(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Perdana Lantik Pejabat Undana, Rektor Dr. Maxs: Sudah Sesuai Prosedur

 

Sebanyak 16 pejabat di lingkungan Universitas Nusa Cendana (Undana) diambil sumpah dan dilantik. Pengambilan sumpah dan pelantikan dilakukan Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc, di Aula Rektorat Undana, Selasa (11/1/2022) pagi. Sementara, pengukuhan dilakukan oleh tiga rohaniawan, yaitu Pdt. Jublina Raharjo Rafael, S. Th., MA (Kristen Protestan), RD. Andreas Sika (Kristen Katolik) dan H. M. Saleh, S. Ag (Islam).

Hadir pada kesempatan itu, pimpinan tingkat rektorat, yaitu Wakil Rektor (WR) II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Ir. Jalaludin, M. Si, WR III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus S. Garak, M. Sc dan WR IV Bidang Perencanaan, Sistim Informasi dan Kerja Sama, Ir. I Wayan Mudita, M.Sc., Ph.D. Hadir pula, Kepala Biro Administrasi, Akademik, Perencanaan dan Sistim Informasi (BAAKPSI), Drs. Jimmy Benu, M. Si, sejumlah dekan, wakil dekan, pejabat lembaga dan pimpinan unit di Undana, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Undana, drh. Hembang Murni Pancasilawati dan jajarannya.

Rektor Dr. Maxs dalam sambutannya menegaskan bahwa pengambilan sumpah dan pelantikan 16 (enam belas) pejabat tersebut sudah sesuai prosedur dan sesuai dengan dengan kompetensi yang dimiliki para pejabat. “Saya sampaikan selamat menduduki jabatan yang diberikan. Perlu saya sampaikan bahwa bapak/ibu dipilih untuk menduduki jabatan, karena kapasitas dan kompetensi. Rektor tidak diam-diam duduk dan memilih, tetapi sudah sesuai prosedur,” tandas Rektor Undana.

 

Rektor Undana, Dr. Maxs Sanam tengah menyaksikan penandatanganan berita acara pejabat oleh Dekan FKKH, Dr. dr. Christina Olly Lada, M.Gizi, usai pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat di Aula Rektorat Undana, Selasa (11/1/2022).

 

Ia menyebut, saat ini pihaknya melantik pimpinan fakultas yang mengalami merger (penggabungan), yakni Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH), dan Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan (FPKP). Begitu pun dengan pejabat lainnya pada lembaga maupun Program Pascasarjana (PPs).

Baca juga : Undana Rencana Berlakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Menurut Dr. Maxs Sanam, terdapat sejumlah alasan dirinya melakukan pelantikan, yaitu: Pertama, adanya  Permendikbudristek nomor 25 tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja  (OTK) baru Undana. Kedua, terkait dengan tindak lanjut kebutuhan reformasi birokrasi, di mana poinnya adalah perampingan organisasi. “Jadi, miskin struktur tapi kaya fungsi. Meski, awalnya berat untuk menggabungkan fakultas, tetapi mau atau tidak mau, kita mengambil keputusan untuk menggabungkan FKKH dan FPKP,” jelasnya.

Karena itu, ia meminta seluruh pejabat yang dilantik agar giat membangun komunikasi dan koordinasi dalam bekerja. Sebab, tanggung jawab dan kerja sama akan semakin meningkat seiring dengan jabatan baru yang diemban.

Bergerak jadi PTN-BH

Pada kesempatan itu, Dr. Maxs Sanam juga meminta kepada setiap pimpinan yang dilantik agar berupaya meningkatkan pendapatan non-akademik. Pasalnya, Undana telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri- Badan Layanan Umum (PTN BLU), namun pendapatan tertinggi masih diperoleh dari akademik. Sebab, jika pendapatan non akademik digenjot, ungkap Rektor Undana, ke depan Undana akan terus bergerak menjadi PTN Badan Hukum (BH).

Terkait dengan PPs Undana, Rektor berharap agar segera membuka Program Studi (Prodi) baru, yang memiliki potensi peminat (calon mahasiswa) yang besar. Sementara, kepada sejumlah pimpinan unit yang lain, mantan WR I Undana itu berharap agar para pejabat selalu membangun koordinasi dan kerja sama, terutama kepada atasan masing-masing.

Pada kesempatan itu, Rektor Undana menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas pengabdian sejumlah pejabat Undana yang selama ini telah berkontribusi di unit kerja masing-masing, yakni Kepala LP2M, Dr. Umbu Lily Pekuwali, LP3M, Dr. Stefanus Manonga, MS, Dekan FEB, Christien Corina Foenay, SE.,M.Si., Dekan FK, Dr. Bobby Koamesah, Dekan FKH, Dr. drh. Annytha I. R. Detha, M.Si, Dekan FKP, Dr. Franchy Liufeto dan sejumlah mantan pimpinan tingkat lembaga dan fakultas.

 

Rohaniawan Kristen Protestan, Pdt. Jublina Raharjo Rafael, S. Th., MA sedang mengukuhkan para pejabat sebelum disumpah dan dilantik Rektor Undana, Dr. Maxs Sanam di Aula Rektorat Undana, Selasa (11/1/2022).

 

16 pejabat di lingkungan Undana yang dilantik adalah:

  1. Dr. dr. Christina Olly Lada, M.Gizi (Dekan FKKH Undana).
  2. dr. Kartini Lidia.M.Sc (Wakil Dekan/WD Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, FKKH).
  3. drh. Yohanis T. R. M. R. Simarmata, M.Sc (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, FKKH)
  4. Dr. Ir. Arnol Elyazar Manu, M.P (Dekan FPKP Undana).
  5. Dr. Ir. Edi Djoko Sulistijo, M.P (WD Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, FPKP).
  6. Dr. Franchy Christian Liufeto, S.Pi. M.Si (WD Bidang Umum dan Keuangan, FPKP).
  7. Dr. Apriana H. J. Fanggidae, SE. M. Si (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis/FEB)
  8. Dr. Rolland E. Fanggidae, S.Si.,Teol., MM (WD Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, FEB)
  9. Dr. Paulina Y. Amtiran, SE., MM (WD Bidang Umum dan Keuangan, FEB)
  10. Dr. Ir. Damianus Adar, M.Ec (Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M).
  11. Dr. Ir. Jacob Matheos Ratu, M.Kes (Sekretaris Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M).
  12. Prof. Drs. Tans Feliks, M.Ed.,Ph.D (Direktur PPs).
  13. Dr. Karolus Kopong Medan, SH., M.Hum (Wadir Bidang Akademik dan Kemahasiswaan PPs)
  14. Dr. Ir. Agus Arnold Nalle, M.Si (Wadir Bidang Umum dan Keuangan PPs).
  15. Ir. Yohanis Umbu Laiya Sobang, M.Si (Ketua Satuan Pengawas Internal/SPI).
  16. Sarlin Paleina Nawa Pau, S.E., M.Sc (Sekretaris SPI). (rfl)
Comments are closed.
Translate »