(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Nusa Cendana

Undana Komit Klinik Pratama Jadi Rumah Sakit IPC

Universitas Nusa Cendana (Undana) saat ini sedang berkomitmen meningkatkan status Klinik Pratama Undana yang berlokasi di Jalan Soeharto Naikoten I, Kota Kupang menjadi Rumah Sakit Inter Personal Collaboration atau IPC Undana. Hal itu dikemukakan Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si.,Ph.D dalam suasana acara penyerahan DIPA internal tahun 2021 di raung Auditorium Undana, Jumat (8/1/2021).

Ia menegaskan, Klinik Pratama Undana harus berdiri secara resmi. “Meskipun secara defacto, klinik ini sedang beroperasi, tetapi secara dejure dokumen Surat Keputusannya harus disediakan,” tegas Rektor Fred Benu.

Ia menambahkan, saat ini sudah ada izin pendirian, tetapi izin operasionalnya saat ini tengah diupayakan agar bisa terpenuhi. “Kita butuh izin operasionalnya. Saya sudah kordinasi ke berbagai pihak. Mudah-mudahan kita bisa penuhi persyaratan izin operasional tersebut,” ujar Prof. Fred.

Untuk menuju Rumah Sakit IPC Undana, jelas Rektor, klinik tersebut minimal harus memiliki empat dokter spesialis; spesialis bedah, kandungan, penyakit dalam dan spesialis anak.

Untuk itu, pihaknya juga meminta para pengajar pada Fakultas Kedokteran Undana agar bisa mengabdi di klinik tersebut. Dengan begitu, lanjut dia, kredit pengabdian dosen bisa terhitung. “Kita wajibkan tenaga kedokteran pengabdian wajib di Rumah Sakit IPC. Kredit pengabdiannya adalah mengabdi di RS IPC Undana. Namun, jika kredit pengbdian dari rumah sakit lain yang masuk, maka saya akan tolak,” tegasnya.

Ia menambahkan, Undana akan mengakui pengabdian dosen asal Fakultas Kedokteran yang mengabdi di RS IPC Undana. Hal tersebut yang nantinya terhitung dalam system remunerasi  dosen. [rfl/ds]

Comments are closed.