(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Wantannas Gelar Kuliah Umum Strategi Keamanan Nasional di Undana

 

Dalam rangka memahami penyebab disintegrasi bangsa, dan strategi keamanan nasional, serta mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) menyelenggarakan kuliah umum dengan tema strategi keamanan nasional di Universitas Nusa Cendana (Undana). Kuliah umum tersebut dilaksanakan di Ruang Teater, Rektorat Undana, Rabu (21/9/2022).

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, Koordinator Perencanaan, Biro Perencanaan dan Kerja Sama, Imanuel Saduk, SH., M. Hum, para dosen di lingkungan Undana, serta sekitar 150 mahasiswa Undana.



Kuliah umum yang dimoderatori Koordinator Pusat Layanan HAM, Gender, Anak dan Kependudukan, LP2M, Dr. Detji K. E. R. Nuban, SH., M.Hum tersebut menghadirkan pembicara tunggal, Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H.

 

Dalam penjelasannya, Dr. Harjo Susmoro menjelaskan bahwa Elemen penting negara Indonesia sebagai sebuah negara yang kuat di bidang maritim adalah posisi geografis Indonesia sebagai Sea Lane of Communication (SLOC) dan Sea Lanes of Trade (SLOT), yang berada pada posisi silang, serta menjadi pusat pengubung dunia. Ia memaparkan, bentuk fisik Indonesia sebagai negara kepulauan yang sudah diakui di dunia, yaitu memiliki yuridiksi darat dan laut.

“Luas wilayah Indonesia 8,4 juta kilomenter persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 271. 349. 889 orang. Karakter bangsa Indonesia yang  sangat kuat dengan perjalanan sejarah sebagai bangsa samudra, bangsa bahari dan bangsa maritim. Elemen tersebut diperkuat oleh karakter pemerintah melalui berbagai kebijakan Presiden melalui Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 16/2017 sebagai poros maritim dunia dengan sikap geopolitik sebagai negara maritim,” papar Dr. Harjo Susmoro.

 

Kapushidrosal, Laksamana Muda TNI, Dr. Ir. Harjo Susmoro sedang memberi kuliah umum kepada mahasiswa Undana didampingi Moderator Dr. Detji K. E. R. Nuban, SH., M.Hum dan WR III Undana, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc di Ruang Teater, Rektorat Undana, Rabu (21/9/2022).

 

Ancaman Disintegrasi

Pada kesempatan itu, ia juga menekankan pentingnya segenap elemen bangsa Indonesia memahami ancaman disintegrasi yang diakibatkan oleh minimnya pengetahuan tentang nilai-nilai Pancasila, rendahnya tingkat pendidikan, serta kurangnya literasi. “Hal ini menyebabkan kita dihadapkan pada kemiskinan, rendahnya adab dan ahlak, sehingga rentan terjadi konflik komunal, intoleran, radikalisme, teoririsme, separatisme dan komunisme, narkoba serta ketidakpatuhan terhadap protokol kesehataan,” tandas Kapushidrosal, Dr. Ir. Harjo Susmoro

Pada akhir materinya, Dr. Harjo Susmoro menjelaskan, Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) yang diatur oleh Keppres Nomor No.01 /1999 berperan sebagai lembaga dibawah pemerintah yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada presiden berupaya menjadi lembaga terdepan dalam membangun ketahanan nasional Indonesia.

 

Momen Memperluas Wawasan

Sementara itu, WR III Undana, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc ketika membuka kuliah umum tersebut mengatakan, kuliah umum sebagai momentum untuk memperluas wawasan mahasiswa dari berbagai sumber ilmu pengetahuan. Karena itu, kesempatan yang sangat berharga ini harus diikuti dengan baik oleh para mahasiswa untuk memahami strategi ketahanan nasional.

Ia juga menyambut baik kuliah umum perdana yang dilakukan Wantannas di Undana. “Kami atas nama rektor universitas nusa cendana, tentu sangat berterima kasih atas kunjungan kali pertama dari Wantannas, kurang lebih ada 150 mahasiswa yang hadir untuk mendapat pengetahuan tentang strategi keamanan nasional, yang diberikan bagi generasi penerus bangsa Indonesia,” pungkas dosen Prodi Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Undana. (Jandri M. A. Mantolas/rfl)

 

Tim Humas, Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Humas,

Contact Person (CP): 0813 4331 7070

Kunjungi Media Sosial Undana

YouTube: Official Universitas Nusa Cendana: https://www.youtube.com/channel/UCtB1iZTSBH9etwVDCeeD2yw

Facebook: Universitas Nusa Cendana: https://web.facebook.com/nusacendana1962

Instagram: universitas.nusa.cendana https://www.instagram.com/universitas.nusa.cendana/

Comments are closed.
Translate »