(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

UPT Lahan Kering Undana Kembali Gelar Festival Tanaman Hias dan Buah

 

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lapangan Terpadu Lahan Kering Kepulauan (LLTLKK) atau yang biasa disingkat UPT. Lahan Kering, Universitas Nusa Cendana (Undana), kembali menggelar festival tanaman hias dan buah pada Jumat (15/9/2022) di halaman depan Lahan Kering Undana. Kegiatan ini digelar dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-60 Undana sekaligus mendukung dan mereview komunitas pencinta tanaman hias Kota Kupang, yang sudah menjadikan tanaman hias sebagai bisnis.

Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut memiliki nilai yang strategis diselenggarakan pada masa perayaan Dies Natalis ke-60 Undana, yang mengambil tema ‘Undana berdampak’.

 

“Inilah salah satu wujud nyata bagaimana Undana dengan kompetensi dan keahlian yang dimiliki, dengan sumber daya manusianya, kita bisa berkontribusi bagi masyarakat, khususnya masyarakat pecinta tanaman hias dan buah,” ujarnya.

“Kita tidak hanya sekedar melakukan pembelajaran praktikum lalu melakukan penelitian, tapi inilah saatnya hasil pengkajian kita, inovasi yang kita hasilkan bisa berkontribusi bagi masyarakat. Pada saat yang sama, kita juga memberikan dampak secara ekonomis,” kata Rektor menambahkan.

 

Selain tanaman hias, Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc juga ikut menyaksikan kuliner yang dijual Dharma Wanita Persatuan (DWP) Undana di halaman Depan Lahan Kering Undana, Jumat (15/9/2022).

 

Kepala UPT. Lahan Kering Undana, Dr. Ir. I G. D. Adwita Arsa, MP dalam sambutannya menyatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka merayakan Dies Natalis ke-60 Undana, sekaligus mendukung masyarakat penggiat tanaman hias, yang di tanam dalam pot dengan ekosistem yang benar, serta mereview komunitas pencinta tanaman hias, menjadi sebagai lahan bisnis.

Menurutnya, tanaman hias selama ini didatangkan dari luar Kota Kupang, sehingga perlu mengembangkan tanaman hias untuk bersaing dengan tanaman hias yang didatangkan di luar Kota Kupang. “Kegiatan festival juga  memfasilitasi mahasiswa dalam bidang profesi, khususnya tanaman hias, serta mencoba mengembangkan jiwa usaha dan memperdalam apa yang sudah di peroleh di bangku kuliah,” ujarnya.

Dari sisi UMKM, tutur Made, festival tersebut sebagai bentuk optimalisasi aset kepada masyarakat, dan mahasiswa juga bisa saling berkomunikasi dengan para pelaku usaha untuk meningkatkan pengetahuan.

 

Hal senada disampaikan Ketua Tim Pengarah Festival, Prof. Dr. Ir. I Nyoman W. Mahayasa, MP. Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk aksi nyata dalam rangka kegiatan Dies Natalis ke-60 Undana. Ia mengatakan, selain kegiatan festival, beberapa aktivitas juga dilaksanakan, salah satunya adalah wisata kuda sambil berbelanja.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Tanaman Hias Yohanes Umbu Rebu, SP, M. Si menjelaskan bahwa kegiatan tersebut melombakan beberapa kategori tanaman hias, antara lain tanaman buah dalam pot, buah segar, dan pameran UKM. Hingga kini, kata dia, sekitar 39 peserta yang mendaftar dan hadir mengikuti festival tersebut, antara lain penggiat, peneliti, pameran UKM, kelompok usaha kuda Undana, kelompok tani, panitia, serta sejumlah mahasiswa. (Jandri M. A. Mantolas/rfl)

 

Tim Humas, Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Humas,

Contact Person (CP): 0813 4331 7070

Kunjungi Media Sosial Undana

YouTube: Official Universitas Nusa Cendana: https://www.youtube.com/channel/UCtB1iZTSBH9etwVDCeeD2yw

Facebook: Universitas Nusa Cendana: https://web.facebook.com/nusacendana1962

Instagram: universitas.nusa.cendana https://www.instagram.com/universitas.nusa.cendana/

Comments are closed.
Translate »