(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Pertukaran Mahasiswa Merdeka, WR III Undana Senang Terima 87 Mahasiswa Gelombang I

 

Sebanyak 87 (delapan puluh tujuh) mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PPMM) gelombang pertama, Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang berasal dari 16 Perguruan Tinggi (PT) tiba di Universitas Nusa Cendana (Undana), Jumat (22/10/2021) pagi. Mereka diterima Wakil Rektor (WR III) Bidang Kemahasiswaan, Dr. Siprianus Suban Garak, M. Sc, Ketua PIC Magang MB-KM Undana, Dr. Jefri Bale, M. Eng, para dosen, serta para mahasiswa mentor Undana di Aula Lantai Tiga, Rektorat Undana.

Acara penerimaan mahasiswa itu ditandai dengan pengalungan selempang khas NTT oleh WR III Undana kepada dua perwakilan mahasiswa. Beberapa mahasiswa asal PT, diantaranya dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti, Jakarta, Sekolah Tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Jogja, STIE Mandala, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Budi Luhur, Cimahi, Stikes Majapahit, Mojokerto, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang, Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisaksi, Jakarta, Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut, STIE Perbanas, Surabaya, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Institut Teknologi Indonesia (ITI), dan lainnya.

 

Sejumlah mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PPMM) foto bersama WR III Undana, Dr. Sipri, Ketua PIC Magang MB-KM Undana, Dr. Jefri, dosen pendamping dan mahasiswa mentor usai acara penerimaan 87 mahasiswa PPMM di Aula lantai tiga Rektorat Undana, Jumat (22/10/2021).

 

Ketua PIC Magang MB-KM Undana, Dr. Jefri Bale, M. Eng dalam sambutannya, mengaku senang, akhirnya bisa bertemu para mahasiswa PPMM di Undana secara luring, jika sebelumnya selalu dilakukan secara daring. Ia menyatakan, tagline bertukar sementara, bermakna selamanya, kiranya bisa dimaknai agar PPMM di Undana tidak berakhir sia-sia. Namun, sambung dia, bisa menjadi modal bagi mahasiswa untuk dimanfaatkan pada masa datang. Pihaknya berharap, para mahasiswa bisa menikmati kondisi dan situasi di Kota Kupang, khususnya kelebihan dan kekurangan yang ada di Undana selama dua bulan.

Dikatakan, pada prinsipnya, PPMM di Undana dapat terlaksana karena adanya dukungan kebijakan dari pimpinan Undana untuk berkomitmen melakukan PPMM secara luring. Begitupun bantuan dari sesama dosen, staf pegawai Bagian Akademik dan Kemahasiswaan BAAKPSI Undana. Ia menyebut, Rektor Undana, Prof. Fred tidak berkesempatan hadir, karena saat ini tengah bertugas di luar daerah. Kendati demikian, sambung Dr. Jefri, Rektor Undana juga menyambut baik kehadiran para mahasiswa. Rektor Undana berpesan agar para mahasiswa PPMM bisa dijaga secara baik. “Tolong jaga mereka baik-baik. Ada masalah tolong disampaikan,” ujar Dr. Jefri meniru kalimat Rektor Undana. Untuk itu, pihaknya berharap agar selama PPMM di Undana, tidak ada kendala berarti yang dialami mahasiswa nantinya

WR III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Sipri S. Garak, M. Sc dalam sambutannya mengaku, sangat senang dengan kehadiran para mahasiwa PPMM MB-KM di Undana. “Kami sangat senang bisa menerima adik-adik mahasiswa untuk mengikuti PPMM MB-KM di Undana,” ujarnya. Menurutnya, ke- 87 mahasiswa yang hadir pada tahap pertama ini, sebagi wujud kepercayaan diri dan keberanian dari para mahasiswa untuk datang ke Undana. Selain itu, kehadiran para mahasiswa juga menunjukan sebuah kemajuan berpikir untuk berubah.
Menurutnya, jika mahasiswa berasal dari kota besar di Indonesia, maka tidak terlepas dari kemudahan-kemudahan. Karena itu, jika di Undana terdapat banyak kesulitan, Dosen Matematika FKIP itu meminta mahasiswa untuk bisa menyelesaikan setiap kesulitan yang ada.

 

WR III Undana, Dr. Sipri tengah mengalungkan selendang khas NTT kepada dua perwakilan mahasiswa PPMM MB-KM sebagai tanda penerimaan mahasiswa PPMM MB-KM di Aula lantai tiga Rektorat Undana, Jumat (22/10/2021)

 

