(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

logo

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Universitas Nusa Cendana

Work From Home, Pegawai Undana Sosialisasi Bekerja Daring

Salah satu kebijakan pemerintah pusat untuk menghindari kumpulan massa atau kontak dengan orang lain (social distancing) ditanggapi dengan baik oleh semua pihak. Universitas Nusa Cendana (Undana), misalnya, melakukan sosialisi kepada para ASN baik pegawai maupun dosen  di semua unit di Undana soal bekerja dari rumah (work from home). Hal  tersebut dilakukan guna menghindari kontak dengan orang banyak. “Sebelumnya mahasiswa telah dirumahkan, sehingga telah melakukan e-learning atau metode lainnya. Saat ini kita berupaya agar para pegawai bisa kerja dari rumah. Salah satunya dengan sosialisasi untuk bekerja secara daring (online),” kata Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc ketika memberikan arahan dalam sosialisasi yang digelar di Aula lantai tiga gedung rektorat Undana Penfui, Selasa 24/3/2020).

Para pegawai dilingkungan Undana saat mengikuti sosialisasi bekerja daring.

Meski kerja dari rumah, Dosen Fakultas Kedokteran Hewan itu meminta para pegawai bekerja secara serius dan tidak main-main. Karena itu, ia berharap para peserta yang hadir bisa membagikan informasi yang diperoleh kepada semua rekan-rekan kerja di setiap unit. “Teman-teman merupakan ujung tombak dari sosialisasi ini, soal bagaimana menerjemahkan sosialisasi ini dan bekerja secara online,” ujarnya. Ia berharap, para pegawai bisa melakukan pekerjaan dan bisa dipantau di website Undana.
Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan Perencanaan dan Sistem Informasi (BAAKPSI), Drs. Jimmy J.  Benu, M.Si dalam pengantarnya mengaku, meski Covid-19 berbahaya bagi kesehatan, tetapi membuat dunia pendidikan lebih siap untuk bekerja secara daring.

“Ini karena efek Covid-19, kita bisa belajar bagaimana bekerja secara online dalam sistem yang sedang di bangun tim IT Undana,” ujarnya.

Ia berharap para peserta bisa mengikuti sosialisasi tersebut dengan baik nantinya bisa bekerja dari rumah secara baik.

Para pegawai dilingkungan Undana saat mengikuti sosialisasi bekerja daring.

Kasubag Sistem Informasi Perencanaan BAAKPSI, Agus H. H. Soepranoto, S. Kom., M.Si dalam penjelasannya mengaku, ada dua fasilitas untuk bekerja dari rumah, khsusnya dalam meeting online melalui teleconference, yakni ada aplikasi zoom yang bisa didownload langsung dari aplikasi play store. Misalnya, jika pimpinan hendak melakukan rapat internal, maka membuthkan alamat email terlebih dahulu.

Setelah mendaftar dengan email, maka para pimpinan bisa lakukan meeting internal, sesuai dengan Undangan yang dipilih. “Undangan yang dipilih biasanya diberikan nomor ID yang muncul setiap kali masuk,” ujarnya. Setelah itu, pegawai atau dosen yang telah mendownload aplikasi tersebut bisa masuk dengan mengetik nomor ID yang telah dibagikan melalui WA Grup yang telah dibuat sebelumnya. Selain zoom, ada juga aplikasi slack yang bisa didownload dari play store. [rfl/ds]

Comments are closed.