(0380) 881580

info@undana.ac.id

logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Nusa Cendana

Undana Buka Penerimaan Maba Program Pascasarjana

  • Terdapat Jadwal, Persyaratan Hingga Mekanisme Seleksi

Tahun ini Universitas Nusa Cendana(Undana) kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru (maba) untuk Program Pascasarjana (PPs) Strata (S-2) dan Program Doktor (S-3),  dengan sistem open semester atau dilakukan setiap semester, baik pada semester ganjil maupun pada semester genap. Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr.drh. Maxs U.E. Sanam, M.Sc di ruang kerjanya lantai dua Undana Penfui, pekan lalu.

Ia menjelaskan untuk semester genap Tahun Akademik 2020/2021 akan dilakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan jadwal dan persyaratan serta mekanisme seleksi antara lain: Pertama, pendaftaran dilakukan secara online terhitung Tanggal 14 s/d 22 Januari 2021 melalui alamat website: https://daftarpasca.undana.ac.id. Kedua, persyaratan Pendaftaran, antara lain: TOR Penelitian Tesis (Judul, Latar Belakang, Masalah, Tujuan dan Kegunaan, Teori, Metode Penelitian, Referensi), (Lampiran Tersendiri) bagi Program Magister S-2.  TOR Penelitian Disertasi (Judul, Latar Belakang, Masalah, Tujuan dan Kegunaan, Teori, Metode Penelitian, Referensi), (Lampiran Tersendiri) bagi Program Doktor (S-3). Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai Sarjana (S-1) bagi pelamar Program Magister (S-2) yang diakui oleh Kemendikbud dan memiliki akreditasi tertentu.

Selanjutnya, fotokopi Ijazah & Transkrip S1 dan S2 bagi pelamar Program Doktor (S-3) yang diakui oleh Kemendikbud dan memiliki akreditasi tertentu.  Rekomendasi Kelayakan Akademik dari 2 (dua) orang dosen senior bagi yang belum bekerja dan atau atasan bagi yang sudah bekerja (formatnya ada dalam Formulir). Surat ijin atasan bagi yang yang sudah bekerja. Surat  Keterangan Sehat  dari Dokter Pemerintah. Surat keterangan kelakuan baik dari POLRI bagi yang belum bekerja. Visa dan Paspor Dinas bagi pelamar dari luar negeri dan ijin kedutaan besar. Dan pas foto warna berkapasitas max 300 KB. Biaya Pendaftaran bagi Program Magister (S-2)  Dalam dan luar negeri sebesar Rp. 750.000. Sedangkan untuk Program Doktor (S-3) Dalam  dan Lluar negeri pun sebesar Rp. 750.000.

Menurut mantan Plt Dekan FKH Undana itu, dengan adanya Pandemic Covid-19, maka Ujian Tulis Masuk Pascasarjana diganti dengan Penilaian Portofolio. “Untuk itu kepada Calon Mahasiswa baru Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3) Universitas Nusa Cendana yang semester genap Tahun Akademik 2020/2021 diwajibkan untuk mengupload dokumen Portofolio (dalam bentuk file pdf) pada akun pendaftaran masing-masing peserta,” bunyi isi pengumuman tersebut. Adapun dokumen yang Wajib di upload yakni Ijasah dan Transkrip Nilai (Asli), formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap (formulir dapat di download pada laman https://daftarpasca.undana.ac.id), Surat Ijin/Tugas Belajar dari pimpinan (Asli) bagi yang sudah bekerja, TOR Penelitian Tesis (Judul, Latar Belakang, Masalah, Tujuan dan Kegunaan, Teori, Metode Penelitian, Referensi), bagi Program Magister (S-2) dan TOR Penelitian Disertasi (Judul, Latar Belakang, Masalah, Tujuan dan Kegunaan, Teori, Metode Penelitian, Referensi), bagi Program Doktor (S-3).

“Jadi untuk melengkapi penilaian portofolio, maka calon mahasiswa baru Program S2 dan S3 wajib mengisi data Persepsi Diri minimal 50 kata dan maksimal 250 kata pada akun pendaftaran masing-masing peserta. Data Persepsi Diri ini merupakan salah satu kriteria dalam penilaian Portofolio. Program Studi  pada Program Doktor (S-3) adalah Ilmu Administrasi dan Ilmu Peternakan. Sementara Prodi Program S2, yakni Ilmu Administrasi, Ilmu Hukum, Ilmu Linguistik, Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Lingkungan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS), Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) dan Ilmu Peternakan. Adapun jadwal tahapan seleksi semester genap Maba PPs Undana, yakni pendaftaran dimulai tanggal 14 Januari sampai 22 Januari,  pra seleksi atau cek kelengkapan dokumen tanggal 22 sampai 23 Januari, penilaian porto folio tanggal 23 sampai 25 Januari, rapat penentuan hasil seleksi tanggal 26 Januari, pengumuman seleksi tanggal 27 Januari, pembayaran biaya studi tanggal 27 sampai 20 Januari, matrikulasi dimulai tanggal 1 sampai 2 Februari, Pengisian KRS tanggal 1 sampai 6 Februari dan Perkuliahan dimulai tanggal 8 Februari 2021. Jadi bagi calon Maba yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, bisa  menghubungi panitia pendaftaran dengan alamat: Bagian Pendidikan dan Kerjasama BAAKPSI Undana, Gedung Rektorat Lantai 1, Jln. Adisucipto Penfui Kupang. Kontak Person Ryan Pandie dengan nomor ponsel 081 352 511 073,” ungkapnya [rfl/ds]

Comments are closed.
Translate »