(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Sumpah Dokter Harus Jadi Landasan dalam Melayani

 

Dokter sebagai satu-satunya profesi yang mempelajari anatomi manusia. Karena itu, dokter diharapkan dapat menjadikan sumpahnya sebagai landasan dalam melayani makhluk Tuhan yang paling mulia. Demikian disampaikan Dekan Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH) Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr. dr. Christina Olly Lada, M. Gizi ketika menyampaikan sambutan dalam kegiatan pengambilan sumpah dan pelantikan 8 (delapan) dokter, yang dilaksanakan di Aula Rektorat Undana, Rabu (13/4/2022) lalu.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M. Sc, dr. A. A. Heru Tjahyono, Sp. OG (Dekan FK 2008-2013), dan para orangtua dokter muda.

Dekan FKKH dalam mengawali sambutannya menyampaikan profisiat kepada para dokter muda dengan menyampaikan ayat Alkitab: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia,” ujarnya mengutip 1 Korintus 2:9.

 

Dalam menjalankan profesi dokter, Dr. Christina menekankan pentingnya etika kedokteran. “Dengan sumpah dokter, kita harus perhatikan etika kedokteran yang kita lakukan dalam kehidupan profesionalisme kita masing-masing, karena kita melayani makhluk Tuhan yang paling mulia,” tandasnya. Ia menambahkan bahwa dokter harus bangga, karena mendapat izin dari Tuhan untuk meneliti dan mempelajari anatomi manusia, guna untuk kemajuan iptek dan kesejahteraan manusia. Untuk itu, Dekan FKKH mengajak dokter muda agar selalu memperbarui ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilki. “Jadi dokter baru, saya sampaikan, ketika melaksanakan tugas, perhatikan fungsi dokter, hubungan kita dengan sesame. Sebab, sekarang ini orang begitu egois, tetapi dengan adanya sumpah dokter, kita harus perhatikan sesame kita,” ujarnya.

 

8 orang dokter muda ketika diambil sumpah dan dilantik Dekan FKKH Undana, Dr. dr. Christina Olly Lada, M. Gizi di Aula Rektorat Undana, Rabu (13/4/2022) lalu.

 

WR III Undana, Dr. Sipri Suban Garak, M. Sc dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan dokter muda merupakan keberhasilan seluruh pimpinan maupun civitas akademika Undana. Pihaknya mengaku bangga dan senang atas pencapaian para dokter muda. Karena itu, ia menyampaikan selamat atas apa yang telah diraih para dokter. Ia mengaku menjadi salah satu orang tua dokter, ikut merasakan proses perkuliahan mahasiswa kedokteran, bahkan pada awal proses FK didirikan. Menurutnya, dokter yang disumpah dan dilantik telah mengikuti proses pendidikan yang amat berat di FKK Undana. Dikhir sambutannya ia juga mengajak pada alumni agar mengisi tracer studi.

Perwakilan Orangtua dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Rektor Undana, Dekan FKKH, para rektor hingga pihak rumah sakit, yang telah memberi ruang dan kesempatan bagi para dokter guna melakukan proses pendidikan dan praktek. Menurutnya, keinginan orangtua adalah agar dalam proses perkuliaan anak-anak mereka bisa cepat menjadi dokter. Berbekal kecerdasan dan karakter kemanusiaan yang dimiliki, pihaknya yakin para dokter bisa menjalani medan pelayanan dan kehidupan menjadi lebih baik. Ia menambahkan, para dokter harus bisa memberi manfaat bagi lingkungan dan sesame dalam mengabdi di tengah masyarakat.

 

Sementara itu, perwakilan dokter muda, dr. Fransiskus Tandang, S. Ked pada kesempatan itu mengisahkan lika liku selama proses kuliah dan praktek, baik di kampus, Rumah Sakit maupun Puskesmas. Atas bantuan semua pihak, terutama orangtua, dirinya dan sejumlah rekan sejawat bisa disumpah dan dilantik. Karena itu, ia menyampaikan terima kasih kepada orangtua yang telah berjerih lelah memberi dukungan. Ucapan terima juga ia sampaikan kepada Rektor Undana, Dekan FKKH, para dosen yang telah membimbing selama proses perkuliahan, begitupun dengan dokter di Rumah Sakit, tempat melakukan praktek. 

8 dokter yang diambil sumpah dan dilantik adalah:

  1. dr. dr.Chrysthien Venty Marumata, S. Ked;
  2. dr. Anastasya Rubiyanti Lian, S. Ked;
  3. dr. Claudya S. Virlynriana Sudarmadji, S. Ked;
  4. dr. Grisda Ledivia Lay, S. Ked;
  5. dr. President Venuz Venezea Lema, S. Ked;
  6. dr. Maria Yoseva Mandala Dede, S. Ked;
  7. dr. Yohana Eka Trisnawawti Lestari, S. Ked, dan
  8. dr. Fransiskus Tandang, S. Ked
    (rfl)

Tim Humas, Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Humas,

Contact Person (CP): 0813 4331 7070

Kunjungi Media Sosial Undana

YouTube: Official Universitas Nusa Cendana: https://www.youtube.com/channel/UCtB1iZTSBH9etwVDCeeD2yw

Facebook: Universitas Nusa Cendana: https://web.facebook.com/nusacendana1962

Instagram: universitas.nusa.cendana https://www.instagram.com/universitas.nusa.cendana/

 

Comments are closed.
Translate »