(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Urgensi Belajar Mandiri bagi Mahasiswa Pascasarjana Undana

KUPANG – Universitas Nusa Cendana (Undana) menggelar acara penerimaan mahasiswa baru Program Doktor, Magister dan Profesi Semester Genap Tahun 2024 serta Sosialisasi Layanan dan Sistem Akademik di Aula Rektorat Undana, Jumat 16 Februari 2024.

Penerimaan dilakukan oleh Rektor, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc, Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik, Prof. Dr. drh. Annytha I. R. Detha, M.Si, WR II Bidang Umum dan keuangan, Dr. Paul G. Tamelan, M.Sc, WR III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc dan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Drs. Raynold A. Ludji Nguru, M.Si.

Hadir pula, jajaran pimpinan Pascasarjana, Fakultas, Lembaga dan Biro, antara lain Direktur Program Pascasarjana (PPs), Prof. Drs. Feliks Tans, M.Ed., Ph.D, Dekan FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Malkisedek Taneo, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Dr. Willian Djani, M.Si, Dekan Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Dr. Ir. Arnol Elyazar Manu, M.P, para Wakil Dekan, beserta pegawai bagian Akademik Undana.

Rektor Undana, Prof. Maxs pada kesempatan itu menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru PPs dan Program Profesi Undana.  “Ini merupakan suatu kebanggan bisa menerima mahasiswa baru. Terima kasih telah menjadi bagian dari Undana,” ucap Rektor.

Prof. Maxs menjelaskan, sesuai dengan Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Undana, maka Prodi yang monodisiplin berada dibawa asuhan fakultas, sementara yang multidisiplin tetap berada dibawah asuhan PPs.

Rektor Undana, Prof. Maxs Sanam saat menyampaikan sambutan pada acara penerimaan mahasiswa Doktor, Magister, Profesi semester genap disampingi WR I Prof. Annytha Detha, WR II Dr. Paul Tamelan, WR III Dr. Sipri dan Kepala Biro Akademik, Drs Reynold L. Nguru, M.Si.

Sebagai bahan refleksi, Rektor Undana mengingatkan kepada pengelola Prodi di tingkat PPs maupun Fakultas agar memperhatikan kualitas pelayanan. “Sebab, kita ini (sebenarnya) adalah industry jasa. Jasa apa? Ya, jasa pendidikan. Jadi kalau orang bayar mahal, harus kita beri layanan yang baik,” tandas Prof. Maxs.

Belajar Mandiri

Untuk mendukung lama studi mahasiswa, Rektor mengajak agar mahasiswa harus meningkatkan pembelajaran mandiri, selain pembelajaran di ruang kelas. “Jadi kuliah tidak sekadar cari gelar, tetapi cari informasi, cari sumber-sumber belajar, membaca dan meningkatkan kualitas diri,” sebut Rektor Undana.

Sementara itu, WR I Bidang Akademik Undana, Prof. Annytha Detha juga menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru. Ia mengatakan, Undana memiliki pendidik professional, yang dapat membimbing dan mendukung proses belajar.

Ia mengatakan, berdasarkan evaluasi yang dilakukan, lama studi mahasiswa Program Magister Undana harusnya 2 tahun paling lama, sementara Doktor 3 tahun. Oleh karena itu, ia juga mengimbau kepada mahasiswa agar melakukan strategi kuliah yang tepat sejak awal.

“Mahasiswa baru, khususnya Program Magister dan Doktor harus punya planning (rencana-red), khsusunya dalam menyiapkan judul tesis dan disertasi, serta riset untuk jurnal, karena ketika bpk/ibu masuk semester 3 kami akan berikan peringatan terkait perkembangan akademik,” tuturnya.

Oleh karena itu, pembelajaran secara mandiri, memang menjadi hal yang sangat urgen pada pembelajaran Program S-2 dan S-3. Sebab, menurutnya, tugas akhir masih menjadi tembok besar  dan momok bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studi.

“Sehingga dari awal ini sebaiknya mahasiswa memikirkan seperti apa tugas akhir nantinya, maka dalam kuliah nanti, semua materi pembelajaran akan dikoneksikan/dikaitkan dengan tugas akhir,” ujarnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini, Undana masih menerapkan publikasi di Jurnal bagi S-2 dan S-3, sehingga sejak semester 1 Koordinator Prodi akan memberikan nama pembimbing untuk peluang riset dan publikasi. (rfl)

Comments are closed.
Archives