(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Rektor Resmikan Klinik Kesehatan Undana

Universitas Nusa Cendana (Undana) terus bertransformasi mewujudkan universitas yang kian berdampak dan berkontribusi penting bagi masyarakat Indonesia, khususnya Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Salah satunya ditandai dengan hadirnya Klinik Kesehatan Undana. Kegiatan peresmian klinik tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Rektor Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc, di Gedung Student Center, Kamis (3/11/2022).

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik, Dr. drh. Annytha I. R. Detha, M.Si, WR II Bidang Umum dan Keuangan, Ir. Jalaludin, M.Si, dan WR III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak,M.Si. Hadir pula, Direktur Pascasarjana, Prof. Drs. Tans Feliks, M.Ed., Ph.D, Dekan Fakultas Kedoktaran dan Kedokteran Hewan, Dr. dr. Christina Olly Lada, M.Gizi, Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis, Dr. Apriana H. J. Fanggidae,  SE., M.Si, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Dra. Karolina Koriwati Sangkala, M.Si dan Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama, Jefry C. Adoe, SE.

Rektor Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Si menggunting pita tanda diresmikannya Klinik Kesehatan Undana bertempat di Gedung Student Center Undana, Kamis (3/11/2022)

Dalam sambutannya, Rektor Undana, Dr. Maxs menyampaikan apresiasinya atas kerja sama dan komitmen dari sejumlah pihak, terutama pada Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH), hingga akhirnya klinik tersebut mendapat izin pada bulan Juli 2022 lalu.

“Terima kasih kepada pimpinan Undana, khususnya civitas akademika Undana, melalui Direktur Rumah Sakit Undana dan teman-teman panitia atau tim akselerasi yang sudah berusaha luar biasa, sehigga desain khusus dan izin dari klinik pratama Undana sudah bisa diperoleh Juli 2022,” ujar Rektor.

Dengan kehadiran klinik tersebut, kata Rektor, sejalan dengan Undana yang telah menjadi kampus yang mempromosikan kesehatan (Health Promoting University).

“Kita sudah punya satgas yang sudah bergerak melaksanakan kegiatan promosi, sehingga dengan kehadiran Klinik Pratama, sangat tepat mendukung kampus berbasis promosi kesehatan,” imbuh Rektor.

Menurut Rektor, apa yang dilakukan Undana juga sejalan dengan Program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), yang telah dilaksanakan oleh beberapa kementerian, termasuk  Kemendikbudristek. “Minggu lalu kami juga ikuti lounching Germas yang dilakukan Dirjen Dikti. Dirjen berharap agar para Rektor harus promosi program dan aktivitas Germas di kampus,” jelasnya.

“Jadi kehadiran klinik juga penting mendukung Germas. Ke depan klinik ini harus melayani kebutuhan kesehatan primer dari masyarakat kampus,” sambung Dr. Maxs.


Sebelumnya, Rektor Dr. Maxs juga melakukan pemotongan tumpeng pada kegiatan peresmian Klinik Kesehatan Undana

Untuk lebih berkontribusi bagi masyarakat, Rektor menegaskan, klinik tersebut tidak sekadar memberi pelayanan kepada masyarakat kampus. Namun juga bagi masyarakat di sekitar kampus Undana.

“Itulah Undana berdampak. Kita tidak sekadar lihat diri kita, tapi bagaimana kita lihat masyarakat sekitar kampus,” ujarnya.

Sementara Direktur RSU Undana, dr. S. M. J. Koamesah, MMR, MMPK, FISPH, FISCM menjelaskan, perjuangan yang dilakukan FKKH yang sebelumnya bernama Fakultas Kedokteran, untuk mendirikan klinik kesehatan.

Dengan izin yang diberikan pemerintah, kata dr. Bobby-sapaan klinik tersebut bisa beroperasi dan memberikan pelayanan bagi masyarakat. Ia menjelaskan, klinik Undana unggul dari segi peralatan teknologi dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Karena ini klinik universitas, maka kita harus unggul teknologi, dan Sumber Daya Manusia dibanding dengan klinik pratama lainnya. Jadi ke depan kita akan lengkapi dengan sejumlah fasilitas, sehingga semua bisa cek up di sini, dan rekam jantung,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta Rektor Undana agar menjadi anggota kehormatan pertama. “Supaya Pak Rektor juga datang di sini, kita kasih Rektor anggota kehormatan nomor 1 klinik kesehatan. Nanti akan diikuti wakil rektor dan pimpinan lainnya. Ini sebagai bentuk nyata mendukung pelayanan klinik,” tutupnya. (rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Koleksi
Tags

Your browser doesn't support the HTML5 CANVAS tag.

Translate »