(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Nusa Cendana

Webinar Nasional Series: Milenial Menulis Ilmiah 2020

Milenial Menulis Ilmiah (MMI) merupakan rangkaian seminar ilmiah berbasis teknologi digital yang diselenggarakan oleh Dr. Chaterina Agusta Paulus, M.Si, Dosen Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) sebagai suatu bentuk pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan secara mandiri di lingkungan Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana (Undana). “Jadi momen ini merupakan inisiasi saya dan dibantu oleh dua orang mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) ,yakni Yolani Alfredi dan Desi Satria Gall. Yang menarik adalah tadinya MMI ini rencana digelar secara internal FKP, tetapi dalam perjalanan ternyata banyak permintaan dari luar Undana untuk peserta dan pemateri dari luar Undana, sehingga menjadi level Nasional,” ungkap Chaterina Agusta Paulus.

Ia menuturkan, Narasumber Webinar Series #1 dengan topik “ Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Penulisan Artikel Ilmiah di Era Milenial” dibawakan oleh Dr. Chaterina A.Paulus,M.Si, Series #2 dengan topik “Tenik Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah” dengan Narasumber Dr.Ir.D.Roy Nendissa,MP dan Ir.Matrhen R. Pellokila,Ph.D, Series #3 dengan judul “Kiat Menemukan Topik Penelitian” dengan narasumber Dr.Emil Azmanajaya,ST.,MT dengan Dr.Natalia P, SE.,M.Si.,Ak.,CA, “Jadi masing-masing seri 1 hingga seri 3 digelar setiap hari Selasa, 19/05, 26/05 dan Selasa, 02/06/2020,” katanya.

Tujuan dari MMI 2020 kata dia, adalah membantu mahasiswa FKP dalam menulis artikel sesuai kaidah ilmiah pada jurnal ilmiah yang memiliki ISSN sebagai syarat menyelesaikan jenjang sarjana di Universitas Nusa Cendana sebagaimana disyaratkan pada Peraturan Rektor Undana No.3/PP/2019 pada Bab XIII, Pasal 91 ayat 1(f).

Menurutnya, sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan, Undana. Namun dalam perjalanan, banyak permintaan dari mahasiswa diluar Undana, seperti Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Univ. Kristen Artha Wacana Kupang, Univ. Muhammadyah Kupang sedangkan untuk Narasumber dari Politeknik Negeri Balikpapan, dan UKI Paulus Makassar selain Narasumber dari Prodi Agribisinis Undana.

Dosen milineal dengan Lektor Kepala Angka Kredit 736,50 di usia termuda saat ini 35 tahun diraih hanya dalam masa kerja sebagai dosen enam tahun lebih lanjut mengatakan, manfaat yang didapatkan adalah mahasiswa dapat menulis artikel ilmiah dengan baik dan benar yang dipersyaratkan sebagai “kewajiban publikasi”; serta mendapatkan e-sertifikat yang dapat digunakan sebagai pelengkap SK3 (Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa).

Acara tersebut dibuka oleh Dekan FKP Undana, Dr. Ir. Marcelien Dj. Ratoe Oedjoe, M.Si pada Selasa, 19/05/2020 via Google Meet, Selasa, (19/05/2020, pada pukul 16.00-17.35 Wita betempat Google Meet.

Ia menjelaskan, semua peserta yang hadir di Google Meet dan terdaftar di Google Form ini akan mendapatkan e-sertifikat yang dikirim ke email masing-masing paling lambat 7 hari setelah webinar dilaksanakan. Informasi link Google Meet akan diinformasikan melalui email pendaftar pada Senin, 18 Mei 2020 pukul 16.00 WITA dan wajib melakukan registrasi ulang di aplikasi Google Meet. [ds]

Comments are closed.