(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Peserta Latihan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Harus Ada Peningkatan

KUPANG – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc selaku inspektur upacara dalam acara Upacara Pembukaan Pendidikan dan Latihan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Mahadana Batalyon 961 Rajawali Hitam Universitas Nusa Cendana TA 2024 yang dilaksanakan pada Senin, 8 Juli 2024 di Gedung Aula Rektorat Undana meningkatkan kepada para resimen mahasiswa Undana yang baru untuk terus meningkatkan kompetensi diri, baik secara fisik, mental, sosial, dan spitual.

”Harapan kita adalah setelah latihan, masing-masing peserta harus merasakan dan mengukur bahwa ada peningkatan setelah mengikuti pelatihan. Peningkatan tidak hanya secara fisik, tetapi juga spiritual, sosial, dan lain sebagainya yang mencakup pelatihan ini”, ungkap Dr. Sipri.

Tujuan dari pelatihan dasar militer resimen mahasiswa ini adalah untuk memperkuat potensi sosial, spiritual, menral, fisik, dan intelektual. Selain itu, untuk mempersiapkan diri agar menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat. Kegiatan ini juga dapat memupuk sifat mandiri, disiplin, serta tanggung jawab dan bela negara. Harapannya, kualitas anggota resmimen mahasiswa dapat meningkat dan mampu bersaing untuk mendukung tercapainya tujuan dari organisasi resmimen mahasiswa sendiri, serta menciptakan insan bela negara yang cerdas, berkarakter, humanis, dan berdampak.

Peserta calon siswa menwa yang hari ini akan diberikan pelatihan dan pendidikan dasar ini berjumlah 21 orang yang terdiri dari 10 orang calon siswa menwa putra dan 11 orang calon siswa menwa putri.

Adapun materi pendidikan yang akan diberikan adalah sebanyak 28 materi, yang terdiri dari Wawasan Perguruan Tinggi, Materi Kemenwaan, Pendidikan Karakter, Bahaya Laten Komunis, Penanggulangan Terorisme, Pengetahuan Alkom/Akhub, Baris-Berbaris, TUM, dan PUDD, Pertahanan Udara, Peraturan Disiplin Militer, Cara Memberi Instruksi (CMI), Protokoler, Wawasan Kebangsaan, Dasar-Dasar Teknik Tempur (NIK. ORG & NIK. POK), Bela Diri Militer (BDM), Pertolongan Pertama pada Kecelakaan, Pengenalan dan Bongkar Pasang Senjata Ringan, Operasi High Angel Rencue Tecnique (HART), Menembak, Pengetahuan GPS, Sanjak, Pionir, Dapur Umum, Pengenalan dan Penggunaan Perahu Karet, Sejarah Menwa, Peta dan Kompas Siang, PBB Bersenjata, Senam Militer, Kompas Malam, dan Anjangsana.

Hadir pada kesempatan tersebut jajaran pimpinan TNI/Polri, Komandan Resimen Mahasiswa Magang NTT, Sekretaris IARMI NTT, Ketua Mapala Undana, Ketua Laskar Sehat Undana, Komandan 963 Panca Sakti Politani, Anggota Pramuka serta para tamu undangan lainnya.

Comments are closed.
Archives