(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Lantik Pejabat Undana, Rektor Dr. Maxs Tegaskan Jaga Iklim Demokrasi Kampus

 

Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc kembali melantik para pejabat di lingkungan Undana. Kali ini, sebanyak 24 (dua puluh empat) pejabat diambil sumpah dan dilantik rektor di Gedung Auditorium Undana, Jumat (14/1/2022) pagi. Sebelumnya, Rektor Undana juga telah melantik 16 (enam belas) pejabat tanggal 11 Januari lalu.

Rektor Undana, Dr. Maxs U. E. Sanam, M. Sc dalam sambutannya menyatakan bahwa pelantikan tersebut sebagai implementasi Permendikbudristek Nomor 25 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Undana. Menariknya, Rektor Undana menegaskan, pelantikan tersebut sebagai upaya menjaga iklim demokrasi di kampus Undana. “Saya tetap ingin menjaga iklim demokrasi di dalam kampus. Saya ingin proses pelantikan ini, demokratisasi kampus harus dijaga,” tandasnya.

Selain itu, Rektor Undana  juga ingin menjaga suasana kondusif dalam kampus, meski terdapat beberapa catatan yang diberikan kepada para pejabat yang dilantik. “Itu catatan yang baik. Kita beri kesempatan kepada pejabat untuk perbaiki dan meningkatkan kinerja,” ujarnya.

 

Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc ketika melantik 24  (dua puluh empat) pejabat di lingkungan Undana. Tampak Rohaniawan Kristen Protestan, Kristen Katolik dan Islam tengah mendampingi para pejabat di Auditorium Undana, Juamt (14/1/2022).

 

Hasil Konsultasi

Menurutnya, pelantikan tersebut dilakukan atas hasil konsultasi dengan tiga pihak, yakni para senior di kampus, termasuk mantan Rektor Undana, Bagian Hukum Sekretaris Dirjendikti dan Biro SDM Dirjendikti. Ia menjelaskan bahwa dari tiga narasumber tersebut, terdapat beberapa perbedaan, namun pada intinya ada dua opsi yang dipilih, yaitu: Pertama, dengan kewenangan dan hak prerogatif yang dimiliki, Rektor bisa melantik para pejabat baru dengan jabatan nol tahun, sesuai OTK yang baru. Kedua, Rektor Undana menerbitkan SK untuk mengangkat pejabat yang baru atau lama untuk meneruskan sisa jabatan. “Kita mengangkat pejabat lama, tetapi meneruskan sisa jabatan pejabat dimaksud,” beber Dr. Maxs.

“Jadi opsi yang kami ambil adalah mengangkat dan memberi kesempatan kepada pejabat lama, sepanjang pejabat tersebut unitnya sudah ada dalam OTK, maka pejabat tersebut diangkat guna meneruskan dan menyelesaikan sisa masa jabatannya,” jelasnya sembari menegaskan bahwa pelantikan tersebut jangan  dijadikan sebagai sebuah polemik.

Ia juga melarang para pejabat yang dilantik agar menyampaikan ucapan terima kasih kepada dirinya. Sebab, Dr. Maxs menegaskan, pihaknya hanya menjalankan aturan yang ada. “Dan tujuannya, menjaga agar demokratisasi tetap berjalan dan menjaga kondusifitas kampus,” tandasnya sembari menambahkan bahwa jika para pejabat tidak dilantik, justru akan menyebabkan mal administrasi.

Delapan IKU

Rektor menyatakan, beberapa waktu lalu Dirjen Kemendikbudristek menegaskan bahwa kemajuan sebuah Perguruan Tinggi (PT) harus didasari atas 8 (delapan) Indikator Kinerja Utama (IKU). “Mohon agar bapak/ibu mengawal, jika kegiatan-kegiatan yang tidak ada cantolannya dengan delapan IKU, jangan dieksekusi. Bukan dipertimbangkan lagi, tetapi langsung dihilangkan, agar bisa menjawab delapan IKU,” terangnya.

