(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Nusa Cendana

Cegah Covid-19, Undana Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Guna mengantisipasi dan mencegah Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang kian mewabah di dunia, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Nusa Cendana (Undana) melakukan penyemprotan disinfektan di Gedung Rektorat lantai satu dan tiga Undana Penfui, Kamis (19/3/2020). Menurut rencana, semua gedung di Undana yang digunakan oleh mahasiswa, dosen maupun tenaga kependidikan akan dilakukan penyemprotan disinfektan dalam waktu dekat. Kegiatan penyemprotan disinfektan tersebut dipantau langsung Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si., Ph. D didampingi para pimpinan Undana lainnya dan tenaga kependidikan di dua biro di lingkungan Unana.

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM, Dr. Apris Adu, S.Pt., M.Si usai penyemprotan disinfektan tersebut menyatakan, FKM Undana merupakan fakultas yang bergerak dibidang promotif dan prefentif di bidang kesehatan. Sehingga untuk mengantisipasi masalah Covid-19, maka dilakukan tindakan antisipasi dan pencegahan dengan melakukaun disinfektan mulai dari Undana. Meski saat ini bahan disinfektan sulit ditemui dipasaran, namun pihaknya melakukan koordinasi dengan Fakultas Kedoktaran maupun Fakultas Kedokteran Hewan guna memodifikasi bahan-bahan dasar disinfektan.

“Dengan kelangkaan bahan-bahan disnifektan di pasaran, kita modifikasi dengan berbagai bahan. Kami mendapat masukan dari stakeholders untuk disinfektan. Dan kali ini kami mulau mencoba disinfektan pada Gedung Rektorat,” ujarnya. Ia menambahkan, pada prinsipnya pihaknya berupaya mengurangi jumlah bakteri atau virus yang saat ini telah ditetapkan sebagai epidemi itu.

Menurutnya, upaya pembatasan yang dilakukan terhadap manusia itu sangat penting, tetapi jauh lebih penting adalah melakukan upaya preventif. Untuk melakukan penyemprotan di seluruh fakultas, Dekan FKM mengaku, para Dekan di Undana telah meminta pihaknya untuk melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh Undana.

Ditanya soal stok bahan disinfektan, Apris menjelaskan, saat ini jumlahnya cukup untuk gedung-gedung di Undana. Ia juga mengimbau kepada civitas akademika Undana agar mengikuti arahan secara nasional terkait dengan pencegahan covid-19. Beberapa tindakan itu diantaranya adalah, pembatasan orang dengan orang, jaga imunitas diri, perlu menjaga higen perseorangan dan membatasi diri terhadap kontak dengan orang lain. “Lebih baik kita di rumah. Saya bersyukur dengan Pak Rektor yang telah mengambil kebijakan e-lerarning atau belajar dengan sistem daring. Ini merupakan upaya membatasi penyebaran Covid-19,” ujarnya. [rfl/ds]

Comments are closed.