(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Raih 74 Suara, Dr. Maxs Sanam Terpilih jadi Rektor Undana

 

Senat Universitas Nusa Cendana (Undana) menggelar rapat senat tertutup dengan agenda pemilihan calon Rektor Undana periode 2021-2025. Rapat dibuka oleh Ketua Senat Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M. Si., Ph. D sekitar pukul 09.00 WITA di aula lantai tiga Rektorat Undana, Seni (8/11/2021). Rapat diawali dengan pemanggilan nama tiga calon rektor oleh Ketua Senat Undana. Selanjutnya, penyampaian tata cara pemberian suara, pemilihan hingga penghitungan suara dipimpin oleh Ketua Panitia Dr. Siprianus Suban Garak, M. Sc beserta para anggota.

Pemilihan surat suara calon rektor dilakukan oleh 50 anggota senat Undana yang hadir, ditambah 27 suara atau 35 persen suara dari perwakilan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristet dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Anwar Nadiem Makarim, yakni Direktur Jenderal Belmawa Ristekdikti, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph. D. Dari hasi rekapitulasi suara, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc menggungguli dua calon lainnya, dengan meraih 74 suara. Sementara Ir. Franky M. S. Telupere, Ph. D mendapat dua suara dan Dr. Yendris Krisno Syamrud, M. Kes memperoleh satu suara. Sebelumnya Ketua Senat Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M. Si., Ph. D dalam sambutannya menyatakan, rapat senat tertutup tersebut dilaksanakan guna memilih Rektor Undana periode 2021-2025. Ia menyatakan, pelaksanaan pemilihan rektor (Pilrek) tersebut telah memenuhi seluruh tahapan mulai dari penyaringan, penjaringan hingga saat ini.

 

Suasana  Rapat Senat Tertutup Pilrek Undana di Aula Rektorat Undana, Senin  (8/11/2021).

 

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada sekretaris senat dan para anggota yang telah mengawal proses Pilrek secara baik dengan berbagi dinamika yang menyertainya. Orang nomor satu Undana itu juga menyampaikan terima kasih kepada Panitia Pilrek yang telah berlelah dalam melaksanakan seluruh rangkaian Pilrek hingga saat ini. “Sesaat lagi kami akan mengetahui rektor baru periode 2021-2025. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat mensukseskan kegiatan bermartabat ini,” ucapnya.

Diakhir sambutannya, rektor dua periode itu memperkenalkan ketiga kandidat, seraya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih karena sudah partisipasi sejak awal hingga saat ini dengan baik. Sementara ketika menutup Pilrek tersebut, Guru Besar Ekonomi Pertanian itu menyampaikan proficiat kepada Rektor Undana terpilih Dr. drh. Maxs Sanam, dan menyampaikan terima kasih kepada para calon rektor lainnya. Pihaknya percaya, berkat penyertahan Tuhan dan dukungan semua civitas akademika Undana, kemepimpinan Undana dibawah Dr. Maxs akan berjalan dengan baik.

 

Rektor terpilih Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc ketika memasukkan surat suara dalam kotak suara pada Pilrek yang digelar di aula Rektorat Undana, Senin (8/11/2021).

 

Sementara, Direktur Belmawa Kemendikbudristek, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph. D menyebut, dalam proses pemilihan tersebut, siapa pun yang terpilih adalah yang terbaik dan memiliki tanggungjawab dalam memimpin kampus ini. Menurutnya, Undana sebagai perguruan tinggi yang terletak di NTT, memiliki peran yang sangat strategis untuk terlibat aktif dalam mendukung pengembangan dan pembangunan oleh pemerintah saat ini. “Kita harus mengembangkan sumberdaya manusia secara baik untuk mengelola setiap kekayaan alam dan budaya melalui berbagai ristek-riset kita. Apalagi bapak Gubernur NTT sangat semangat dalam membangun NTT maka kita harus bergerak maju,” ucapnya.

Ia berharap agar, ke depan Undana juga bisa dijadikan sebagai pusat riset untuk mengembangkan SDM. “Maka diharapkan dengan rektor baru ini dapat mengembangkan kampus kedepannya yang lebih baik,” ungkapnya. Pada akhir rangkaian acara Pilrek, Panitia beserta para anggota senat melakukan pelepasan balon udara sebagai tanda seluruh rangkaian Pilrek telah berakhir.

Untuk diketahui, Dr. Maxs direncanakan akan dilantik oleh Kemendikbudristek, Anwar Nadiem makarim pada 6 Desember mendatang. Pasalnya, masa jabatan Rektor Prof. Fred Benu periode kedua akan berakhir tanggal 5 Desember 2021 (rfl)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »