(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

LTMPT Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2022, Simak Alur dan Jadwalnya

 

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) hari ini resmi membuka penerimaan mahasiswa baru tahun 2021. Pembukaan akun LTMPT tersebut dilakukan agar sekolah maupun siswa dapat melakukan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), kemudian melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Kompetensi-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Hari ini kita launching (meluncurkan) kegiatan penerimaan mahasiswa baru untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), PTN itu meliputi 75 universitas dan institut, 39 Politeknik Negeri dan 11 PT Keagamaan. Jadi, total 125 PTN, yang tergabung dalam LTMPT untuk penerimaan mahasiswa baru,” jelas Ketua LTMPT, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng pada acara Konferensi Pers Pembukaan Mahasiswa Baru di PTN Tahun 2022 melalui Kanal Youtube LTMPT Official yang disiarkan langsung pukul 10.00 WITA, Selasa (4/1/2021).

Hadir, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN), Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH., M. Hum, Wakil Ketua I LTMPT 2022, Prof. Dr. Yuliandri, SH., MH, Wakil Ketua II LTMPT 2022, dan Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT.

Menurut Prof. Ashari, pembukaan akun LTMPT merupakan saat yang ditunggu bagi calon mahasiswa untuk mendaftar, baik pada jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Perguruan Tinggi Negeri (PTN), ujarnya, bisa mendapat SDM unggul bagi negara Indonesia melalui LTMPT. Bagi LTMPT, papar Prof. Ashari, hal ini merupakan kegiatan rutin, sementara bagi siswa, merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu. Ia menyebut, jalur masuk PTN terdapat tiga jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN maupun jalur mandiri.

 

Suasana Konferensi Pers Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru PTN Tahun 2022. Tampak awak media tengah memberi pertanyaan kepada pengurus LTMPT. Sumber: YT LTMPT Official

 

Ia menjelaskan, untuk SNMPTN, siswa SMA/MK/MA sederajat diundang untuk diseleksi nilai rapor dan prestasi lainnya. SNMPTN dipatok untuk seluruh PTN minimum 20 persen dari kuota masing-masing. “Jadi, misalnya UNG menerima total misalnya 3 atau 4 ribu, 20 persennya harus dari SNMPTN.  ini berdasarkan akademik atau prestasi lain yang ditetapkan PTN dan biayanya ditanggung pemerintah,” jelasnya

Proses SNMPTN, paparnya, hari ini resmi dibuka dan akan berakhir 29 Maret 2021. Ia juga meminta sekolah untuk membuka akun yang sebelumnya dibuat, sementara siswa diwajibkan untuk membuat akun baru. “Jika sekolah belum memiliki akun LTMPT, maka dipersilahkan mendaftar pada laman https://portal.ltmpt.ac.id,” ujarnya.

Pengisian PDDS, jelas Prof. Ashari dilakukan tanggal 4-15 Januari. Beberapa data yang diisi, diantaranya adalah data sekolah, nomor pokok sekolah nasional, termasuk data operator atau kepala sekolah. Sementara registrasi akun PDSS siswa baru dimulai tanggal 10 Januari hingga 15 Februari 2022. Sedangkan, registrasi akun LTMPT untuk UTBK-SBMTN baru dimulai tanggal 14 Februari dan akan berakhir 17 Maret 2022.

Pihaknya menyebut, LTMPT telah melakukan sosialisasi yang dimulai tanggal 1 Desember dan akan berakhir hingga 8 Februari 2022. “Sosialisasi dilakukan kepada para Kepala Dinas, Kepala Kanwil Depag Provinsi kemudian Kepala Sekolah,” ujarnya sembari menambahkan sosialisasi tersebut mendapat respons yang luar biasa dari masyarakat luas, khususnya calon mahasiswa baru, karena calon mahasiswa baru sangat membutuhkan informasi tersebut.

