(0380) 881580

info@undana.ac.id

logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Nusa Cendana

Undana Laksanakan UTBK-SBMPTN Besok

Universitas Nusa Cendana (Undana) melakukan penjadwalan ulang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). UTBK gelombang pertama di pusat UTBK Undana yang sebelumnya hendak ditunda, tetapi tidak mengalami perubahan sehingga dapat dilaksanakan besok tangal 15 April 2021.

Demikian disampaikan Rektor Undana, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M. Si., Ph. D ketika memimpin rapat persiapan UTBK-SBMPTN di ruang rapat lantai dua Rektorat Undana, Rabu (14/4/2021).

Rektor menjelaskan, jadwal pelaksanaan UTBK gelombang pertama yang semestinya dilaksanakan pada Senin-Rabu, 12-14 April 2021 baik sesi pagi dan siang diundur ke hari Senin-Rabu, 19-21 April 2021. Sementara jadwal UTBK akan berlangsung dari tanggal 15-18 April. Pihaknya menambahkan, jadwal UTBK gelombang kedua di pusat UTBK Undana tanggal 26 April – 2 Mei 2021 pun tidak mengalami perubahan.

Prof. Fred menegaskan, sesuai dengan rapat bersama Ketua LPMPT dan Dirjen, maka diputuskan Undana bisa laksanakan UTBK besok, sehingga secara teknis tidak bisa ditunda. Prof. Fred menyebutkan, sebelumnya penundaan jadwal tersebut dikarenakan jaringan listrik, internet serta beberapa bangunan yang menjadi lokasi UTBK dihantam badai siklon seroja 5 April lalu.

Namun, lanjut rektor, kini Undana bersama beberapa pihak, seperti PT. Telkom dan PLN tengah berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan kondisi jaringan listrik dan internet di Undana agar UTBK bisa dilaksanakan secara nyaman, aman dan lancar. Terkait jaringan listrik, Prof. Fred juga meminta Kabag UHTP BAUK, Ir. Fankie Messak agar segera menyiapkan genset dibeberapa titik lokasi UTBK, jika jaringan listrik PLN tidak memungkinkan.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. drh. Maxs U. E. Sanam dalam penjelasannya mengatakan, selain ketersediaan jaringan listrik dan internet sangat urgen untuk kelancaran UTBK besok. Terkait dengan peserta ujuan, jelas Dr. Maxs, kapasitas pendaftar UTBK SBMPTN saat ini mencapai 9.940 dan jumlah peserta yang siap mengikuti UTBK sebanyak 9.678 orang yang tersebar dalam tiga kelompok ujian, yakni kelompok ujian Saintek sebanyak 3.072 pendaftar, Soshum sebanyak 4.187 dan campuran sebanyak 2.419 pendaftar. Mantan Dekan FKH ini pun berharap, seluruh peserta bisa mengikuti ujian dengan lancar nantinya, meski NTT baru saja dilanda badai seroja

Wakil Rektor (Warek) Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Ir. Jalaludin, M.Si pada kesempatan itu meminta, koordinator pengawas agar menginformasikan jadwal tersebut ke seluruh pengawas maupun teknisi agar siap mengawal jalannya UTBK besok. Terkait dengan informasi bagi para peserta tes, pihaknya optimis, para peserta ujian yang berada di lokasi terdampak badai seroja, sudah ke Kota Kupang untuk mengikuti UTBK. “Kita harus optimis menghadapi UTBK besok,” ujarnya.

Kepala UPT Puskom Dr. Kaelvin Rantelobo pada kesempatan itu mengatakan, untuk jaringan internet, beberapa lokasi UTBK sudah kembali normal, seperti Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), namun untuk di Prodi Ilmu Komputer, Fakultas Sains dan Teknik (FST), pihaknya akan memastikan agar kondisi jaringan kembali pulih. Begitupun di beberapa gedung yang menjadi lokasi UTBK, agar pelaksanaan ujian bisa berlangsung aman dan lancar.

Untuk kemudahan mengakses lokasi ujian, peserta bisa melihat denah lokasi ujian sebagai berikut:

Apabila menginginkan informasi lebih lanjut, dipersilakan kontak sekretariat Panitia Pusat UTBK Undana: Adi Nale (HP/WA 085337111598, email ady_nalle@yahoo.com), Noya Letuna (HP/WA 08113818884, email noyaletuna@staf.undana.ac.id) dan Parwa Agoha (HP/WA 081328777911) atau dengan mengunjungi website Universitas Nusa Cendana https://undana.ac.id/ untuk terus mendapatkan informasi terbaru. (rfl)

Comments are closed.
Translate »