(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Pilrek Undana, Tiga Kandidat Lolos ke Pemilihan Selanjutnya

“Kita tidak tahu (siapa yang terpilih), tapi saya percaya bahwa ketiga-tiganya memiliki kapasitas yang mumpuni menjadi Rektor, dan melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh rektor-rektor periode sebelumnya untuk kemajuan Undana ke depan,” papar Rektor Undana, Prof. Fred Benu.

Rapat senat tertutup dengan agenda pemilihan dan penetapan calon Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) periode tahun 2021-2025 berlangsung aman dan lancar. Rapat dipimpin Ketua Senat Undana sekaligus Rektor Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M. Si., Ph. D didampingi Sekretaris Senat, Ir. I Wayan Mudita, M. Si., Ph. D di Auditorium Undana, Kamis (26/8/2021) pagi.

Lima kandidat yang bertarung memperebutkan 51 suara senat Undana itu adalah Prof. Dr. Simon Sabon Ola, M. Hum, Prof. Drs. Mangadas Lumban Gaol, M.Si., Ph. D, Dr. Maxs U. E. Sanam, M. Sc, Ir. Franky M. S Telupere, MP., Ph. D, dan Dr. Yendris Krisno Syamrud, M. Kes.

Berdasarkan hasil pemilihan dan penghitungan suara, Dr. drh. Max U. E. Sanam, M. Sc berhasil meraih 21 suara, Ir. Franki M.S Telupere, Ph. D memperoleh 10 suara, Dr. Yendris Krisno Syamruth, M.Kes mendapat 9 suara, Prof. Drs. Mangadas Lumban Gaol, M. Si., Ph. D memperoleh 7 suara. Sementara Prof. Dr. Simon Sabon Ola, M. Hum mendapat 4 suara senat. Dengan demikian, tiga calon dengan perolehan suara paling banyak, akan lolos ke tahapan pemilihan selanjutnya.

Suasana rapat senat pemilihan dan penetapan Calon Rektor Undana Periode 2021-2025 di Auditorium Undana, Rabu (25/8/2021).

Rektor Undana, Prof. Fred Benu usai pemilihan, menyampaikan terima kasih kepada panitia pemilihan rektor yang telah mengatur seluruh rangkaian rapat senat tertutup tersebut. Orang nomor satu Undana juga mengucapkan terima kasih kepada 51 orang anggota senat yang sudah berpartisipasi dalam memberikan hak suara.

Dari hasil pemilihan itu, Prof. Fred mengucapkan selamat kepada tiga kandidat yang berhasil mendapat suara terbanyak. “Kita tahu bersama bahwa kami akan memberikan laporan ke Mendikbudristek, hasil pemilihan ini nanti Mendikbudristek akan datang atau mengutus perwakilannya untuk memilih tiga calon rektor itu.

Menurut Prof. Fred, ketiga calon rektor itu adalah putra terbaik yang saat ini dipilih oleh seluruh anggota senat sebagai perwakilan seluruh civitas akademika undana untuk memimpin dana 2021-2025. “Kita tidak tahu (siapa yang terpilih), tapi saya percaya bahwa ketiga-tiganya mempunyai kapasitas yang mumpuni menjadi Rektor dan melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh rektor-rektor periode sebelumnya untuk kemajuan Undana yang lebih baik lagi ke depan,” paparnya.

Ia mengatakan, pada pemilihan ke dua bulan Oktober mendatang, pihak Kemendikbudristek akan lakukan wawancara terhadap tiga calon Rektor Undana. “Tapi agak berbeda dengan saat ini. Kalau dulu, waktu zaman kita, tidak ada wawancara dari pihak Kemendikbudristek. Kali ini pihak Kemendikbudristek akan wawancara para kandidat untuk menentukan pilihannya,” jelas orang nomor satu Undana itu.

Sementara Ketua Panitia Pemilihan Rektor (Pilrek) Undana , Dr. Sipri Suban Garak, M.Si menyatakan, pekan depan panitia Pilrek akan mengirimkan tiga nama dengan perolehan suara terbanyak ke Kemendikbudristek. “Panitia berupaya agar berkas yang dibutuhkan kementerian bisa tiba dari awal, karena masih ada tahap penelusuran rekam jejak  dan wawancara yang dilakukan Kemendikbudristek kepada tiga calon rektor yang lolos,” pungkas Dosen Matematika FKIP Undana itu. (rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »