(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Nusa Cendana

Rektor Batasi Aktivitas di Lingkungan Kampus Undana

Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Prof. Ir. Fredrik L Benu,M.Si.,PhD melalui surat edaran nomor 1699/UN.15.1/TU/2020 membatasi aktivitas seluruh civitas akademik hingga kunjungan dari masyarakat umum. Langkah pembatasan aktivitas ini diambil untuk pencegahan dini dan penyebaran corona virus disease-19 (Covid-19) di lingkungan Undana.

Hal itu menindak lanjuti Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/199/2020 tanggal 12 Maret 2020, Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 tahun 2020, tanggal 9 Maret 2020, Surat Edaran Sekertaris Jenderal Kementerian Penididikan dan Kebudayaan Nomor 35492/A.AS/HK/2020, tentang pecegahan corona virus diseases-19, tanggal 12 Maret 2020.

Selain itu juga didasarkan atas Surat Edaran Rektor Universitas Nusa Cendana nomor 1538/UN.15.1/TU/2020 tanggal 5 Maret 2020, tentang pencegahan dampak meluasnya COVID-19 dan hasil rapat koordinasi Pimpinan Universitas Nusa Cendana pada tanggal 16 Maret 2020.

Dalam surat edaran tersebut terdapat sebanyak 15 poin penting yakni menegaskan kembali kepada seluruh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan Undana untuk selalu mempraktekkan dan membudayakan pola hidup bersih dan sehat bagi diri sendiri dan lingkungan di unit kerja masing-masing.

Perkulihan teori tatap muka, jika dimungkinkan dapat dilakukan dengan E-learning dan/atau metode lainnya yang relevan sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai. “Perkuliahan praktikum (laboratorium, bengkel, lapangan atau yang sejenisnya) dilaksanakan dengan bentuk pemberian tugas lain yang relevan sesuai dengan capaian pembelajaran,” sebutnya.

Selain itu, pelaksanaan KKN, PKL, PPL dan sebagainya untuk sementara waktu ditunda atau dijadwalkan ulang. Selain itu, seminar proposal atau hasil penelitian hanya dilakukan oleh dosen pembimbing, dosen penguji dan mahasiswa yang bersangkutan, dan ujian tugas akhir dilaksanakan seperti
biasa dengan catatan selalu menerapkan kewaspadaan dan mencegahan atas penyebaran
covid-19.

Pelaksanaan semua kegiatan Conferencel/seminar, event olaraga dan pentas seni atau kegiatan sejenis yang mengumpulkan masa baik dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen di lingkungan Undana ditunda dan dijadwalkan ulang.

Sementara semua aktivitas di gedung pusat kegiatan kemahasiswaan untuk sementara waktu ditiadakan. Kegiatan pelayanan administrasi dan layanan umum tetap berjalan seperti biasa dengan membatasi kerumunan masa dan tetap memperhatikan kewaspadaan terhadap penyebaran covid-19.

Surat Edaran tersebut menegaskan kepada seluruh civitas Undana untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke luar daerah. “Salaman berjabat tangan, cium hidung atau pipi sebagai tanda hormat dan kasih, untuk sementara diganti dengan salaman yang tidak bersentuhan langsung,” tuturnya.

Salah satu poin penting juga disampaikan dalam surat edara tersebut yakni membatasi masyarakat umum untuk masuk ke lingkungan Undana, jika keperluannya penting maka harus dikomunikasikan terlebih dahulu.

Pengelola kantin dan food court di lingkungan Undana agar selalu memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang disajikan maupun kebersihan lingkungan kantin serta penyiapkan hand zanitizer untuk pengujung.

Pimpinan Undana pada semua level terus memantau perkembangan situasi guna mengambil langkah-langkah ke depan. Seluruh civitas Undana diharapkan agar tidak panik dan selalu melakukan tindakan pencegahan penularan COVID-19 serta selalu berdoa memohon lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Edaran ini kami sampaikan untuk ditindaklanjuti secara aktif dan membutuhkan kerjasama serta kekompakan dari pimpinan pada semua level, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, satuan pengaman kampus, cleaning service, tenaga taman, sopir dan semua pengelola kantinifood court di lingkungan Undana,”ungkapnya. [ds]

Comments are closed.