(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Rektor-WR III Undana Terima Tim Pesparawi, Peksiminas, dan Lepas Tim Pomnas Undana

Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc dan Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc menerima peserta Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Mahasiswa Nasional dan Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) tahun 2022.

Tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Bella Cantare mengikuti Pesparawi Mahasiswa Nasional di Semarang sejak tanggal 5-9 November lalu, dan tim Peksiminas Undana baru saja mengikuti Peksiminas ke XVI di Malang sejak tanggal 25-29 Oktober lalu.

Selain menerima peserta Peksema dan Pesparawi, Rektor dan WR III Undana juga melepas secara resmi tim  Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) asal Undana. Tim Undana akan mengikuti ajang POMNAS ke XVII 2022 yang akan berlangsung tanggal 17-26 November 2022 di Kota Padang.

Acara pelepasan dan penerimaan tersebut dilaksanakan di Gedung ICT Center, Undana, Selasa (15/11/2022) siang.

Rektor Undana pada kesempatan itu mengatakan, selamat dan proficiat kepada tim Pesparawi dan Peksiminas Undana. Rektor mengaku, bukan soal juara atau tidak. Namun, yang lebih penting adalah mahasiswa Undana bisa terlibat dan memberikan yang terbaik. “Nilai-nilai seni dan olahraga seperti kerja sama, kedisiplinan, ketaatan itu jauh lebih penting,” tandas Rektor Undana.

Meski tidak berhasil meraih hasil terbaik sesuai penilaian dewan juri. Namun, bagi rektor, penampilan yang ditunjukkan mahasiswa Undana, patut diapresiasi. “Tidak perlu menjadi orang hebat, juara satu dan sebagainya. Saya lebih menikmati suara mahasiswa Undana. Saya terhibur mendengar anak-anakku bernyanyi,” tutur Rektor.

Bahkan ketika PS Bella Cantare Undana menampilkan lagu pertama pada ajang Pesparawi, Rektor mengaku sangat terharu. “Saya harus jujur bahwa lagu pertama yang dibawakan itu, saya menangis. Walaupun tidak juara sebagaimana penilaian dewan juri. Namun, mahasiswa telah memberikan yang terbaik. Artinya, ke depan kita harus kembali memberikan yang terbaik, agar kita bisa meraih juara,” harapnya.

Jadi Tuan Rumah Pesparawi Nasional

Rektor bahkan berkeinginan agar Undana bisa menjadi tuan rumah Pesparawi Nasional “Dengan hasil yang ada, kalau bisa ke depan, kita jadi tuan rumah Pesparawi Nasional,” ujarnya disambut tepuk tangan para mahasiswa. “Dengan seni kita punya kepekaan, dengan olahraga kita sehat dan memiliki kemampuan menghargai orang lain. Kita juga harus siap kalah dan menang,” pungkas Rektor Undana.

Dr. Theodore Lulan, M.Si selaku Koordinator Pesparawi PSM Bella Cantare Undana menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Rektor Undana dan Wakil Rektor III atas dukungan moril maupun material. Kehadiran Rektor secara langsung di Semarang, kata dia, merupakan dukungan dan motivasi tersendiri bagi mahasiswa anggota PSM Bella Cantare.

 Ia menyebut, hasil lomba tersebut, PSM Bella Cantare berhasil meraih emas pada urutan ke 19 dari deretan 34 peraih medali emas. “Artinya, kualitas bernyanyi kita sudah baik, ke depan hanya perbaikan pada rasa dalam bernyanyi. Oleh karena itu, pembinaan dan pelatihan, serta keikutsertaan pada ajang nasional maupun internasional pun sangat diperlukan,” jelasnya.

Koordinator Pekan Seni Mahasiwa Nasional (Peksiminas), Margart Djakoho, S.Sn., M. Pd pada kesempatan itu melaporkan perlombaan Peksiminas yang digelar di Malang berlangsung sejak tanggal 25-29 Oktober lalu. “Kita berhasil meraih juara 8 dalam ajang tersebut. Kami dari wadah Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia Daerah NTT, yang berasal dari beberapa Perguruan Tinggi. Kami berhasil meraih masuk 10 besar juara, dengan berada pada urutan 8,” ungkapnya.

Ia menyebut, keberhasilan dalam meraih juara 8 tersebut berasal dari juara 1 Lomba Seriosa Putra yang diraih mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, sedangkan juara 4 lomba solo putri yang diraih mahasiswi Undana. “Dari dua tangkai lomba tersebut menempatkan kita berada urutan 10 besar atau bertengger di urutan ke-8,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Umum Pomnas Undana, Dr. Lukas M. Boleng, M.Kes mengatakan, untuk Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2022 akan dihelat di Kota Padang, yang akan berlangsung tanggal 17-26 November 2022. Dari 14 Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan, mahasiswa Undana akan ikut 5 lima) Cabor, yakni Silat, Renang, Karate, Taekwondo, Atletik, dan Futsal.

“Sebanyak 22 atlit akan diturunkan dalam ajang tersebut. Mereka tersebar di 6 (enam) Program Studi di Undana,” tuturnya. Kendti demikian, Dosen PJKR FKIP Undana itu tak menyebut target dari 5 Cabor yang diikuti mahasiswa Undana dalam POMNAS kali ini. (rfl)

Foto-foto

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Koleksi
Tags

Your browser doesn't support the HTML5 CANVAS tag.

Translate »