 

WR Bidang Umum dan Keuangan, Ir. Jalaludin, M. Si tengah menandatangani pakta integritas disaksikan Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Dra. Karolina Koriwati Sangkala, M. Si dan Plt. Kepala Biro Perencanaan, Sistim Informasi dan Humas, Imanuel Saduk, SH., M. Hum di Auditorium Undana, Jumat (14/1/2022).

 

Insentif Bagi Mahasiswa Merdeka

Khusus Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), ungkap Rektor, Undana juga akan mengambil kebijakan dengan memberi insentif bagi mahasiswa untuk melakukan magang di luar kampus. Karena itu, ia meminta para dekan agar mengidentifikasi para mahasiswa yang berkeinginan melakukan magang, agar mengusulkan proposal ke Wakil Rektor Bidang Akademik. Begitu pun dengan 20 SKS terkait pertukaran mahasiswa dalam kampus (in bound). “Saat ini LP3M sudah hasilkan panduan MBKM. WR I sudah tahu itu, jadi mohon ditindaklanjuti. Kita harus serius urus MBKM, karena capaian kita pada IKU salah satunya dari program ini,” papar Rektor Undana.

Terapkan KIS

Selanjutnya, Rektor juga meminta sejumlah unit di Undana agar meningkatkan pendapatan dari aspek non akademik. Semisal, Kepala Lab Bioscience Undana dan beberapa unit lainnya. Untuk meningkatkan kinerja berdasarkan IKU Undana, tegas Rektor, para pimpinan harus menerapkan Koordinasi dan Kolaborasi, Intergasi dan Sinergitas (KIS). Dengan begitu, pekerjaan yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik. Dan, pelayanan Undana bisa semakin baik.

24 pejabat di lingkungan Undana yang diambil sumpah dan dilantik adalah:

  1. Ir. Jalaludin, M.Si (Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan).
  2. Dr. Drs. Siprianus Suban Garak, M.Sc (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ).
  3. Dr. Drs. Melkisedek Taneo, M.Si (Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).
  4. Dr. Drs. Hery Leo Sianturi, M.Si (Dekan Fakultas Sains dan Teknik).
  5. Dr. Apris A. Adu, S.Pt., M.Kes (Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat).
  6. Dr. Drs. Melkisedek N. B. C. Neolaka, M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).
  7. Dr. Ir. Mayavira Veronica Hahuly, M.Cp (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian).
  8. Dr. Tomycho Olviana, SP., M. M. A (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Pertanian).
  9. Dr. Moses Kopong Tokan, M.Si (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).
  10. Dr. Jakobis Johanis Messakh, M.Si (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).
  11. Suliha Ningsih Imelda Neonufa, ST., MT (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Sains dan Teknik).
  12. Johanis Frans Mathias Bowakh, ST., MT (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Sains dan Teknik).
  13. Drs. Jacob Wadu, M.Si (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).
  14. Dr. Mas’amah, S.Pd., M.Si (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).
  15. Dr. Noorche Ch. Berek, M.Kes (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kesehatan Masyarakat).
  16. Dr. Marylin S. Junias, ST., M.Kes (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Kesehatan Masyarakat).
  17. Dr. Ir. Jacob M. Ratu, M.Kes (Kepala Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu).
  18. Christien Corina Foenay, SE., M.Si (Sekretaris Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu).
  19. Drs. Yosep Bisara Kroon, MA (Kepala UPT. Bahasa).
  20. Dr. Ir. Markus Miten Kleden, MP (Kepala UPT. Perpustakaan).
  21. Dr. Dodi Darmakusuma, S.Si., M.Si (Kepala UPT. Laboratorium Terpadu).
  22. Dr. Ir. I Gusti Bagus Adwita Arsa, MP (Kepala UPT. Laboratorium Lahan Kering Kepulauan).
  23. Dr. Kalvein Rantelobo, ST., MT (Kepala UPT. Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi).
  24. Dr. Simplexius Asa, SH., MH (Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat). (rfl)

 

Comments are closed.
Translate »