logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Nusa Cendana

Karakter Kebangsaan Sangat Penting

Banyak Mahasiswa yang tak menyukai Pancasila

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr.Siprianus Suban Garak, M.Sc memuji anggota Resimen Mahasiswa Mahadana (Menwa) Undana yang memegang teguh karakter kebangsaan. Pasalnya menurut dia, karakter kebangsaan sangat penting dalam membawa arah bangsa ini ke depan.

“Saya bangga, karena Menwa di Undana, sangat mengedepankan latihan kepemimpinan dan karakter kebangsaan. Saya salut,” ujar Dr. Suban Garak saat menjadi inspektur upacara pada acara pembukaan latihan dasar militer Menwa, di lantai tiga Kantor Rektorat Undana Penfui, Senin (29/7/2019).

Saat membuka kegiatan tersebut, ia menambahkan di Organisasi Mahasiswa (Ormawa), misalnya, lebih menekankan adu gagasan dan argumentasi dalam berbicara. Namun, dalam satuan Menwa lebih menekankan karakter kebangsaan. Karena itu, hal itu harus ditingkatkan, karena saat ini banyak mahasiswa yang tak menyukai Pancasila.

Ia mengisahkan, beberapa waktu lalu saat upacara Hari Kesaktian Pancasila, ada beberapa mahasiswa yang menyebut, hari kesaktian Pancasila hanya mendengar lima sila pancasila. Karena itu, ia sangat menyayangkan sikap dan karakter mahasiswa seperti itu. Ia juga meminta Menwa agar terus memiliki sikap dan karakter kebangsaan, terutama dalam menjaga Pancasila. Menurutnya, ada bebrapa Ormawa, seperti BEM-BLM maupun Pramuka dan UKM, tetapi ormawa juga harus menjadi pilihan bagi mahasiswa baru agar menjadi tempat menempa ilmu dan pengalaman.

“Padahal, di Menwa lebih banyak soal karakter kebangsaan, disiplin dan lainnya, tetapi justru mahasiswa berlomba-lomba masuk di Ormawa lain,” sebutnya. Karena itu, ke depan, Menwa juga harus menjadi minat para mahasiswa untuk bisa mendapat pendidikan bela negara maupun wawasan kebangsaan.

Untuk diketahui, kegiatan ini telah berlangung sejak 19 Juli higga 12 Agustus mendatang. Hadir pada saat itu, Plt Kakanwil Kementerian Pertahanan NTT, Kolonel Adm. Tontje Samadara, Lantamal 7 Kupang, Letkol Laut Hartono dan Kasi Surban Lanud El Tari Kupang, Mayor Tek Suprayitno.  [rfl/ds]

Comments are closed.