(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Nusa Cendana

OPTIMALKAN KINERJA WEBSITE UNDANA

Wakil Rektor I, dihadapan operator website Unit Kerja se Undana mengatakan bahwa ada begitu banyak konten di dalam web Undana, khususnya konten informasi di Unit yang tidak terupdate bahkan ada link-link yang tidak dapat diakses hal tersebut juga merupakan alasan mengapa rangking Undana turun. Padahal keadaan saat ini media website sangat penting bagi pencitraan sebuah perguruan tinggi, bahkan website harus digunakan untuk melayani stakeholder utama kita yaitu mahasiswa, saya mencontohkan bahwa saat ini, saya banyak sekali menerima aduan terkait layanan dan informasi mahasiswa tentang layanan di Fakultas, mahasiswa ingin bertanya namun mereka sepertinya susah untuk mendapatkan akses informasi yang pasti, ada yang ingin mengurus keterangan aktif kuliah namun susah sekali menghubungi petugas, ada yang bertanya nomor telepon Ketua Program Studinya. Tidak semua orang dapat memberikan informasi publik atau nomor kontaknya diketahui orang, bagi saya itu tidak masalah sejauh identitas dan profilnya jelas. Ada yang menghubungi dan mengatakan saya adalah mahasiswa baru maka saya akan layani mereka, karena memang adalah tugas dan keterpanggilan kita apalagi mereka ini adalah mahasiswa baru yang harus mendapatkan informasi yang tepat dan jelas. Maksud saya adalah di kolom domain Fakultas perlu ditambahkan kolom diskusi atau pengaduan, supaya para mahasiswa atau teman-teman Fakultas atau Prodi dapat melakukan dialog atau diskusi terbuka atau dapat diamati secara langsung, kecuali ada hal-hal yang merupakan urusannya Universitas maka dapat menyerukan di kolom Universitas, namun yang terjadi saat ini semua di hendel dari Universitas baru di distribusi informasi ke Fakultas sehingga span of control terlalu jauh dan membutuhkan waktu yang lama untuk merespon kembali. Hal seperti ini yang harus SEGERA kita perbaiki dan tidak bisa ditunda-tunda, sekali lagi saya tegaskan tugas kita adalah memberikan layanan publik dan Undana adalah institusi publik.

Wakil Rektor I mengilustrasikan bahwa kita ini adalah industri jasa yaitu jasa pendidikan, kalau ibarat di toko jualan kue, jualan pakaian kita disini jualan ilmu pengetahuan dan customer utamanya adalah mahasiswa, tanpa mahasiswa kita tidak ada, namun ketika mereka menuntut haknya kita tidak bisa berikan atau kita tidak mau berikan itu adalah hal yang salah.

Untuk itu saya minta sebagai corong utama komunikator di Unit peran Bapak/Ibu sebagai Operator website harus dimaksimalkan. Untuk Kebijakan selanjutnya Pimpinan Universitas akan membuat edaran dan penegasan untuk mengaktifkan semua Web di Pascasarjana, Fakultas bahkan Unit Kerja lainnya.

Untuk itu saya minta Sub Bagian Sistem Informasi bertugas sebagai pengawal utama mengoptimalkan sistem informasi di Universitas Nusa Cendana.

Acara selanjutnya dilakukan Bimtek Pengelolaan Konten website yang disampaikan oleh Ferdinand U. R. Anaboeni, S.Kom.

Kepala Sub Bagian Sistem Informasi menambahkan terkait tugas dan tanggungjawab Sub Bagian Sistem Informasi sesuai Peraturan Rektor Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Perencanaan dan Sistem Informasi Universitas Nusa Cendana Paragraf 3, Pasal  55 Menjelaskan tugas dan kewenangan Sub Bagian Sistem Informasi  dalam hal Pengelolaan dan Pengembangan Situs Web. Dan yang berikut juga disampaikan strategi penyajian informasi yang harus memperhatikan rambu-rambu yang sangat menentukan Raknging  Perguruan Tinggi.

Selanjutnya untuk mempercepat pemahaman operator maka akan dibuat tutorial berupa video petunjuk pengelolaan konten website Undana, yang dapat diakses melalui youtube Official Universitas Nusa Cendana, dan akan dilakukan pendampingan khusus bagi operator yang masih mengalami kendala terkait pengelolaan konten.

Comments are closed.