logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Nusa Cendana

Gelar CCK, IMASPIKA Dorong Pelajar NTT Sukai Kimia

Ikatan Mahasiswa Pendidikan Kimia (IMASPIKA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana (Undana) menggelar Cerdas Cermat Kimia (CCK). CCK ke IX kali ini digelar dengan tema “United in Chemistry for East Nusa Tenggara” atau Bersatu dalam Ilmu Kimia untuk NTT.

“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan motivasi dan semangat untuk pelajar NTT dalam belajar dan berkompetisi, mengajak pelajar NTT memahami Kimia seperti sebuah permainan yang menyenangkan tanpa melupakan unsur kompetitif,” demikian laporan Ketua Panitia Kegiatan CCK, Benyamin Rina Widu kepada media ini disela-sela kegiatan yang berlangsung di Aula BAAK Lama Undana, Senin (16/9/2019).

Benyamin menambahkan, CCK bertujuan mengajak pelajar NTT untuk berpikir positif tentang Ilmu Kimia dan menghapus paradigma lama bahwa Kimia itu rumit, membosankan dan berbahaya. CCK juga akan meningkatkan ketertarikan pelajar NTT untuk belajar tentang Kimia dan mengontrol sejauh mana pemahanan pelajar dan guru tentang Ilmu Kimia di NTT.

Mahasiswa semester V Pendidikan Kimia, FKIP itu menyebut, mahasiwa Pendidikan Kimia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari dunia pendidikan. Mahasiswa dituntut untuk melakukan kegiatan belajar, meneliti dan melakukan pengabdian kepada masyarakat. ‘Selain itu, mahasiswa dapat mengambil peran mengawal dan mengevaluasi perjalanan proses pendidikan. Karena mahasiswa memiliki daya intelektual yang tinggi dan analisis yang tajam sehingga sangat berpengaruh dalam perbaikan kemajuan pendidikan.

“Seperti yang telah terjadi pada nasip pendidikan bangsa saat ini, banyak sisi yang harus dibenahi dan diperbaiki untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesuai dengan aturan perundang-undangan,” ujarnya. Untuk diketahui, kegiatan CCK berlangsung dari tanggal 16-21 September 2019 dan diikuti SMA se-NTT yang terhimpun dalam 32 bersar.

Sebelumnya, Wakil Dekan III, Dr. Melkisedek Taneo dalam sambutannya saat membuka CCK mengungkapkan bahwa kesukesan kegiatan CCK tersebut harus didukung oleh kekompakan dari seluruh mahasiswa dan seluruh panitia yang menggalang dana, dan berkomitmen yang searah sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. “semua harus punya misi yang sama sehingga kegiatan ini bisa berjalan sukses,” ujarnya.

Prodi Pendidikan Kimia, kata Taneo, merupakan salah satu prodi yang paling produktif di FKIP. Hal tersebut,katanya, berpijak pada berbagai prestasi yang sudah diraih oleh Prodi Kimia, baik secara individu maupun kelompok. Salah satu mahasiswa berprestasi yang disebutkan oleh calon Dekan FKIP itu adalah Arsel P. Riwu yang beberapa kali mengharumkan nama Pendidikan Kimia dan juga Undana di tingkat regional Bali Nusra.

Melki Taneo pada kesempatan itu mengakui bahwa, dalam pelaksanaan berbagai kegiatan, biasanya selalu timbul perbedaan. Tetapi ia berharap kepada seluruh panitia, mahasiswa dan dosen agar dapat membangun komunikasi yang baik dalam menyelesaikan perbedaan pendapat tersebut. “Bangun mediasi yang baik untuk mendapat solusi yang baik,” ungkapnya.[rfl/ovan/ds]

Comments are closed.