(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Undana Komit Terapkan Standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

Universitas Nusa Cendana (Undana) tengah berkomitmen menerapkan standar Sistem Manajemen Mutu (SMM) International Standarization Organization (ISO) 9001:2015, secara berkelanjutan pada setiap proses pelayanan. Hal itu menyusul adanya proses audit terhadap 3 (tiga) biro di lingkungan Undana, yakni Biro Perencanaan dan Kerja Sama (BPKs), Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK), dan Biro Umum dan Keuangan (BUK).

2 (dua) auditor yang melalukan audit sertifikasi penerapan mutu ISO, yakni Lead Auditor, Ivar Kusradi D, ST., M.Eng dan Auditor Member, Fitriyah Handayani, A.Md.AL., S.KM.

Audit akan dilakukan secara sampling terhadap tiga biro mulai tanggal 15-16 November 2022.

Hadir pada kesempatan itu, Rektor Undan, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc, Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama, Yefri C. Adoe, SE, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Dra. Karolina K. Sangkala, M.Si, dan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Drs. Raynold A. Ludji Nguru, M. Si. Hadir pula Kasubbag Umum BAK, Wilhelmus Lutan, ST, MSi, Kasubbag Akademik BAK, Karolin Junia Ito, S.P., M.Si, para pejabat fungsional beserta sejumlah staf di 3 biro pada lingkungan Undana.

Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc dalam sambutannya mengatakan, dalam catatatannya audit sertifikasi terhadap manajemen mutu di Undana, sudah dilakukan sebanyak 4 (empat) kali. “Ini kali keempat Undana dalam rangka pembinaan sekaligus pengakuan terhadap kinerja dan manajemen mutu di Undana, yang pada akhirnya dinilai layak mendapat ISO 9001:2015,” sebut Rektor ketika membuka kegiatan audit sertifikasi penerapan sistem manajemen mutu di Ruang Teater Rektorat Undana, Selasa (15/11/2022).

Ia menjelaskan, yang terpenting adalah peningkatan (improvement)) dalam hal kualitas manajemen di tingkat biro. Namun demikian, Rektor berharap agar Undana tidak mendapat perlakuan khusus dari auditor. “Jika dalam pembinaan, terdapat hal-hal yang belum memenuhi syarat mutu, alangkah baiknya jika disampaikan agar kita bisa melakukan perbaikan dan tambahan untuk memenuhi kualifikasi ISO,” ujarnya.

“Tentunya dalam audit ini, kita ingin mendapat sertifikat, ini sesuatu yang membanggakan, tetapi di atas semuanya itu pelayanan kita yang berkualitas juga sangat penting kita lakukan,” sambung Rektor Undana.

Oleh karena itu, ia berharap adanya dukungan yang diberikan oleh biro, yang akan diaudit.

Sementara itu, Lead Auditor, Ivar Kusradi D, ST., M.Eng menjelaskan, pihaknya akan melakukan audit tanggal 15-16 November 2022, dimulai dari sampling data atas pendampingan yang dilakukan kepada 3 biro melalui kunjungan sebelumnya.

“Kami akan lakukan audit sampling dengan melihat penerapan sistem mutu. Kami akan visit masing-masing biro sesuai dengan semua persyaratan yang sudah kita terapkan termasuk Standar Operasional Prosedur (SOP), menyangkut proses peningkatan di biro yang kita dampingi selama periode kemarin,” jelas Ivar.

Beberapa hal yang akan dilihat terlebih dahulu, kata Ivar, diantaranya adalah garis besar tupoksi dalam kaitan dengan manajemen risiko dan hal lain yang dipersyaratkan di 3 biro tersebut.

Meski pihaknya akan melakukan sampling terhadap 3 biro tersebut. Namun, ia berharap dapat mengambil kesimpulan menyeluruh tentanga kelayakan 3 biro tersebut, apakah layak untuk sertifikasi manajemen mutu ISO atau tidak.

“Kita akan closing (tutup) dengan memberikan laporan akhir. Dan proses ini akan ada beberapa kategori. Kategori minor dan oveservasi atau saran-saran. Kami berharap ada temuan mayor atau minor, kami minta perbaikan dilakukan paling lama dalam waktu 10 hari, mulai dari rencana tindakan atau aksi penyelesaian maupun dokumen-dokumen terkait,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika dalam audit itu, tidak ada hal yang signifikan, maka pihaknya akan menerbitkan bukti layak atau sertifikat ISO.

Namun, apabila ada temuan, maka pihaknya akan memberi sertifikat tambahan atau rekognisi untuk memenuhi kriteria rencana aksi pada tim mutu ke masing-masing biro.

Sebelum mengakhiri acara tersebut, Rektor Undana beserta para Kepala Biro, Kasubag, Pejabat Fungsional, beserta seluruh staf pada 3 biro di lingkungan Undana, menandatangani komitmen untuk menerapkan standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 secara berkelanjutan pada setiap proses pelayanan. (rfl)

Foto-foto penandatanganan komitmen

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Koleksi
Tags

Your browser doesn't support the HTML5 CANVAS tag.

Translate »