(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Kuliah Umum FH Undana, Sekjen MK Bahas Peradilan Modern di MK

 

Fakultas Hukum (FH), Universitas Nusa Cendana (Undana) berkerja sama dengan Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar kuliah umum. Kuliah umum dengan tema: “Peradilan Modern di Mahkamah Konstitusi” tersebut dilaksanakan di Gedung Dekanat FH Undana, Kamis (2/6/2022) sore.

Kuliah umum yang dimoderatori Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Saryono Yohanes, SH., MH itu menghadirkan Sekjen MK, Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, SH., MH sebagai narasumber.

Hadir pada kesempatan itu, Hakim Konstitusi, Dr. Daniel Yusmic Pancastaki Foekh, S.H., M.H, peneliti MK Alboin Pasaribu, SH., MH beserta sejumlah staf MK. Hadir pula, Dekan FH Undana, Dr. Reny Rebeka Masu, SH., MH, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Jeffry Ch. A. Likadja, SH., MH, serta sejumlah dosen dan mahasiswa Prodi Magister Ilmu Hukum dan S1 Ilmu Hukum.

 

Sekjen MK, Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, SH., MH dalam paparan awalnya mengisahkan pengalaman terkait dengan perkembangan peradilan di MK. Menurutnya, dengan kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi saat ini telah memberi ruang bagi MK untuk melakukan pelayananan kepada para pencari keadilan secara cepat, transparan dan adil kepada masyarakat luas.

Ia mengisahkan pengalaman seminar di Belgia, kala itu, pihak MK mempresentasikan kerja-kerja lembaga peradilan tersebut. Dalam presentasi tersebut, ujar Prof. Guntur, tidak menggunakan power point sebagaimana umumnya. Namun, paparan tersebut langsung merujuk pada portal atau laman berbahasa Inggris MK.

“Jadi pada laman itu, bagaimana akses keadilan benar-benar ditujukkan faktanya, bukan das sollen (peraturan hukum) saja, tetapi dass sein (peristiwa konkret). MK Indonesia saat itu mendapat uplaus dari sejumlah peserta,” ungkapnya sembari menambahkan bahwa MK Indonesia tidak bicara konsep, tetapi telah memperlihatkan wujud beradilan modern. Testimoni tersebut, ungkap dia, menjadi rujukan sejumlah negara untuk belajar model peradilan modern di MK.

 

Sekjen MK, Prof. Dr. M. Guntur Hamzah, SH., MH dan istri foto bersama WR Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sipri Suban Garak, M. Sc, dan Dekan FH, Dr. Reny Rebeka Masu, SH., MH beserta jajaran di Gedung Dekanat FH Undana, Kamis (2/6/2022).

 

Ia menjelaskan, pada laman mkri.id, sudah termuat seluruh kegiatan MK, mulai dari permohonan perkara, risalah persidangan, putusan perkara, anggaran Lembaga dan berbagai kegiatan siding dan non siding yang dilaksanakan MK. Semua aktivitas tersebut, sambung Sekjen MK, akan diupload paling lambat 30 menit usai kegiatan itu dilaksanakan. Karena itu, dengan keterbukaan seperti itu, memudahkan mahasiswa FH untuk mencari referensi atau bahan untuk diteliti. Sebab, dulu aktivitas MK hampir seluruhnya tidak terupload sehingga menyulitkan dosen dan mahasiswa melakukan penelitian.

Pada kesempatan itu, ia juga mengisahkan pengalamannya membantu sejumlah mahasiswa atas permintaan Prof. Frans E. Likadja. Sejak saat itu, sejumlah mahasiswa dibantu untuk menyelesaikan kuliah. Sebab, menurutnya, mahasiswa yang memiliki semangat menempuh pendidikan harus dibantu. Alhasil, hingga kini beberapa mahasiswa itu telah menduduki jabatan strategis, bahkan ada yang menjadi kepala daerah. Karena itu, ia meminta para dosen FH Undana agar tidak menyulitkan mahasiswa Undana yang gigih menempuh pendidikan.

 

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M. Sc ketika membuka kuliah umum tersebut mengaku sangat senang bisa dikunjungi pimpinan Undana. Menurutnya, kehadiran Prof. Guntur bisa memberikan pencerahan kepada mahasiswa dan dosen Undana agar bisa menambah pemahaman terkait peradilan modern di MK.

Ia menyatakan, saat ini, tercatat sebanyak 36 ribu mahasiswa Undana. Sementara dosen sekitar 1000-an yang tersebar di 9 fakultas. Ia mengungkapkan Undana memiliki visi orientasi global, sehingga hal paling utama adalah berpikir global. Dengan kehadiran Prof. Guntur, ungkapnya, bisa mendukung visi misi Undana ke depan. (rfl)

 

Tim Humas, Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Humas,

Contact Person (CP): 0813 4331 7070

Kunjungi Media Sosial Undana

YouTube: Official Universitas Nusa Cendana: https://www.youtube.com/channel/UCtB1iZTSBH9etwVDCeeD2yw

Facebook: Universitas Nusa Cendana: https://web.facebook.com/nusacendana1962

Instagram: universitas.nusa.cendana https://www.instagram.com/universitas.nusa.cendana/

 

 

Comments are closed.
Translate »