(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Dukung Sarpras FKKH, Komisi V DPRD NTT Kunjungi Undana

 

Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan kunjungan ke Universitas Nusa Cendana (Undana). Kunjungan tersebut diterima Rektor, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. drh. Anytha Detha, M.Si, WR II Bidang Umum dan Keuangan, Ir. Jalaludin, M.Si, WR III, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, dan WR IV Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng di Aula Rektorat, Selasa (19/7/2022) pagi.

Hadir pada kesempatan itu, Direktur Pascasarjana, Prof. Drs. Felix Tans, M.Ed., Ph. D, para dekan dan wakil dekan di lingkungan Undana, serta pimpinan lembaga di Undana.

Ketua Komisi V DPRD NTT, Yunus Takandewa, S.Pd mengatakan kehadiran anggota Komisi V sebagai bentuk tanggung jawab moril untuk melihat kondisi Undana, sebagai Perguruan Tinggi terkemuka di NTT. Ia menganggap pertemuan tersebut penting, karena Undana menjadi salah satu PT, yang diminati dan menjadi favorit masyarakat NTT, di samping PT lainnya di NTT. “Memang sejak awal, kami sudah mendukung Undana dengan anggaran sekitar Rp 7 miliar untuk pembangunan Gedung Student Center,” ujarnya.

 

Rektor Undana, Dr. Maxs U. E. Sanam, Dekan FKKH, Dr. dr. Christina Olly Lada bersama Komisi V DPRD NTT ketika memantau kondisi gedung dan laboratorium FKKH Undana, Selasa (19/7/2022) pagi.

 

Karena itu, dukungan Komisi V DPRD NTT terhadap sarana dan prasarana (sarpras) perlu dilakukan. Dan, salah satu fakultas di Undana yang perlu menjadi perhatian adalah Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan. Sebab, saat ini fakultas tersebut menjadi favorit bagi para calon mahasiswa baru setiap tahunnya. Karena itu, ungkap Yunus, untuk menyediakan dokter maupun dokter spesialis yang berkualitas, maka harus didukung dengan penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai. “Kami juga melihat langsung bagaimana kondisi FKKH seperti apa, ini kan dua fakultas yang digabung, sehingga konsep one health di Undana, sangat kami apresiasi,” ujarnya.

Ketua Komis V DPRD NTT berharap kemitraan Undana dengan DPRD NTT bisa terbangun dengan baik, termasuk dukungan politik, bagaimana mempermudah proses guru besar. “Semoga kemitraan ini bagian dari motivasi kepada pemerintah pusat bahwa Indonesia bagian timur juga memiliki para intelektual hebat yang tersebar di NTT, bahkan Indonesia,” ujarnya.

 

Rektor Undana, Dr. Maxs U. E. Sanam ketika diwawancarai awak media usai pertemuan dengan pimpinan dan anggota Komisi V DPRD NTT di Aula Rektorat,   Selasa (19/7/2022) pagi.

 

Pihaknya menyadari bahwa, meskipun Undana sebagai lembaga vertikal yang langsung berhubungan dengan kementerian, namun kehadiran komisi V DPRD NTT untuk mendukung upaya Undana untuk mencetak dokter dan dokter spesialis baik secara kualitas maupun kuantitas di NTT. “Karena fakta menunjukkan bahwa banyak puskesmas di NTT, yang masih kekurangan tenaga dokter,” pungkas putra asli Sumba Timur itu.

Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc menambahkan bahwa kehadiran DPRD NTT, sebagai bentuk kepedulian legislatif terhadap dunia pendidikan, terutama pendidikan dokter. Sebab, saat ini persoalan munculnya berbagai penyakit, termasuk stunting di NTT masih menjadi persoalan tersendiri yang dihadapi pemerintah maupun lembaga pendidikan. Karena itu, dengan kehadiran anggota DPRD NTT sangat penting untuk mendukung ketersediaan sarana prasarana di FKKH, terutama Gedung kuliah dan laboratorium. Dengan perbaikan sarana prasarana, Rektor menyebut penambahan kuota mahasiswa pada FKKH juga bisa dilakukan.

 

“Kami berhadap kehadiran anggota DPRD NTT bisa memperjuangkan kondisi Undana ke Pemprov NTT maupun pemerintah pusat, agar FKKH bisa mendapat bantuan pembangunan Gedung kuliah maupun laboratorium,” pungkas Dr. Maxs. Untuk diketahui FKKH Undana berencana menambah sejumlah Prodi, diantaranya spesialis dokter, dokter gigi dan lainnya. (rfl)

 

Tim Humas, Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Humas,

Contact Person (CP): 0813 4331 7070

Kunjungi Media Sosial Undana

YouTube: Official Universitas Nusa Cendana: https://www.youtube.com/channel/UCtB1iZTSBH9etwVDCeeD2yw

Facebook: Universitas Nusa Cendana: https://web.facebook.com/nusacendana1962

Instagram: universitas.nusa.cendana https://www.instagram.com/universitas.nusa.cendana/

 

Comments are closed.
Translate »