banyak waktu yang telah digunakan mahasiswa untuk mempelajari halhal teoritis. Kesempatan ini harus digunakan untuk pengayaan hal-hal praktis, sehingga pemahaman teoritis kita di-inline-kan dengan hal-hal riil di dunia kerja dan industri. Jika tidak, maka pengetahuan kita bisa saja menjadi tidak inline dengan dunia kerja dan industri,” tandas Rektor.


Pada kesempatan itu, Rektor menyampaikan terima kasih atas program BI Goes to Undana. “Tuntutan revolusi industry 4.0 saat ini, digitaliasi menjadi hal penting, terutama dalam dunia Pendidikan, juga perbankan,” sebut Dr. Maxs. Salah satu tuntutan dalam dunia Pendidikan adalah pembelajaran dilakukan secara online, dan sewaktu-waktu dilaksanakans secara hybrid atau online dan offline.

“Tentunya dunia perbankan juga sama. Misalnya dalam hal transaksi hanya dengan menggunakan QRIS dalam mobile banking, ini sebuah tuntutan perkembangan digital,”ungkapnya.


Karena itu, ia menyampaikan kepada mahasiswa agar mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Khusus kepada GenBI Undana, Rektor meminta agar menjadi frontliner, agen yang selalu menjadi juru bicara bagi program-program atau kegiatan BI yang dilakukan kepada masyarakat. Selain itu, harap Rektor, para mahasiswa bisa menjadi agent of change (agen perubahan). Sebab, melalui kegiatan tersebut, para mahasiswa dilatih untuk memiliki softskill.

Menurut Rektor, apa yang dilakukan BI sesuai dengan tema HUT ke-60 “Undana Berdampak”. ‘Kita tidak sekadar belajar meneliti dan menjadi Menara gading, tetapi kita harus keluar. Sebab, belajar tidak hanya di ruang kelas, laboratorium, dan di perpustakaan, tetapi belajar juga bisa dilakukan di dunia kerja, industri, bahkan di desa dan di tengah masyaraka,” tandasnya.

“Terima kasih kepada BI yang telah melaksanakan kegiatan ini, dan kepada mahasiswa untuk mengikuti BI SMART Goes to Undana ini dengan baik,” pungkas Rektor.


Rektor pada kesempatan itu, ikut memuji apa yang dilakukan BI. Pasalnya, apa yang dilakukan BI tidak sekadar memberi beasiswa, tetapi langsung memberi literasi finansial kepada mahasiswa melalui kegiatan BI Goes to Undana.


Sementara itu, Plt. Kantor Perwakilan BI NTT, Agus Sistyo Widjajati mengaku sanagat senang berada di hadapan ribuan mahasiswa Undana untuk melakukan kegiatan BI SMART Goes to Undana. Ia menjelaskan, kehadiran BI ke Undana untuk memberi semangat, membekali mahasiswa dengan soft skill, dan pengembangan kapasitas, yang melibatkan GenBI Undana. “Kehadiran kami juga ikut membekali mahasiswa dengan soft skill, pengembangan karakter dan kapasitas, serta mental yang baik agar adikadik siap masuk dalam dunia kerja,”tandasnya.


Ia menyebut, di NTT, hanya 2 (dua) universitas yang dipilih BI untuk menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa, yakni Undana dan Universitas Nusa Nipa Maumere. Tujuannya agar, para mahasiswa yang tergabung dalam GenBI mampu menjadi generasi unggul dan berdaya saing. “Sasaran kami anak muda, karena anak muda akan mendominasi bonus demografi Indonesia. Dengan anak muda Indonesia akan pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” pungkasnya. (rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Koleksi
Tags

Your browser doesn't support the HTML5 CANVAS tag.

Translate »