(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Undana dan Mennonite Central Committee Jalin Kerjasama

 

Universitas Nusa Cendana (Undana) resmi menjalin kerjasama dengan Mennonite Central Committee (MCC). Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU)  antara Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M. Si., Ph. D dan Representatif MCC Indonesia, Dr. Jack Leslie Redfern Jr, di Aula Rektorat Undana, Senin (20/9/2021).

Hadir Wakil Rektor (WR I) Bidang Akademik, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M. Sc, WR IV Bidang Kerjasama, Ir. I Wayan Mudita, M. Si., Ph. D, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Malkisedek Taneo, M. Si, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Dr. Apris Adu, M. Kes, Wakil Dekan I FKIP, Dr. Moses Kopong Tokan, M. Si dan Kepala UPT Bahasa Undana, Drs. Yosep B. Kroon, MA., Ph. D. Hadir pula Program Development Manager MCC, James Yoshua Harso dan Education Resource Specialist MCC, Stephannie Maay.

Rektor Undana, Prof. Fred dalam sambutannya, menyambut baik hubungan kerjasama antara Undana dan MCC. Menurutnya, kerjasama tersebut merupakan kesempatan yang baik guna menyambut program MMC, utamanya mengenai pengembangan pendidikan maupun upaya perdamaian dunia. Melalui program Kemendikbudristek,  Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Prof. Fred berharap, kerjasama yang telah dibangun tersebut perlu ditindaklanjuti secara baik, terutama dalam melibatkan mahasiswa dalam setiap program dan layanan MCC.

 

Rektor Undana, Prof. Fred Benu, Representatif MCC Indonesia, Dr. Jack Leslie Redfern Jr, dan Kepala IRO Undana, Ir. Maria Lobo, M. Match., Ph. D pose bersama sejumlah pimpinan Undana maupun perwakilan MCC Indonesia usai acara penandatanganan MoU di Aula Rektorat Undana, Senin (20/9/2021).

 

Dalam penjelasannya, Rektor Undana juga menyebut Undana memiliki keunggulan komparatif, yakni lahan kering kepulauan, yang dijadikan sebagai keunggulan kompetitif Undana untuk bersaing di tingkat nasional, bahkan internasional. Rektor menyebut, Undana yang berdekatan dengan Australia, Timor Leste dan Selandia baru, memungkinkan, mahasiswa di wilayah NTT melanjutkan studinya di Australia. Rektor mencontohkan, dirinya merupakan lulusan Curtin University, begitupun dengan Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Ir. I Wayan Mudita, Ph. D dan sejumlah besar dosen di Undana.

Lebih lanjut, papar Prof. Fred, sejak 2017 lalu, Undana sudah berubah status menjadi Badan Layanan Umum (BLU) dari sebelumnya, satuan kerja (Satker). Saat ini, lanjut Rektor, Undana tengah mempersiapkan untuk memasuki tahapan pergantian rektor. Sebab, masa jabatan periode keduanya akan berakhir 5 Desember mendatang. Karena itu, Guru Besar Ekonomi Pertanian itu berharap, sejumlah kerjasama yang telah dibangun bisa dilanjutkan oleh rektor yang baru nanti.

Representatif MCC Indonesia, Dr. Jack Leslie Redfern Jr, dalam sambutannya menyatakan, MCC sendiri sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 1948. Beberapa program kegiatan MCC di Indonesia, sebut Redfern, seperti peningkatan kesejahteraan melalui bantuan bencana duan konflik, pelayanan sosial, pemberdayaan ekonomi maupun peningkatan mutu pendidikan.
Aktivitas MCC di Indonesia, ungkap Redfern, meliputi kerjasama dengan beberapa LSM serta institusi pendidikan tinggi. MCC terlibat aktif dalam dialog antar iman, training kepemimpinan serta penanggulangan bencana. Kendati demikian, ungkap dia, pendanaan kegiatan MCC tidak bersumber dari negara manapun, tetapi dari donasi perorangan. Ia berharap kerjasama dengan Undana akan semakin mendukung program-program MCC di Indonesia, terutama di NTT.

Sementara, Kepala International Relation Office (IRO) Undana, Ir. Maria Lobo, M. Match., Ph. D dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Rektor Undana, Prof. Fred Benu yang sudah berkenan menjalin kerjasama dengan pihak MCC yang diwakili Dr. Jack Leslie Redfern. Ia menerangkan, kerjasama antara Undana dan MCC sebagai upaya yang baik dalam rangka meningkatkan dan menyebarkan perdamaian melalui dunia pendidikan. Karena itu, ia menyambut baik kerjasama antara Undana dan MCC. Pada kesempatan itu, Maria juga meminta Rektor Prof. Fred guna memberikan sambutan pada kegiatan penandatanganan MoU dan pengembangan rencana kerja MCC itu.  (rfl/ovn)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »