Konjen India Tawar Kerja Sama Undana
24/11/2017
article thumbnail

Konsulat Jenderal (Konjen) India menawarkan bantuan kerja sama dengan Universitas Nusa Cendana (Undana) guna mengembangkan proses belajar-mengajar dengan jalan meningkatkan kerjasama, terutama di bida [ ... ]


Mahasiswa Bagian dari Kekuatan Perubahan
24/11/2017
article thumbnail

Mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana) diminta harus beradaptasi dengan tuntutan pergerakan civil society yakni menjadi elemen mahasiswa itu sendiri sebagai bagian dari kekuatan perubahan dan sek [ ... ]


Artikel Lainnya

Mahasiswa Bagian dari Kekuatan Perubahan

Mahasiswa Universitas Nusa Cendana (Undana) diminta harus beradaptasi dengan tuntutan pergerakan civil society yakni menjadi elemen mahasiswa itu sendiri sebagai bagian dari kekuatan perubahan dan sekaligus untuk tetap sebagai komponen yang dinamis dalam mengisi peran dan fungsi yang komplementer bagi bela negara.
Permintaan tersebut disampaikan Komandan Lanud El Tari, Kolonel Pnb. Ronny Irianto Moningka, ST.,M.M, saat membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara yang diikuti sekitar 600 orang mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Undana di halaman depan hangar Lanud El Tari Kupang, Jumat, (24/11).
Dengan dibukanya kegiatan pelatihan bela negara ini, kata Ronny, agar para mahasiswa Undana dapat mengikuti dengan tertib guna menumbuhkembangkan jiwa cinta tanah air, bangsa dan negara Indonesia. “Jadi latihan ini bukan berhenti sampai disini saja, namun semua ini merupakan awal mahasiswa mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa. Melalui pelatihan dan pendidikan bela negara selama empat hari ini, diharapkan agar para mahasiswa Undana ini menjadi contoh dalam masyarakat dengan bekal dasar bela negara untuk diimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam sikap, ketrampilan, kedisiplinan, serta kepemimpinan generasi muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa yang tentunya diharapkan dapat melanjutkan pembangunan pada masa yang akan datang,” katanya.

Pada kesempatan itu, Komandan Lanud El Tari, Kolonel Pnb, Ronny Irianto Moningka menyampaikan terima kasih kepada Rektor Undana, Prof. Fred L.Benu yang telah mempercayakan Lanud El Tari sebagai tempat untuk bersama-sama dengan mahasiswa Undana berlatih dan belajar tentang tentang arti bela negara demi tegaknya NKRI.
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FKIP Undana, Dr.Melkisedek Taneo,M.Si dalam sambutannya mewakili Rektor mengatakan, mahasiswa Undana adalah generasi muda sehingga penting sekali mengikuti kegiatan bela negara, agar paham tentang nilai-nilai cinta tanah air. Mahasiswa harus menjadi garda terdepan dalam rangka mempertahankan NKRI. Yang membedakan mereka adalah mereka mengikuti kegiatan bela negara ini bukan kegiatan menembak untuk melawan musuh, tetapi mereka dilatih memberikan pengetahuan, pemahaman dan latihan-latihan yang sifatnya terbatas sesuai dengan jam yang ada, sebagai bekal dalam rangka bisa melanjutkan upaya untuk mempertahankan NKRI.
Kepada mahasiswa, Taneo meminta agar memanfaatkan dengan baik waktu empat hari bisa belajar, berlatih dengan baik untuk memahami paham-paham radikal diantara mahasiswa, karena hal-hal menyangkut disintegrasi bangsa, salah satu komponen yang paling rentan itu adalah dari kalangan mahasiswa. “Jadi Undana harus bersyukur karena dapat bekerjasama dengan TNI, baik darat maupun udara tentang kegiatan pendidikan bela negara. Intinya adalah mahasiswa Undana harus mengikuti kegiatan ini bukan karena dipaksa, tetapi mereka harus pahami bahwa ini merupakan momen terbaik untuk mereka belajar, dan mereka harus menjadi contoh bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai, cinta tanah air, nilai-nilai rela berkorban terhadap bangsa dan negara, sehingga menjadi orang-orang terdepan pada waktunya,”kata Taneo. Kabag Kemahasiswaan, Yumima Sereh,S.Sos menjelaskan jumlah mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Undana yang mengikuti kegiatan bela negara sebanyak 600 orang, akan dibagi dalam tiga tahap selama tiga pekan setiap hari Kamis-Minggu dalam bulan November hingga Desember 2017. Kegiatan pelatihan bela negara ini akan ditutup pertengahan Desember 2017. [ds]


Add comment

Komentar anda sangat penting, oleh karena itu periksa komentar dengan seksama sebelum mengirimkan. Pertahankan toleransi antar suku, ras dan agama.


Security code
Refresh