Ketua Sinode GMIT: Undana Harus jadi Rumah Kerukunan
12/01/2018
article thumbnail

© 9 Kebijakan Rektor Tahun 2018
Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT), Pdt. Dr. Merry Kolimon, M.Th mengatakan, peristiwa Betlehem menjadi peristiwa kontak antar bangsa yang memuliakan San [ ... ]


BLU, Tuntutan Kerja Cepat di Tahun 2018
10/01/2018
article thumbnail

Rektor Undana: Empat Lembaga Direstrukturisasi jadi DuaUniversitas Nusa Cendana (Undana) telah memasuki kalender kerja tahun baru 2018. Dengan diterapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum ( [ ... ]


Artikel Lainnya

Operator Diminta Masukkan Nilai Mahasiswa

Universitas Nusa Cendana (Undana) kini sedang membangun sistem informasi akademik (siakad). Salah satunya adalah pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), maupun Kartu Hasil Studi (KHS). Untuk pengisian KHS, sebelumnya Undana telah menetapkan batas pengisian nilai di KHS online tanggal 31 Desember 2017. Namun, hingga waktu yang ditentukan tersebut, banyak mahasiswa yang belum mengisi nilai di sistem ini. Karena itu, mahasiswa masih diberi kesempatan mengisi KHS sebelum pelaksanaan registrasi akademik semester genap atau mahasiswa juga akan diperbolekan melakukan  pengisian KHS online sambil melakukan registrasi pada tanggal 22 Januari sampai dengan 6 Pebruari 2018.
Untuk itu, tenaga operator di setiap fakultas maupun di Program Pascasarjana (PPs) Universistas Nusa Cendana (Undana) diminta agar segera memasukkan nilai mahasiswa di KHS online. Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. David B. W. Pandie, MS ketika memberi arahan pada Evaluasi Pelaksanaan Perkembangan KRS dan KHS online di Ruang Aula lantai tiga Rektorat Undana Penfui Jumat (5/1). Ia menjelaskan, belum semua mahasiswa di setiap fakultas maupun PPs secara penuh mengisi KHS online. Misalnya, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) yang memiliki 1.689, tetapi yang mengisi KRS maupun KHS sebanyak 635, sementara yang belum sebanyak 1.054 mahasiswa.

Fakultas Kedokteran yang memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 441, dan yang telah mengisi KRS maupun KHS sebanyak 243 mahasiswa, sementara yang belum mengisi sebanyak 186 mahasiswa. Fakultas Kedokteran Hewan yang memiliki jumlah mahasiswa 287 pun belum semuanya mengisi KRS maupun KHS. Sebanyak 67 mahasiswa yang belum mengisi KRS dan KHS, sementara sebanyak 186 mahasiswa telah mengisi KRS dan KHS. Untuk PPs dengan total mahasiswa sebanyak 642, yang telah mengisi KRS maupun KHS sebanyak 306, sementara yang belum sebanyak 334 mahasiswa. Ini kendala-kendala yang perlu diperhatikan oleh para operator di unit kerja masing-masing. Dimohon kepada wakil Dekan akademik fakultas maupun di Pascasarjana supaya dapat memantau pengisian nilai mahasiswa secara online melalui KRS maupun KHS yang dilakukan oleh operator, kata David Pandie yang saat itu didampingi oleh Kepala Biro Adm.Akademik Kemahasiswaan Perencanaan dan Sistem Informasi, Drs.Jimmy J.Benu,M.Si.
Ia menambahkan, pentingnya pengisian KRS maupun KHS adalah untuk kepentingan pengintegrasian data mahasiswa di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT). Namun, dalam pengisian KRS maupun KHS, mahasiswa mengalami berbagai kendala. “Misalnya ada mahasiswa yang lupa paswor karena mengganti paswor yang telah ditetapkan. Yang paling fatal adalah ada mahasiswa yang tidak memiliki nama di Program Studi (Prodi) mahasiswa tersebut kuliah, tetapi namanya justru ada di Prodi lain,” bebernya. Ia menegaskan, pengisian KRS maupun KHS sangat penting, karena mahasiswa tidak akan diwisuda bila nama tidak terdaftar di PDPT, maupun saat pemohonan ijazah nasional. Menariknya, meski capaian pengisian KRS maupun KHS belum secara penuh.
Namun, Dr. David menyampaikan terima kasih kepada para operator atas tugas dan tanggungjawab dalam mengisi KHS online bagi mahasiswa. Ia juga tetap meminta agar operator memasukan nilai ke KHS online bagi mahasiswa yang belum memasukan nilai. Pada kesempatan tersebut juga, tenaga IT dari BAAKPSI Undana, Piter Ly dan Josua Sir menjelaskan tatacara pengisian nilai di KHS online dan penghitungan nilai secara otomatis di dalam aplikasi tersebut [rfl/ds]


Add comment

Komentar anda sangat penting, oleh karena itu periksa komentar dengan seksama sebelum mengirimkan. Pertahankan toleransi antar suku, ras dan agama.


Security code
Refresh