Beberapa Langkah pendaftaran, jelas Prof. Ashari, yakni

A. Pendaftaran Akun Sekolah

1. Jika sekolah belum memiliki Akun LTMPT, buka laman https://portal.ltmpt.ac.id dan memilih tautan daftar
2. Klik tombol Daftar pada bagian Sekolah
3. Masuk Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan kode registrasi Dapodik
4. Masukkan nama Kepala Sekolah atau Operator Sekolah, tanggal lahir, email dan password
5. Setelah klik tombol daftar, akan muncul notifikasi aktivasi akun
6. Buka inbox/spam email Anda. Lakukan aktivasi akun.
7. Setelah akun aktif lakukan login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id

B. Pendaftaran Akun Siswa

1. Buka laman https://portal.ltmpt.ac.id
2. Pilih menu “Siswa”
3. Masukkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir
4. Masukkan e-mail aktif dan password
5. Kemudian klik tombol daftar, akan muncul notifikasi aktivasi akun
6. Buka inbox/spam e-mail dan lakukan aktivasi akun
7. Setelah akun aktif, lakukan login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id
8. Apabila berhasil akan muncul notifikasi aktivasi akun LTMPT sudah berhasil

Selanjutnya

1. Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
2. Pilih menu Verifikasi Data Sekolah atau Siswa di Dashboard Portal LTMPT
3. Di halaman verifikasi data sekolah. Periksa data sekolah Anda dengan seksama. Jika ada kesalahan data lakukan perubahan melalui Dapodik kemudian tekan tombol perbarui data “Perbarui Data Sekolah dan Jurusan”
4. Tekan tombol selanjutnya untuk berpindah ke halaman verfikasi data siswa. Mohon untuk memeriksa kevalidan data dari daftar siswa kelas 12 beserta dengan status akunnya. Jika terdapat kesalahan mohon untuk melakukan perbaikan melalui Dapodik setelah itu tekan tombol Perbarui Data Siswa.

Berikut jadwal SNMPTN 2022

1. Sosialisasi PDSS: 1 Desember 2021 – 8 Februari 2022
2. Sosialisasi SNMPTN: 1 Desember 2021 – 28 Februari 2022
3. Pengumuman kuota: 28 Desember 2021
4. Launching kegiatan PMB: 4 Januari 2022
5. Penetapan siswa eligible: 4 Januari – 8 Februari 2022
6. Pengisian PDSS: 8 Januari – 8 Februari 2022
7. Pendaftaran SNMPTN: 14 – 28 Februari 2022
8. Pengumuman hasil SNMPTN: 29 Maret 2022

Jadwal SNMTPN Berdasarkan penjelasan di Akun Youtube LTMPT Official

 

Plt. Dirjen Diktiristek Prof. Ir. Nizam, M. Sc., DIC., Ph. D dalam arahannya mengaku pihaknya sangat bersyukur TMPT berjalan tanpa masalah tahun lalu, meski berada pada puncak pandemic. Meski saat ini potensi penularan pandemic sudah rendah, tetapi ia mengimbau agar tetap hati-hati. Dengan demikian, proses pendaftaran masuk PTN bisa berjalan lancar, sukses guna memudahkan peserta atau calon mahasiswa mendapatkan Prodi yang sesuai dengan minat, bakat dan potensi masing-masing.

Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, ST., M. Sc., Ph. D menyebut, saat ini merupakan kali ke dua Prodi Pendidikan Vokasi disertakan dalam LTMPT. Meski Prodi Pendidikan Vokasi hanya diperuntukkan bagi Sarjana Terapan atau Diploma empat, namun, pihaknya sangat berterima kasih untuk seluruh proses pendaftaran calon mahasiswa baru yang dilakukan LTMPT. Pihaknya berharap para siswa dapat menyikapi secara positif seluruh jadwal dan alur pendaftaran yang disosialisasikan LTMPT, dan memilih Prodi sesuai dengan minat, bakat dan potensi diri masing-masing.

Untuk diketahui, LTMT adalah Lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, Lembaga ini berada di bawah naungan Kemendikbudristek Republik Indonesia. Sebagai satu-satunya Lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMTP merupakan pijakan pertama bagi calon mahasiswa dab mahasiswa terpilih dalam menggapai cita-cita. LTMPT memosisikan diri sebagai Lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terbaik dan terdepan di Indonesia dan memiliki tujuan khusus yaitu melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien dan akuntabel. (rfl).

 

Comments are closed.
Translate »