(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Ketua Timsel PLD Region IV Kagum dengan Fasilitas IT Undana

Tidak sia-sia kepercayaan yang diberikan Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) kepada Universitas Nusa Cendana (Undana) untuk ikut merekrut Pendamping Lokal Desa (PLD) di Provinsi Banten, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Nusa Tenggara Barat (NTB.


Ketua Tim Seleksi (Timsel) PLD Region IV, Asep Awaludin mengungkapkan kekagumannya atas fasilitas informasi dan teknologi yang disediakan Undana guna kelancaran try out Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) PLD. “Saya tidak menyangka Undana itu high quality dari sisi teknologi. Ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang tidak ada try out untuk calon peserta. Ini memang fakta bahwa Undana itu Oke,” ungkap Asep Awaludin ketika ditemui di Gedung ICT Center Undana, Senin (10/10/2022).


Ia mengaku, dalam try out tersebut ada beberapa peserta yang harus diulang, karena kemungkinan tidak memiliki kuota yang cukup saat sedang online. Padahal, menurut dia, Undana telah menyediakan bandwich yang cukup besar di ICT Center untuk memudahkan proses try out UTBK bagi calon PLD.

Karena itu, ia sangat berterima kasih atas kesiapan Undana bersama Timsel PLD Region IV guna merekrut PLD di empat wilayah tersebut.
Ia juga tetap berharap, ke depan Undana bisa melakukan kerja sama dengan Kemendesa untuk ikut mendorong akselerasi pembangunan.

Kuota NTT

Ditanya soal kuota PLD bagi NTT, ia menyebut, tahun ini jumlah animo calon PLD juga tidak kalah dengan tahun-tahun sebelumnya. Buktinya, sebanyak 250-an calon mendaftar untuk merebut kuota PLD NTT yang tahun ini akan diterima sebanyak 69 orang. Dari jumlah ini, sambung Asep, para PLD akan tersebar di seluruh kabupaten/kota di NTT.

Terkait dengan sejumlah persoalan desa di NTT, yang harus di atasi, salah satunya adalah stunting. Asep menjelaskan, memang harus ada skala prioritas seiring dengan visi dan misi gubernur atau bupati, sehingga persoalan desa bisa terselesaikan.

Diberitakan sebelumnya, seleksi PLD telah dimulai sejak bulan lalu, dan tim rekrutmen PLD dari Kemendesa telah mengunjungi Undana guna menyerahkan daftar peserta seleksi administrasi PLD kepada Undana, yang berlangsung di Gedung ICT Center Undana, Jumat (7/10/2022).

Untuk diketahui, tanggal 8 Oktober telah dilakukan try out untuk calon peserta tes tulis, yang dilakukan secara daring. Selanjutnya, Undana akan memfasilitasi proses seleksi tes tulis (Ujian Tulis Berbasis Kompetensi/UTBK) yang akan berlangsung pada tanggal 10 Oktobter, dan
hasilnya akan diumumkan pada tanggal 11 Oktober. Peserta yang berhasil dalam UTBK ini akan mengikuti seleksi wawancara yang dilaksanakan pada 13-14 Oktober secara daring, dan hasilnya akan diumumkan pada tangal 21 Oktober 2022. (rfl)

Comments are closed.
Archives