Pihaknya berkeyakinan, ke-87 mahasiswa yang hadir pada tahap pertama, akan merasa bahagia selama berada di Kupang. Hal itu karena mahasiswa akan mengalami pengalaman luar biasa, selama belajar bersama di Undana dalam waktu dua bulan. Pihaknya berpesan agar para mahasiswa bisa menjaga diri di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Selain itu, ia juga meminta para dosen agar menjaga para mahasiswa dengan baik. “Saya minta Ketua PIC Undana, dan teman-teman dosen, kita semua (harus) menjaga anak-anak dan menciptakan komunikasi yang baik. Jika ada masalah, paling tidak disampaikan ke dosen pendamping masing-masing. Jangan didiamkan,” harapnya. Kehadiran para mahasiswa PPMM MB-KM, ujar dia, menandakan mahasiswa sudah menjadi bagian dari Undana. Menurutnya, Undana sangat terbuka dengan seluruh universitas di Indonesia. Terbukti, melalui PPMM MB-KM sebanyak 242 mahasiswa ke Undana. “Dan dari 242 mahasiswa, saat ini sudah hadir 87 mahasiswa yang datang terlebih dahulu dalam rangka mengikuti PPMM MB-KM,” ujarnya.

Mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti, F. Deliana Winki dalam sambutannya mewakili rekan-rekannya, mengaku sangat senang dan terharu. Pasalnya, sejak di Bandara El Tari, PIC Undana, dosen dan mentor mahasiswa sudah berada di sana untuk menyambut para mahasiswa. “Perasaan saya sangat terharu, ternyata di depan sudah ada Pak Jefri, dosen, mentor mahasiswa yang sudah berdiri dengan kehangatan dan cinta. Saya sangat berterima kasih sekali,” ungkapnya. Ia katakan, sebelum ke Undana, dirinya sudah belajar terkait kebudayaan. Deli-sapaan mahasiswa semester III itu mengaku sangat tertarik dengan kebudayaan sistem mahar (belis) di NTT. Deli juga berkeinginan bisa belajar toleransi di Kupang, NTT bersama rekan-rekannya. Karena itu, ia berharap, apa yang dipelajari, tak hanya disimpan dalam hati, tetapi harus dibagikan di wilayah dan kampus masing-masing. Selain itu, sambung dia, cara anak muda membantu meningkatkan ekonomi kreatif melalui tenun ikat juga perlu dipelajari di Undana.

Sementara, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undana, Bernadus Umbu Dondu Tayi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada 87 mahasiswa, yang telah memilih dan ikut dalam PPMM MB-KM di Undana. “Terima kasih sudah memilih kampus Undana untuk mencari ilmu, sesuai tujuan dari kampus merdeka,” ujarnya. Ia berharap, para mahasiswa bisa menggali ilmu pengetahuan sesuai tujuan MB-KM. Untuk itu, kata Umbu, perlu adaptasi dengan kampus Undana, apalagi cuaca di Kota Kupang, saat ini mulai memasuki musim panas. Meski begitu, kata dia, tidak menyurutkan niat para mahasiwa untuk antusias mengikuti PPM MB-KM. “Kami sangat senang ketika Undana bertambah mahasiswanya ada sekitar belasan kampus yang hari ini tiba,” pungkas Presiden Mahasiswa Undana itu.

Pada kesempatan itu, sejumlah Dosen Modul Nusantara tahun 2021 asal Undana dan mahasiswa mentor juga ikut memperkenalkan diri dihadapan para mahasiswa peserta PPMM MB-KM.

Dosen Pembimbing

1. Maria Via Dolorosa P. Swan (Ilmu Komunikasi)
2. Michael J. H. Louk (Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi Dosen)
3. Andam S. Ardan (Pendidikan Biologi)
4. Lolita Agusta M. Parera (Pendidikan Kimia)
5. Rosvatayati Umbu Nday (Arsitektur)
6. Suliha Ningsih Imelda Neonufa (Arsitektur)
7. Theny Intan B. Kurniati Pah (Ilmu Administrasi Negara)
8. I Gusti Ayu Rina Pietriani (Ilmu Komunikasi)
9. Meiton Boru (Ilmu Komputer)
10. Welem Linggi Turupadang (Budidaya Perairan)
11. Meryana Micselen Doko (Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan)
12. Kristomus Boimau (Teknik Mesin)
13. Jefri Semuel Bale (Teknik Mesin)

Mahasiswa Mentor

1. Oswaldus Geronsius Kosfraedi (Prodi Ilmu Komunikasi)
2. Maria M. P. Kambaniru Tuto Gokok (Arsitektur)
3.Dearly Dilasari Anin (Ilmu Administrasi Negara)
4.Konstantinus Tuba ( Penjaskesrek)
5. Benedikta Anggiana Lando (Prodi. Pendidikan Biologi)
6. Christian S. Wongso (Budidaya Perairan)
7. Fernandito Antonius De Araujo (Ilmu Komunikasi Undana)
8. Patricio Mateus Da Costa Ewi (FKIP Prodi Pendidikan PKn)
9. Nadia C. Leo (Arsitektur)
10. Jessi Kristin Martha Juliana Ropa (Ilmu Komputer)
11. Dhava Putera Syahidan (Ilmu komunikasi)
12. Marisa Debora Letty de Fretes (FKIP Kimia)
13. Dwiki Saputra Kusuma Wardana (Ilmu Komunikasi)

(Mahasiswa Magang Jikom FISIP/rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »