(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Rektor Minta Menwa Undana Jadi Agen Perubahan

 

Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc, meminta anggota resimen mahasiswa (menwa) Undana agar menjadi agen perubahan. Sebab, tidak sedikit generasi muda Indonesia saat ini yang bersifat sektarian dan eksklusif.

Demikian disampaikan Rektor Undana saat memimpin upacara pembukaan kegiatan komando pendidikan dan latihan dasar militer menwa mahadana NTT Batalyon 961 Rajawali Hitam Undana di Aula Rektorat, Senin (18/7/2022).

 

Rektor mengaku, tekad korps baret ungu sangat luar biasa, sehinga harus membentengi diri dengan karakter dan rasa cinta terhadap keragaman Indonesia.

Ia menyebut bahwa dunia pendidikan saat ini, tak hanya melahirkan sarjana yang menguasai iptek, tetapi harus melahirkan sarjana yang berkarakter, dan memiliki pribadi yang humanis.

 

“Saya menyaksikan banyak aktivitas di kampus yang mendapat dukungan Menwa Undana. Karena itu, saya berharap bahwa Menwa Mahadana batalion 961 akan terus menjadi inspirasi, teladan dan motivasi bagi mahasiswa lainnya,” tandasnya.

“Melalui pendidikan dasar militer, tidak saja fisik, tetapi mental dan karakter juga ditempa. Gunakan pengetahuan, keterampilan bahkan nilai untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain,” tandas Rektor, menambahkan.

 

Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam,, M. Sc sedang menyematkan pita kepada salah satu Casis Menwa Undana di sela-sela pembukaan kegiatan pendidikan dan pelatihan dasar militer di Aula Rektorat, Senin (18/7/2022).

 

Selain itu, mahasiswa juga diminta agar menjadi contoh bagi orang lain. “Mahasiswa harus jadi contoh bagi orang lain, contoh paling kecil, jangan nyontek, misalnya,” harap Rektor.

“Menwa harus jadi pelopor dalam menghargai perbedaan. Jangan beda-bedakan teman, hanya karena kita berbeda agama, suku dan ras. Saya percaya mahasiswa akan menjadi agent of change,” ujar Dr. Maxs, memungkasi.

 

Komandan Latihan Aprianus Nomseo dalam laporannya mengatakan tujuan adanya pelatihan dasar menwa adalah untuk memperkuat potensi sosial, spiritual, mental, fisik, dan intelektual. Selain itu, untuk mempersiapkan diri agar menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat. “Kegiatan resimen mahasiswa dapat memupuk sifat mandiri, disiplin, serta bertanggungjawab dan bela negara,” katanya.

Ia meminta anggota menwa agar aktif dalam berbagai kegiatan. “Harapannya, kualitas anggota menwa dapat meningkat dan mampu bersaing untuk mencapai tujuan menwa, serta menciptakan insan bela negara yang cerdas, berkarakter dan humanis,” imbuh Aprianus.

 

“Kegiatan Pendidikan dasar militer menwa akan dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli sampai 2 Agustus 2022 di Lapangan Bela Negara Undana,” ujarnya, menambahkan.

Untuk diketahui, sebanyak 20 peserta calon siswa (casis) menwa yang mengikuti kegiatan tersebut, terdiri dari 13 orang casis putra, dan 7 orang casis putri. Kegiatan itu pun akan diselenggarakan oleh 23 orang komando penyelenggara dan 21 orang pemateri. 

 

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, Kabid X IARMI NTT, Robby D. P, Danmen Kodim 1604/Kupang, Hendry Dunant, Bendum IARMI NTT, Anwar, perwakilan Lantamal VII, DanyonMas, May Wira, serta undangan lainnya. (rfl).

 

 

Tim Humas, Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Humas,

Contact Person (CP): 0813 4331 7070

Kunjungi Media Sosial Undana

YouTube: Official Universitas Nusa Cendana: https://www.youtube.com/channel/UCtB1iZTSBH9etwVDCeeD2yw

Facebook: Universitas Nusa Cendana: https://web.facebook.com/nusacendana1962

Instagram: universitas.nusa.cendana https://www.instagram.com/universitas.nusa.cendana/

Comments are closed.
Translate »